PENGARUH PEMBERIAN PERMAINAN SEBAGAI BENTUK PEMANASAN TERHADAP MINAT SISWA DALAM MENGIKUTI PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI

  • Septiyaning Lusianti universitas nusantara pgri kediri
Abstract views: 128 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 158

Abstract

 

Penelitian pada permainan sebagai bentuk pemanasan, dengan perlakuan sebanyak empat kali pertemuan, yang bertujuan untuk menarik minat siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani. Dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk desain penelitian Randomized control group Pretest-posttest. Dalam pembagian kelompok ada dua yaitu kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan berupa permainan sedangkan kelompok kontrol tetap diberikan pemanasan biasa sebagai pembanding.Analisis datanya dengan Uji T, yang menunjukkan ada hasil perbedaan antara perlakuan (kelompok eksperimen) dan tanpa perlakuan (kelompok kontrol). Hasil uji t paired t-test (uji beda sampel berpasangan) pada: (1) kelompok eksperimen t hitung 12,01 dan nilai t tabel 2,03 (2) kelompok kontrol t hitung 5,44 dan t tabel 2,03. Hasil dari uji t Independent sample t-test (uji beda sampel kelompok) yaitu t hitung 5,0355 dan t tabel 2,0.Simpulan penelitian bahwa pemberian permainan sebagai bentuk pemanasan dapat meningkatkan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta : AsdiMahasatya.Direktorat Pendidikan Guru dan Tenaga Teknis. 1979.Permainan dan metodik.Bandung :Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.Djaali. 2007.Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.Djamarah, Syaiful Bahri. 2002.Psikologi Belajar. Jakarta : Rieneka Cipta.Hadi, Furqon. 2007.Pengaruh pemberian permainan kecil di dalam pemanasanterhadap minatsiswa dalam pembelajaran bola basket.Skripsitidakditerbitkan. Surabaya : FIK UNESA.Paul Uram. Latihan Peregangan. Terjemahan oleh Iskandar & Engkos Kosasih.1986. Jakarta :AKADEMIKAPRESINDO.Hurlock, Elizabeth.B. 1942 (edisi keenam).Perkembangan anak. Jakarta :Erlangga
Hurlock, Elizabeth.B. 1997 (edisi keenam).Perkembangan anak. Jakarta :ErlanggaLutan, Rusli, Rusli Ibrahim, dkk. 2002.Supervisi Pendidikan jasmani : konsepdan praktik. Jakarta :Bagian proyek pembinaan kelas olahraga.Maksum, Ali dkk. 2006.Metodologi Penelitian,Surabaya.Maksum, Ali dkk. 2007.Statistik Dalam Olahraga, SurabayaMartini, 2005.Proedur dan Prinsip-prinsip Statistika.Surabaya : UNESAUniversity Press.Michael J. Alter, MS.Tanpa tahun. 300 teknik peregangan olahraga. Terjemahanoleh Jamal habib.1996. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.Mustaqim dan Abdul wahib. 2003.Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rieneka Cipta.Nurhasan, dkk. 2005.Petunjuk Praktis Pendidikan Jasmani.Surabaya:UNESAUniversity Press.Soejanto, Agoes. 2005.Psikologi Perkembangan. Jakarta : Rieneka Cipta.Soewondo, Soetinah. 1993.dasar-dasar Pendidikan. Semarang : EffharPublishing.Sukintaka. 2004.Teori Pendidikan jasmani. Bandung : Yayasan NuansaCendekia.Syah, Muhibbin. 2008.Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT remajaRosdakarya.Tedjasaputra, Mayke S. 2003.Bermain, Mainan dan Permainan. Jakarta :PT.Grasindo.Tim tujuh. 2006.Payung Penelitian pendidikan jasmani pendidikan ilmukeolahragaan UNESA,Surabaya

PlumX Metrics

Published
2015-10-19
How to Cite
Lusianti, S. (2015). PENGARUH PEMBERIAN PERMAINAN SEBAGAI BENTUK PEMANASAN TERHADAP MINAT SISWA DALAM MENGIKUTI PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI. Efektor, 3(1). https://doi.org/10.29407/e.v3i1.207