PERMAINAN HITAM-HIJAU PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT 60 METER MELALUI PERMAINAN HITAM-HIJAU PADA SISWA KELAS V SEMESTER II SD NEGERI 1 KALISARI KEC. KRADENAN KAB. GROBOGANTAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Article Content

Mudtrisman Mudtrisman

Abstract

ABSTRAK
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan keaktifan dan  hasil belajar lari sprint 60 m melalui permainan hitam hijau pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kalisari, Kec. Kradenan Kab. Grobogan Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Objek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 1 Kalisari, Kec. Kradenan, Kab. Grobogan, Tahun Pelajaran 2015 / 2016 yang berjumlah 24 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan berkolaborasi dengan teman sejawat serta melibatkan partisipasi kepala sekolah dan peserta didik, yakni peserta didik kelas V. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan tes. Prosedur penelitian meliputi tahap: (1) Identifikasi masalah, (2) Persiapan (3) Penyusunan rencana tindakan, (4) Implementasi tindakan, (5) Pengamatan, (6) Penyusunan laporan. Proses penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap, yakni : (1) Perencana tindakan, (2) Pelaksana tindakan, (3) Observasi dan interpretasi, (4) analisis dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan selama dua kali pertemuan selama 4 x 35 menit.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persentase nilai ketuntasan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Kalisari pada kondisi awal pra siklus sebesar (37%) atau sejumlah 9 siswa yang mencapai ketuntasan belajar dari 24 siswa keseluruhan, kemudian pada siklus I terjadi peningkatan sebesar (70%) atau sejumlah 17 siswa dan pada akhir siklus II meningkat sebesar (91%) atau sejumlah 22 siswa yang mencapai ketuntasan belajar, sehingga peningkatan dari kondisi awal pra siklus hingga akhir siklus II sebesar (54%).
Dengan menggunakan metode permainan hitam-hijau dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar lompat jauh pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kalisari Kec. Kradenan Kab. Grobogan tahun Pelajaran 2015/2016.
Kata Kunci : Keaktifan, hasil belajar lompat jauh, permainan hitam-hijau

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Artikel