Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Materi Lingkaran Melalui Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw II Di Kelas VIII A MTs Negeri 9 Ngawi Tahun Pelajaran 2017/2018

  • Suyani Suyani MTs N 9 Ngawi

Abstract

 
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi lingkaran  metode cooperative learning tipe jigsaw di kelas VIII-A MTs N 9 Ngawi tahun pelajaran 2017/2018.Peneitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research) karena dilakukan untuk memecahkan masalah pemeblajaran di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif karena menjabarkan bagaimana suatu teknik pembelajaran diterapkan dan bagaimana hasil yang diinginkan dapat dicapai. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-A MTsN 9 Ngawi. Prosedur penelitian dengan melakukan tahap persiapan, pelaksanaan, dan penyelesaian.Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran cooperative learning tipe Jigsaw II  memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas VIII A MTsN 9 Ngawi. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan siklus I dan siklus II yaitu terjadi peningkatan. Rata-rata nilai siswa pada siklus I yaitu 69.22 kemudian pada  siklus II menjadi 87.96. Rata-rata nilai kelompok pada siklus I yaitu 58.27 kemudian rata-rata nilai kelompok siklus II menjadi 93.85. Rata-rata skor akhir 1 ke siklus II meningkat 21% Jumlah siswa yang mencapai KKM pada siklus I yaitu 3% kemudian pada siklus II berkumlah 100%. Hal tersebut sudah sesuai dengan target keberhasilan yang dicapai yaitu KKM ≥ 80%.

References

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Undang-Undang Republik Indonesia, (1). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Hara, B. (2009). Teacher-centered vs student-centered.

Permana, E. P. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS SD. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 1(2). 49–58https://doi:10.29407/jpdn.v1i2.210.

Uno, H. H. B. (2010). Model pembelajaran: menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif. Jakarta: Bumi Aksara. https://doi.org/10.1038/cddis.2011.1

Kasbolah E.S & I Wayan Sukaryana. (2006) Penelitian Tindakan Kelas

Paizaluddin, Ermalinda. 2013. Penelitian Tindakan Kelas (Panduan
Teoritis dan Praktis). Bandung: Alfabeta.

Permendikbud. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Published
2018-08-21
How to Cite
SUYANI, Suyani. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Materi Lingkaran Melalui Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw II Di Kelas VIII A MTs Negeri 9 Ngawi Tahun Pelajaran 2017/2018. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 11-16, aug. 2018. ISSN 2442-9163. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pinus/article/view/12185>. Date accessed: 21 oct. 2018. doi: https://doi.org/10.29407/pn.v4i1.12185.