MEDIA DINDING UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR TENIS MEJA MELALUI MEDIA DINDING PADA SISWA KELAS V SEMESTER II SD NEGERI 1 KRADENAN KEC. KRADENAN KAB. GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Article Content

Mardiyani Erna Yuniati

Abstract

 
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: peningkatan keaktifan dan hasil belajar tenis meja pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kradenan Tahun Pelajaran 2015 / 2016 melalui penerapan modifikasi alat pembelajaran.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus mempunyai 4 langkah yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Kradenan Tahun Pelajaran 2015 / 2016 berjumlah 27 siswa, terdiri  atas 19 siswa putra dan 8 siswa putri. Teknik pengumpulan data dengan  observasi, tes kemampuan, dan penelitian hasil belajar Bermain Tenis Meja. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara statistic deskriptifkualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa pembelajaran melalui penerapan modifikasi alat pembelajaran, dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar tenis meja pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kradenan. Dari hasil analisis yang diperoleh terjadi peningkatan yang sangat signifikan dari siklus I dan siklus II. Hasil belajar pada siklus I dalam kategori tuntas adalah 55% dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam kategori tuntas sebesar 85%.
Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tenis meja melalui media dinding dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa SD Negeri 1 kradenan Kabupaten Grobogan.
Kata kunci : Keaktifan, hasil belajar tenis meja, media dinding.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Artikel