PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PBM) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI DI SMP KECAMATAN BANJARMASIN UTARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Berdasarkan
Masalah (PBM) pada pembelajaran biologi terhadap hasil belajar kognitif biologi di SMP
Kecamatan Banjarmasin Utara. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen
semu (quasi eksperiment) “nonequivalent pratest-posttest control group design”. SMP Negeri
27 Banjarmasin Kelas VIIC sebagai kelas eksperimen dan SMP Negeri 35 Banjarmasin Kelas
VIIC sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data berupa tes hasil belajar kognitif
dalam bentuk tes essay. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis varian (anava) yang
dibantu dengan program SPSS versi 17 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerapan model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM) berpengaruh terhadap hasil
belajar kognitif siswa di SMP Kecamatan Banjarmasin Utara, hasil ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar kognitif siswa kelas kontrol 53,20 dan pada kelas eksperimen sebesar 80,09 dan dilihat dari nilai F hitung = 37,924 > F = 0,05 sehingga ada pengaruh penerapan model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM) terhadap hasil belajar kognitif biologi di SMP Kecamatan Banjarmasin Utara.
Kata kunci— PBM, Hasil Belajar Kognitif Biologi tabel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License