Petani Jamur Tiram Di Desa Semen Kabupaten Kediri

  • Erna Daniati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Teguh Andriyanto
  • Dwi Harini
Abstract views: 111 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 0

Abstract

 

Usaha jamur Haris S. yang berlokasi di Jl. Kopen RT02/RW01 Desa Semen Kabupaten Kediri dan M. Ilham Ainun N. yang berlokasi di Jl. Slamet Riyadi RT 03/RW 01 Desa Semen Kabupaten Kediri, merupakan UMKM yang cukup produktif dalam menghasilkan jamur tiram. Produktifitas tersebut saat ini terkendala oleh pemasaran produk. Disamping itu Jamur tiram yang dihasilkan saat ini belum memiliki nilai jual tinggi karena masih kurangnya pengetahuan pemilik dalam mengolah produk. Untuk memecahkan masalah kedua UMKM tersebut diatas maka perlu dibangun sistem peningkatan nilai jual dan pemasaran produk. Untuk meningkatkan nilai jual produk, petani tidak lagi menjual jamur dalam bentuk bahan mentah berupa jamur namun sudah dalam bentuk olahan. Cara yang paling sederhana adalah dengan mengolah jamur mentah menjadi jamur crispi. Dengan pengolahan tersebut maka produk akan dapat bertahan lebih lama sehingga dapat mendukung lama waktu proses distribusi produk. Untuk meningkatkan minat pembeli maka hasil olahan jamur crispi perlu dipacking dengan baik dan menarik. Pemasaran produk disamping dilakukan dengan cara konvensional juga dilakukan melalui dunia maya (internet) yang tidak terbatas tempat, ruang dan waktu. Pemasaran melalui dunia maya dilakukan dengan berbagai cara yaitu membuat website profil produk, pembuatan akun di media sosial dan iklan di mesin pencari. Target dari dari pengabdian ini adalah peningkatan produksi jamur dan omset penjualan produk olahan jamur.

References

Arifah Tutik. “Strategi Pengembangan Industri Kecil Jamur Tiram Di Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang”. Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. 2011.
Anoraga, Pandji dan Sudantoko, Djoko. 2002. Koperasi, Kewirausahaan Dan Usaha Kecil. Jakarta : Rineka Cipta.
Hermayanti Oktiani. “Strategi Pengembangan Usahatani Jamur Tiram Putih Di Dataran Rendah(Studi Kasus di Kelompok Tani “Maju Makmur” Desa Wadungasih, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo)”.Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Jawa Timur Surabaya. 2013.
Puspitasari Gita dkk. “Pemanfaatan Jamur Tiram Putih (Pleurotus Ostreatus) Sebagai Tepung, Kajian Pengaruh Suhu Dan Lama Pengeringan”. Program Studi Teknologi Industri Pertanian FTP UB Malang. 2012.
Faisal Rahmat. “Peluang Bisnis Budidaya Jamur Tiram”. STMIK AMIKOM Yogyakarta. 2012.
Published
2017-11-30
How to Cite
Daniati, E., Andriyanto, T., & Harini, D. (2017). Petani Jamur Tiram Di Desa Semen Kabupaten Kediri. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 1(1), 28-38. https://doi.org/10.29407/ja.v1i1.11727