Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak, Sanksi Perpajakan, dan Pemahaman Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor

  • Amelia Nur 'Izza Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Linawati Linawati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sugeng Sugeng Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 250 , pdf downloads: 168
Keywords: Kualitas Pelayanan Pajak, Sanksi Perpajakan, Pemahaman Perpajakan, Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor

Abstract

Tujuan dilakukannya pengujian ini ialah untuk mengetahui pngaruh kualitas pelayanan pajak, sanksi perpajakan dan pemahaman perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Kediri. Populasi dalam pengujian ini  ialah seluruh wajib pajak yang terlisting di Kantor Bersama Samsat II (Katang) Kediri Kabupaten. Sampel dalam pengujian ini menggunakan probability sampling dengan teknik simple random sampling sehingga total sampel yang diperoleh yaitu 100 responden. Analisis regresi linear berganda merupakan teknik analisis data yang akan digunakan dalam pengujian ini. Hasil dalam pengujian ini menunjukan (1) kualitas pelayanan pajak memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Kediri, (2) Sanksi perpajakan memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Kediri, (3) pemahaman perpajakan tidak memiliki pengaruh signifikaan secara parsial terhdap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Kediri, (4) kualitas pelayanan pajak, sanksi perpajakan, dan pemahaman perpajakan memiliki pengaruh signifikaan secara simultan terhdap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Kediri

References

Agustin, N. S., & Putra, R. E. (2019). Pengaruh Kesadaran Masyarakat, Sanksi Perpajakan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Pada Samsat Kota Batam. Jurnal Imiah Akuntansi Dan Keuangan, 13(1), 57–64. https://doi.org/10.32877/ef.v2i2.314

Apriliyani, L. H. (2022). Pengaruh Sosialisasi, Pengetahuan, Sanksi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Journal of Innovation in Management, Accounting and Business, 1(2), 65–74. https://doi.org/10.56916/jimab.v1i2.178

Arfamaini, R., & Susanto, A. K. (2021). Pengaruh Pengetahuan Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Pada Wajib Pajak Di Kantor Bersama Samsat Surabaya Utara). Eco-Socio: Jurnal Ilmu Dan Pendidikan Ekonomi Sosial, 5(1), 12–33.

Azary, V., Yuesti, A., & Bhegawati, D. A. S. (2022). Pengaruh Kegiatan Sosialisasi Peraturan, Tingkat Pemahaman Peraturan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, dan Sanksi Perpajakan terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak PPh Pasal 25 Badan di KPP Pratama Denpasar Timur. Jurnal Kharisma, 4(2), 280–288.

Djen, F. M., Harun, M. I., & Zakaria, B. (2022). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Pajak dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan. Jurnal Aktiva, 05(01), 26–39.

Efriyenty, D. (2019). Pengaruh Sanksi Perpajakan Dan Pemahaman Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Di Kota Batam. Jurnal Akuntansi Barelang, 3(2), 20–28. https://doi.org/10.33884/jab.v3i2.1244

Faisol, S. W. (2023). Pengaruh penerapan sistem e-filling, e-billing dan pengetahuan perpajakan terhadap kepatuhan wpop di kabupaten nganjuk. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 84–92.

Fatmawati, S., & Adi, S. W. (2022). Pengaruh Kesadaran Pajak, Kualitas Pelayanan Fiskus, Tingkat Pemahaman Pajak, Tingkat Pendapatan dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Empiris pada Samsat Kota Surakarta). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 8.

Heider, F. (1958). The Psychology of Interpersonal Relations.

Juliantari, N. K. A., Sudiartana, I. M., & Dicriyani, N. L. G. M. (2021). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Kewajiban Moral, Sanksi Pajak dan Sosialisasi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor Samsat Gianyar. Jurnal Kharisma, 3(1), 128–139.

Lambang Prasetyo; Faisol; Sugeng; (2023). The Effect of Tax Avoidance, Managerial Ownership, Profit Management on Company Value. Kilisuci International Conference on Economic & Business, 1(1), 238–248.

Mardiasmo. (2016). Perpajakan (Edisi Terb). Andi.

Marfila, R. R., Sofianty, D., & Nurhayati, N. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak dan Pengetahuan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (Survey PadaWajibPajak di SAMSAT Pajajaran Kota Bandung). Kajian Akuntansi, 20(1), 52–57.

