IDENTIFIKASI GAYA BELAJAR DAN RESPON MAHASISWA UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PADA PERKULIAHAN FISIOLOGI HEWAN
Abstract
Identifikasi gaya belajar dan respon mahasiswa sangat penting untuk diketahui agar dapat menentukan strategi pembelajaran yang akan diterapkan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi gaya belajar dan respon mahasiswa pada perkuliahan Fisiologi Hewan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif.Subjek penelitian ini adalah 142 calon guru pendidikan biologi di STKIP Pembangunan Indonesia Makassar, UIN Alauddin Makassar, Universitas Pejuang Republik Indonesia (UPRI) Makassar, dan STKIP Yapim Maros.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2015 sampai Juni 2016.Instrumen yang digunakan berupa angket gaya belajar dan respon mahasiswa. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa(1) pada umumnya mahasiswa program studi biologi pada perkuliahan Fisiologi Hewan memiliki kecenderungan gaya belajar visual; (2) respon mahasiswa terhadap proses perkuliahan dalam kategori cukup sedangkan respon terhadap bahan ajar masih kurang.Hasildari penelitian ini menjadi kajian awal dalam mengidentifikasi permasalahan serta bahan refleksi bagi pendidik dalam menentukan strategi pembelajaran yang tepat pada perkuliahan Fisiologi Hewan.
Kata kunci: Gaya belajar, Respon Mahasiswa, Fisiologi Hewan.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License