Pengenalan Permainan Tradisional GOTENG (Gobak Sodor dan Bentengan) untuk Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas
PDF

Keywords

Pendidikan jasmani
permainan tradisional
sekolah dasar

How to Cite

Pengenalan Permainan Tradisional GOTENG (Gobak Sodor dan Bentengan) untuk Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas. (2017). Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 3(2), 128-141. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v3i2.11889

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model permainan tradisional untuk membangun karakter siswa sekolah dasar yang layak, efektif, dan sesuai. Model permainan ini diharapkan mampu mengembangkan aspek afektif, kognitif, dan psikomotor, serta dapat dipergunakan oleh guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini dilakukan dengan mengadaptasi langkah-langkah penelitian pengembangan Borg & Gall (2003: 570-572), yang dimodifikasi menjadi 8 langkahpelaksanaan penelitian, langkah-langkah tersebut antara lain: (1) pengumpulan informasi lapangan (2) analisis informasi yang telah dikumpulkan (3) mengembangkan produk awal, (4) Validasi ahli dan revisi  (5) Uji coba lapangan skala kecil dan revisi  (6) uji coba lapangan skala besar dan revisi (7) pembuatan produk final (8) uji efektifitas produk.Ujicoba skala kecil dilakukan terhadap 20 siswa di SD N Siraman3. Ujicoba skala besar dilakukan terhadap22 siswa di SD N Kesamben 5 dan 22 siswa di SD N Babadan 1 Wlingi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pedoman pengamatan (observasi), wawancara, catatan lapangan, skala nilai, lembar penilaian uji efektifitas dan penilaian hasil belajar. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil dari penilaian para ahli materi dapat disimpulkan bahwa model permainan tradisional untuk membangun karakter siswa sekolah dasar yang telah dikembangkan layak, efektif, dan sesuai untuk digunakan.

PDF

References

Azwar, S. 2014. Penyusunan skala psikologi (Ed 2). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dwiyoga, W. G. 2004. Konsep penelitian dan pengembangan. Yogyakarta: UNY Press.

Gall, M. D., Gall, J.P., & Borg, W.R. 2003. Educational research an introduction (7thed). Los Angeles: Pearson Education. Inc.

Hanief, Y. N. dan Sugito. 2015. Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal SPORTIF 1(1); 60-73.

Mustafa, Z. 2009. Mengurai variabel hingga instrumentasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2015. Metode penelitian & pengembangan: research and development. Bandung: Alfabeta.

Sun, Haichun 2013. Impact of exergames on physical activity and motivation in elementary school student. Journal of Sport and Health Science 2 (2013), 138-145.

Authors who publish with this journal agree to the following terms:

  1. Copyright on any article is retained by the author(s).
  2. The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
  3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
  4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
  5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License