PENGARUH BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN SELF REGULATED LEARNING (SRL) DAN COOPERATIVE LEARNING (CL) TERHADAP KOMPETENSI MATAKULIAH PRAKTEK KOMPUTER AKUNTANSI

  • Elis Irmayanti Universitas Nusantara PGRI Kediri

Abstract

 
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripskan bagaimanakah penguasaan kompetensi mahasiswa sebelum diterapkannya bahan ajar matakuliah praktik komputer akuntansi yang memadukan pendekatan Self Regulated Learning (SRL) dan Cooperative Learning (CL). (2) Mendeskripsikan bagaimanakah penguasaan kompetensi mahasiswa setelah diterapkannya bahan ajar matakuliah praktik komputer akuntansi yang memadukan pendekatan Self Regulated Learning (SRL) dan Cooperative Learning (CL). (3) Membuktikan apakah penerapan bahan ajar matakuliah praktik komputer akuntansi yang memadukan pendekatan Self Regulated Learning (SRL) dan Cooperative Learning (CL) berpengaruh signifikan terhadap kompetensi mahasiswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen one group pre-test post-test. Sampelnya 75 mahasiswa yang dibagi dalam 3 krlmpok. Analisis datanya menggunakan teknik kuantitatif dengan ji-t amatan ulangan.
Kesimpulan pokok hasil penelitian ini adalah: (1) Penguasaan kompetensi mahasiswa sebelum diterapkannya model bahan ajar matakuliah praktik komputer akuntansi yang memadukan pendekatan Self Regulated Learning (SRL) dan Cooperative Learning (CL) sudah cukup baik, namun beberapa kompetensi masih perlu ditingkatkan. (2) Penguasaan kompetensi mahasiswa setelah diterapkannya bahan ajar matakuliah praktik komputer akuntansi yang memadukan pendekatan Self Regulated Learning (SRL) dan Cooperative Learning (CL) adalah baik, merata untuk seluruh kompetensi yang diharapkan, serta mahasiswa menunukkan minat dan antusiasme yang tinggi saat mengerjakan tugas-tugas. (3) Penerapan bahan ajar matakuliah praktik komputer akuntansi yang memadukan pendekatan Self Regulated Learning (SRL) dan Cooperative Learning (CL) berpengaruh signifikan terhadap kompetensi mahasiswa, dibuktikan dengan nilai-t-hitung dan signifikansi yang dibawah 0,05.
Published
2015-10-19
How to Cite
IRMAYANTI, Elis. PENGARUH BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN SELF REGULATED LEARNING (SRL) DAN COOPERATIVE LEARNING (CL) TERHADAP KOMPETENSI MATAKULIAH PRAKTEK KOMPUTER AKUNTANSI. EFEKTOR (E), [S.l.], v. 3, n. 1, oct. 2015. ISSN 2355-956X. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor-e/article/view/201>. Date accessed: 19 feb. 2018.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.