Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Artikel ini belum pernah dipublikasikan sebelumnya, maupun di jurnal lain.
  • File artikel dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, atau RTF.
  • Memiliki URL untuk referensi
  • Artikel ini sesuai persyaratan gaya dan bibliografi yang diuraikan dalam Pedoman Penulisan.

Author Guidelines

FORMAT DAN SISTEMATIKA ARTIKEL MENULIS

  1. Kertas A4 dengan margin halaman, kiri 3 cm, atas 3 cm, kanan 2 cm, bawah 2 cm.
  2. Naskah disusun dalam 1.5 spasi satu kolom format, kecuali abstrak / abstrak disusun 1 spasi.
  3. Jumlah halaman minimal 8 halaman dan maksimal 12 halaman.
  4. JUDUL harus spesifik, jelas, ringkas, informatif, menggambarkan substansi atau isi tulisan dan menarik untuk dibaca (judul tidak lebih dari 20 kata dalam artikel bahasa Indonesia atau 15 kata dalam artikel bahasa Inggris dengan font Times New Roman 14).
  5. Nama penulis harus lengkap tanpa gelar (Jika beberapa penulis harus dipisahkan dengan koma (,)).
  6. AFFILIASI Penulis diberikan dengan nama institusi (program studi, universitas dan alamat email dengan Times New Roman 12).
  7. ABSTRACT (UK) dan ABSTRAK (bahasa Indonesia). Gunakan Times New Roman 12 untuk kata-kata abstract atau abstrak, sementara isi abstract atau abstrak menggunakan Times New Roman 12. Abstract Bahasa Inggris ditempatkan pertama untuk manuskrip yang ditulis dalam Bahasa Indonesia, diikuti oleh abstrak dalam Bahasa Indonesia atau sebaliknya untuk manuskrip yang ditulis dalam Bahasa Inggris. Abstrak berisi permasalahan, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan dari kegiatan pengabdian. Abstrak ditulis terus menerus dalam satu paragraf, tanpa referensi, tanpa akronim, dan tanpa catatan kaki. Abstrak ditulis tidak dalam bentuk matematika, pertanyaan, dan dugaan. Abstrak bukanlah hasil copy-paste dari sebuah kalimat dalam naskah. Abstrak berisi hasil pengabdian dan ditulis tidak lebih dari 200 kata dalam Bahasa Inggris dan 250 kata dalam Bahasa Indonesia.
  8. Keyword (Inggris) dan Kata Kunci (Indonesia) sedangkan isi kata kunci (Times New Roman 12) minimal 3 kata sesuai dengan variabelnya.
  9. ANALISIS SITUASI memuat latar belakang, permasalahan dan tujuan pengabdian (Times New Roman 12 dan maksimal 2 halaman).
  10. SOLUSI DAN TARGET memuat garis besar solusi permasalahan, waktu dan tempat pengabdian, dan target. (Times New Roman 12 dan maksimal 2 halaman)
  11. METODE PELAKSANAAN memuat berisi metode/langkah-langkah/prosedur kegiatan yang akan dilaksanakan pada pengabdian. (Times New Roman berukuran 12 dan maksimal 1 halaman)
  12. HASIL DAN LUARAN memuat hasil pelaksanaan pengabdian secara komprehensif sesuai dengan solusi dan target. (Boleh mencantumkan foto/hasil kegiatan) (Times New Roman 12 dan maksimal 4 halaman).
  13. SIMPULAN memuat gambaran umum dari pelaksanaan pengabdian yang telah dilakukan (Times New Roman 12 dan maksimal 1 halaman).
  14. DAFTAR RUJUKAN menggunakan model American Psycological Association (APA). (disarankan menggunakan manajemen referensi)