Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Guru Pendidikan Jasmani Di SMA Muhammadiyah Kediri

Abstrak

Persepsi siswa terhadap mata pelajaran pendidikan jasmani akan membantu tercapainya tujuan pendidikan jasmani. Persepsi memegang peranan penting terhadap minat dan motivasi siswa dalam melakukan proses belajar mengajar. Persepsi akan berpengaruh terhadap keaktifan siswa selama proses belajar mengajar di lapangan.

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untukmemperoleh informasi tentang persepsi siswa terhadap pembelajaran guru pendidikan jasmani di SMA Muhammadiyah Kediri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi siswaterhadap pembelajaran guru  pendidikan jasmani di SMA Muhammadiyah Kediri?

Jenis penelitian ini adalah penelitian survei. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa SMA Muhammadiyah Kediri, sampel yang diambil berjumlah 60 siswa yang terdiri dari 20 siswa dari masing-masing kelas. Instrumen yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap proses pembelajaran SMA Muhammadiyah Kediri mendapatkan skor 3115 atau rata-rata jawaban siswa 51,917 dengan persentase sebesar 74% dan masuk dalam kategori “Baik”. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa persepsi siswa terhadap pembelajaran guru pendidikan jasmani adalah baik.

https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v3i1.681
PDF

Referensi

Abdullah, A. & Manadji, A. 1994. Proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Husdarta. H.J.S. 2009. Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.
Jausi. 2010. Persepsi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan di SMA/MA Se-kecamatan Lenteng Sumenep. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Maksum, A. 2008. Metodologi Penelitian Dalam Olahraga. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Maksum, A. 2009. Statistik Dalam Olahraga. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Ratumanan, T.G. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: UnesaUniversity Press.
Riduan. 2002. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##