Analisis Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, dan Kualitas Audit Terhadap Perataan Laba (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi)

  • Sugeng Sugeng UN PGRI Kediri
  • Faisol Faisol Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 343 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 784
Keywords: kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, kualitas audit dan perataan laba

Abstract

Tujuan utama perusahaan  adalah memperoleh laba semaksimal mungkin dengan menggunakan sumber daya yang ada serta memaksimalkan laba perusahaan. Tindakan perataan laba yang dilakukan oleh manajemen digunakan untuk menciptakan laba yang stabil, mengurangi fluktuasi yang dilaporkan dan meningkatkan kemampuan investor untuk meramalkan arus kas di masa yang akan datang.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk menganlisis kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan kualitas audit secara parsial berpengaruh terhadap perataan laba. Populasi dalam penelitian adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2013. Untuk menjawab tujuan penelitian maka akan dilakukan analisis statistik menggunakan analisis regresi logistik dengan menggunakan SPSS v.21 for Windows.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan atau dapat memberikan manfaat bagi perusahaan dalam pengambilan kebijakan serta pengeloaan perusahaan selain itu di harapkan dapat menjadi pertimbangan manajemen dalam melakukan tindakan perataan laba.

Kata Kunci  : kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, kualitas audit dan perataan laba

Published
2016-09-01
How to Cite
Sugeng, S., & Faisol, F. (2016). Analisis Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, dan Kualitas Audit Terhadap Perataan Laba (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi). JAE (JURNAL AKUNTANSI DAN EKONOMI), 1(1), 48-63. https://doi.org/10.29407/jae.v1i1.431
Section
Volume 1 No 1 Tahun 2016

Most read articles by the same author(s)