Pengenalan Permainan Tradisional GOTENG (Gobak Sodor dan Bentengan) untuk Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas
PDF

PlumX Metrics

Keywords

Pendidikan jasmani
permainan tradisional
sekolah dasar

How to Cite

Kurniawan, W. P., & Zawawi, M. A. (2017). Pengenalan Permainan Tradisional GOTENG (Gobak Sodor dan Bentengan) untuk Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 3(2), 128-141. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v3i2.11889

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model permainan tradisional untuk membangun karakter siswa sekolah dasar yang layak, efektif, dan sesuai. Model permainan ini diharapkan mampu mengembangkan aspek afektif, kognitif, dan psikomotor, serta dapat dipergunakan oleh guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini dilakukan dengan mengadaptasi langkah-langkah penelitian pengembangan Borg & Gall (2003: 570-572), yang dimodifikasi menjadi 8 langkahpelaksanaan penelitian, langkah-langkah tersebut antara lain: (1) pengumpulan informasi lapangan (2) analisis informasi yang telah dikumpulkan (3) mengembangkan produk awal, (4) Validasi ahli dan revisi  (5) Uji coba lapangan skala kecil dan revisi  (6) uji coba lapangan skala besar dan revisi (7) pembuatan produk final (8) uji efektifitas produk.Ujicoba skala kecil dilakukan terhadap 20 siswa di SD N Siraman3. Ujicoba skala besar dilakukan terhadap22 siswa di SD N Kesamben 5 dan 22 siswa di SD N Babadan 1 Wlingi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pedoman pengamatan (observasi), wawancara, catatan lapangan, skala nilai, lembar penilaian uji efektifitas dan penilaian hasil belajar. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil dari penilaian para ahli materi dapat disimpulkan bahwa model permainan tradisional untuk membangun karakter siswa sekolah dasar yang telah dikembangkan layak, efektif, dan sesuai untuk digunakan.

https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v3i2.11889
PDF

References

Azwar, S. 2014. Penyusunan skala psikologi (Ed 2). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dwiyoga, W. G. 2004. Konsep penelitian dan pengembangan. Yogyakarta: UNY Press.

Gall, M. D., Gall, J.P., & Borg, W.R. 2003. Educational research an introduction (7thed). Los Angeles: Pearson Education. Inc.

Hanief, Y. N. dan Sugito. 2015. Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal SPORTIF 1(1); 60-73.

Mustafa, Z. 2009. Mengurai variabel hingga instrumentasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2015. Metode penelitian & pengembangan: research and development. Bandung: Alfabeta.

Sun, Haichun 2013. Impact of exergames on physical activity and motivation in elementary school student. Journal of Sport and Health Science 2 (2013), 138-145.
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Copyright (c) 2017 Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.