Penerapan Latihan Akselerasi Untuk Meningkatkan Kecepatan Lari 100 Meter Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri IV Giriwoyo

  • Giyatno Giyatno
Keywords: Latihan akselerasi, kecepatan lari 100 meter

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menunjukkan keefektifan latihan akselerasi dalam meningkatkan kecepatan lari 100 meter pada siswa kelas IV di SD Negeri IV Giriwoyo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, analisis dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri IV Giriwoyo yang berjumlah 11 orang. Tindakan yang digunakan yaitu latihan akselerasi yaitu suatu bentuk latihan yang dimulai dari pelan, semakin cepat, dan lari secepatnya. Pelaksanaan tindakan dilakukan pada siklus I dan siklus II. Pada akhir tindakan siklus I baru 45,5% siswa yang memiliki kecepatan lari 100 meter yang baik, sedangkan 54,5% sisanya belum memiliki kecepatan lari 100 meter yang baik. Berdasarkan hasil tersebut maka perlu ditindaklunjuti untuk diberi tindakan pada siklus II. Selanjutnya pada akhir tindakan siklus II Sebesar 63,6% siswa sudah memiliki kecepatan lari 100 meter yang baik sedangkan yang belum memiliki kecepatan lari 100meter yang baik hanya tinggal 36,4%. Sesuai dengan indikator keberhasilan maka dapat dikatakan hasil tindakan pada siklus II sudah dinyatakan berhasil, sehingga dapat disimpulkan bahwa Latihan Akselerasi Dapat Meningkatkan Kecepatan Lari 100 Meter Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri IV Giriwoyo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Goodwin, Dwight L., dan Coates, T.J. 1976. Helping Students Help Themselves. New Jersey: Prentice Hall.
Harsono. 1993. Prinsip-prinsip Pelatihan Fisik. Jakarta: KONI Pusat.
Hidayat, D.R. dan Badrujaman, A. 2012. Penelitian Tindakan Dalam Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Indeks.
Ihee, P. 1998. Atletik: Dasar-Dasar Atletik. Persatuan Atletik Seluruh Indonesia: Semarang
Mulyano, B. 1992. Pengukuran, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tunas Pembangunan Surakarta.
Mutohir, Cholik T. Dan Lutan, R. 1997. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta : Dekdikbud.
Purnomo, Eddy. 2007. Pedoman Mengajar Dasar Gerak Atletik. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Soemanto. D. 2007. Statistik. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tunas Pembangunan. Surakarta
Soetopo, A.S. 2007. Dasar- Dasar Kepelatihan pada Olahraga Profesional. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pengawasan Olahraga Profesional Indonesia.
Suherman, S. 2002. Fisiologi. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Sujarwo. 2002. Ilmu Kepelatihan Dasar. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia: Universitas Sebelas Maret Surakarta. Surakarta.
Sukiyo. 2008. Asas—Asas Pendidikan Keolahragaan Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Suparman, E. 2000. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta
Suparmin, M. 1997. Metodologi Penelitian. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tunas Pembangunan. Surakarta: Tidak diperdagangkan
Published
2017-05-30
Section
Volume 3 No 1 May 2017