Puji Astuti, Faisol, S. (2023). Membangun kepatuhan wajib pajak umkm dengan peran keadilan pajak melalui kepercayaan wajib pajak. JAE (Jurnal Akuntansi Dan Ekonomi)J, 8(2), 104–112. https://doi.org/10.29407/jae.v8i2.20541

Meutia, T., Ray, S. A., & Rizal, Y. (2021). Pengaruh Pemahaman Peraturan Perpajakan, Kesadaran Membayar Pajak, dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi pada Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kota Langsa). Jurnal Mahasiswa Akuntansi Samudra (JIMAS), 2(3), 216–229.

Ningrum, R. U., Linawati, & Zaman, B. (2022). Analisis Kepatuhan Tax Payer Alat Angkut Bermotor. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UNP Kediri, 622–627.

pajakku. (2023). Pembayaran dan Pelaporan Pajak : Apa Saja Sistem Pemungutan Pajak. Pajakku.Com.

Puji Astuti, Faisol, S. (2023). Membangun kepatuhan wajib pajak umkm dengan peran keadilan pajak melalui kepercayaan wajib pajak. JAE (Jurnal Akuntansi Dan Ekonomi)J, 8(2), 104–112. https://doi.org/10.29407/jae.v8i2.20541

Putri, N. W. H., Diana, N., & Afifudin. (2022). Pengaruh Penyuluhan Pajak, Kualitas Pelayanan Pajak, dan Tingkat Kesadaran terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan (Studi Empiris terhadap Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu). E-Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 11(08), 92–104.

Ringan, A. Y. (2023). PAJAK KENDARAAN BERMOTOR ( Studi pada Samsat Konawe ). 2, 1699–1718.

Sarifah, N., Sukidin, & Hartanto, W. (2020). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Lima Tahunan (Studi di Kantor Bersama Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Soebandi Kabupaten Jember). Jurnal Pendidikan Ekonomi, 14(2), 352–356. https://doi.org/10.19184/jpe.v14i2.16516

Sarlina, L., Kurniawan, A., & Umiyati, I. (2019). Pengaruh Akses Pajak, Fasilitas, Kualitas Pelayanan dan Persepsi Adanya Reward Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 1(2), 183–198. https://doi.org/10.32877/ef.v2i2.314

Sulistyowati, M., Ferdian, T., & Girsang, R. N. (2021). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan dan Tingkat Pendidikan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus Wajib Pajak yang Terdaftar di SAMSAT Kabupaten Tebo). Jurnal Ilmiah Akuntansi & Bisnis, 1(1), 29–45.

Susanto, A. K., & Arfamaini, R. (2021). Pengaruh Pengetahuan Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Ilmu Dan Pendidikan Ekonomi Sosial, 5(1), 12–33. https://doi.org/10.55606/jurnalrisetilmuakuntansi.v1i4.130

Virgiawati, P. A., Samin, & Kirana, D. J. (2019). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan, dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi pada Wajib Pajak di SAMSAT Jakarta Selatan). Jurnal MONEX, 8(2), 19–33.

Waluyo, T. (2020). Pemeriksaan terhadap Wajib Pajak yang Tidak Menyampaikan SPT, Ketentuan dan Pemilihannya sesuai SE-15/PJ/2018. Simposium Nasional Keuangan Negara 2020, 677.

Wijaya, M. H., Triyanto, D. N., & Kurnia. (2020). Pengaruh Pemahaman Perpajakan , Kesadaran Perpajakan , Kualitas Pelayanan , dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Non Karyawan di KPP Pratama Cirebon Satu. E-Procedding of Management, 7(2), 5917–5923.

Zahrani, N. R., & Mildawati, T. (2019). Pengaruh Pemahaman Pajak, Pengetahuan Pajak, Kualitas Pelayanan Pajak dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 8(4), 19.

PlumX Metrics

Published
2023-11-09
How to Cite
Amelia Nur ’Izza, Linawati, L., & Sugeng, S. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak, Sanksi Perpajakan, dan Pemahaman Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. JAE (JURNAL AKUNTANSI DAN EKONOMI), 8(3), 63-72. https://doi.org/10.29407/jae.v8i3.20948
Section
Volume 8 No. 3 Tahun 2023