Pelatihan Pengembangan Program Kokurikuler Bagi Guru SD Laboratorium UN PGRI Kediri

Authors

  • Endang Sri Mujiwati UN PGRI Kediri
  • Bambang Soenarko UN PGRI Kediri
  • Erwin Putera Permana UN PGRI Kediri
  • Sutrisno Sahari UN PGRI Kediri
  • Nurita Primasatya UN PGRI Kediri
  • Wahyudi Wahyudi UN PGRI Kediri
  • Abdul Aziz Hunaifi UN PGRI Kediri
  • Kukuh Andri Aka Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/ja.v3i2.13690

Keywords:

pelatihan, kokurikuler

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk melaksakan solusi pemecahan masalah mitra SD Laboratorium UN PGRI Kediri guna (1) meningkatkan pemahaman guru terhadap wawasan program kokurikuler sebagai awal program pengembangan program kokurikuler, melalui penyuluhan dengan guru mengenai karakteristik materi tiap bidang studi yang memungkinkan dan berpotensi maksimal untuk dijadikan bahan program kokurikuler, dan kegiatan Focus Group Discussion antara tim dosen dan tim guru untuk menentukan prioritas pengembangan kokurikuler). Kegiatan pengabdian masyarakat ini dimulai dari presentasi tentang pembahasan pengertian, tujuan, prinsip, dan tata cara pelaksanaan program kokurikuler. Setelah dilakukan pemaparaan dari pemateri, dilakukan kegiatan tanya jawab bersama guru di SD Lab. UN PGRI Kediri. Para guru menjadi semakin memahami konsep kokurikuler (sebagai program tambahan intrakurikuler) dan diharapkan setelah kegiatan ini para guru siap dalam program pengabdian selanjutnya, yaitu pengembangan program kokurikuler secacra fisik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Muhammda, Hamid. 2017. Tiga Kegiatan dalam Sekolah Lima Hari: Intrakurikuler, Kokurikuler, dan Ekstrakurikuler. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/06/tiga-kegiatan-dalam-sekolah-lima-hari-intrakurikuler-kokurikuler-dan-ekstrakurikuler

Nurgyantoro., Burhan. 2011. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yokyakarta. BPFE

Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Lembaga Pendidikan Formal

Rivilla, S. R. 2014. Pelaksanaan Kokurikuler Mental Aritmatika Sempoa di SDN Landasan Ulin Barat 1 Banjarbaru. (Online), Vol. IV No.2, http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana/article/view/2724

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2000. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya

Additional Files

PlumX Metrics

Published

11-02-2020

How to Cite

Mujiwati, E. S., Soenarko, B., Permana, E. P., Sahari, S., Primasatya, N., Wahyudi, W., Hunaifi, A. A., & Aka, K. A. (2020). Pelatihan Pengembangan Program Kokurikuler Bagi Guru SD Laboratorium UN PGRI Kediri . Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 3(2), 165–172. https://doi.org/10.29407/ja.v3i2.13690

Most read articles by the same author(s)