Pelatihan Pengembangan Modul Untuk Tenaga Pengajar Di Kampung Inggris Pare Kediri

  • J Ari Wibowo Universitas Nusantara PGRI Kediri prodi Bahasa Inggris
  • Agung Wicaksono
  • Diani Nurhajati
  • Dewi Kencanawati
  • Lina Mariana
Abstract views: 22 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 0

Abstract

 

Bahan ajar atau sering disebut sebagai materi pelajaran merupakan bagian terpenting dalam proses pembelajaran, materi pelajaran merupakan inti dari kegiatan pembelajaran. Dalam kegiatan belajar mengajar, pada hakekatnya merupakan kondisi yang unik, sebab secara sengaja atau tidak sengaja masing-masing pihak berada dalam suasana belajar. Jadi tenaga pengajar sebenarnya tidak langsung juga melakukan kegiatan belajar. Seorang tenaga pengajar dalam menjalankan proses pembelajaran membutuhkan suatu bahan ajar karena digunakan untuk membantunya dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Dan dari proses belajar mengajar ini akan diperoleh suatu hasil yang pada umumnya disebut hasil pengajaran. Salah satu masalah penting yang sering dihadapi oleh tenaga pengajar dalam kegiatan pembelajaran adalah memilih atau menentukan bahan ajar atau materi pembelajaran yang tepat dalam rangka membantu siswa mencapai kompetensi. Dengan melakukan pelatihan pengembangan bahan ajar kepada para tenaga pengajar diasosiasi Kampung Bahasa Inggris Pare diharapkan bahwa para tenaga pengajar ini bisa menjadi a) pengajar yang berkompentensi sesuai dengan bidang ilmu/kepakarannya, b) para tenaga pengajar  diharapkan akan memiliki kemampuan mengembangkan bahan ajar secara tepat yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Beberapa kali pertemuan dilakukan untuk menyajikan materi yang lebih tepat guna kepada para tenaga pengajar. Sehingga para tenaga pengajar akan memiliki kemampuan memahami apa yang dibutuhkan oleh siswanya terutama setelah mereka lulus dari Lembaga Bahasa Inggris tersebut.

References

Direktorat PLP Dirjen Dikdasmen Depdiknas. 2004. Pedoman Penunjang Kurikulum 2004: Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar.
Heinich, R., Molenda, M., Russell, J.D., dan Smaldino, S. 1999. Instruction Media and Tchnologies for Learning. New Jersey: Merrill, Prentice Hall.
Merril Physical Science. 1995. Teacher Resource Guide. New York: Glencoe MacMillan/McGraw Hill.
Sadiman, Arief Sukadi dkk. Beberapa Aspek Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta: Mediyatama Sarana Perkasa. 1988
Syaiful Bahri Djamarahdan aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta. 2010
Sanjaya, Wina. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana. 2009
Published
2017-11-30
How to Cite
Wibowo, J. A., Wicaksono, A., Nurhajati, D., Kencanawati, D., & Mariana, L. (2017). Pelatihan Pengembangan Modul Untuk Tenaga Pengajar Di Kampung Inggris Pare Kediri. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 1(1), 8-12. https://doi.org/10.29407/ja.v1i1.11725