IDENTIFIKASI GAYA BELAJAR DAN RESPON MAHASISWA UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PADA PERKULIAHAN FISIOLOGI HEWAN

Authors

  • astuti muh amin

DOI:

https://doi.org/10.29407/jbp.v5i1.12036

Abstract

Identifikasi gaya belajar dan respon mahasiswa sangat penting untuk diketahui agar dapat menentukan strategi pembelajaran yang akan diterapkan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi gaya belajar dan respon mahasiswa pada perkuliahan Fisiologi Hewan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif.Subjek penelitian ini adalah 142 calon guru pendidikan biologi di STKIP Pembangunan Indonesia Makassar, UIN Alauddin Makassar, Universitas Pejuang Republik Indonesia (UPRI) Makassar, dan STKIP Yapim Maros.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2015 sampai Juni 2016.Instrumen yang digunakan berupa angket gaya belajar dan respon mahasiswa. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa(1) pada umumnya mahasiswa program studi biologi pada perkuliahan Fisiologi Hewan memiliki kecenderungan gaya belajar visual; (2) respon mahasiswa terhadap proses perkuliahan dalam kategori cukup sedangkan respon terhadap bahan ajar masih kurang.Hasildari penelitian ini menjadi kajian awal dalam mengidentifikasi permasalahan serta bahan refleksi bagi pendidik dalam menentukan strategi pembelajaran yang tepat pada perkuliahan Fisiologi Hewan.

 

Kata kunci: Gaya belajar, Respon Mahasiswa, Fisiologi Hewan.

PlumX Metrics

Published

2018-04-17

How to Cite

amin, astuti muh. (2018). IDENTIFIKASI GAYA BELAJAR DAN RESPON MAHASISWA UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PADA PERKULIAHAN FISIOLOGI HEWAN. Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya (JB&P), 5(1). https://doi.org/10.29407/jbp.v5i1.12036

Issue

Section

Artikel