Pembelajaran pendidikan jasmani didasarkan pada proyek dasar untuk meningkatkan literasi dan numerasi siswa

Abstrak

Literasi numerik sejak dini dapat digunakan sebagai alat untuk mengembangkan kemampuan berpikir pada anak, mendukung anak dalam mengembangkan berbagai bakat atau potensi intelektual yang dimilikinya, dan dapat digunakan sebagai sarana menumbuhkan sisi afektif positif dalam menanamkan kepribadian dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi numerasi pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan berhitung siswa melalui pembelajaran tentang pendidikan jasmani dan kesehatan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Pendekatan yang digunakan adalah desain pretest-posttest eksperimental. Teknik simple random sampling dibagi menjadi 2 kelompok yang terdiri dari 50 siswa pada kelompok eksperimen dan 50 pada kelompok kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian populasi. Data dianalisis dengan menggunakan uji t sampel berpasangan dengan tingkat signifikansi (p<0,05). Berdasarkan hasil analisis dan diskusi, penggunaan model pembelajaran menggunakan proyek dengan kombinasi matematika dan olahraga dapat meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi pada siswa SMP di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Terdapat signifikansi dalam literasi dengan nilai sig 0,000; (2) Terdapat signifikansi dalam numerasi dengan sig 0,002; (3) Ada signifikansi dalam kelompok kontrol dengan sig 0,000. Sehingga melalui penelitian ini indikator yang diharapkan dalam implementasi literasi dan numerasi dalam matematika dan olahraga dapat dicapai oleh mahasiswa. Pembelajaran berbasis proyek bermanfaat bagi siswa dan memberikan motivasi.

https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v9i1.19379
PDF (English)

Referensi

Abidin, Z., Utomo, A. C., Pratiwi, V., & Farokhah, L. (2020). Pembelajaran Project Based Learning – Literasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Di Sekolah Dasar. Educational Journal of Bhayangkara, 1(1), 30–36. https://doi.org/10.31599/edukarya.v1i1.106

Brierton, S., Wilson, E., Kistler, M., Flowers, J., & Jones, D. (2016). A comparison of higher-order thinking skills demonstrated in synchronous and asynchronous online college discussion posts. North American Colleges and Teachers of Agriculture, 60(1), 14–21. http://search.proquest.com/docview/921358994?accountid=14645

Dollman, J., Boshoff, K., & Dodd, G. (2006). The relationship between curriculum time for physical education and literacy and numeracy standards in South Australian primary schools. European Physical Education Review, 12(2), 151–163. https://doi.org/10.1177/1356336X06065171

Ennis, C. D. (2015). Knowledge, transfer, and innovation in physical literacy curricula. Journal of Sport and Health Science, 4(2), 119–124. https://doi.org/10.1016/j.jshs.2015.03.001

Fery, M., Wahyudin, W., & Tatang, H. (2017). Improving primary students mathematical literacy through problem based learning and direct instruction. Educational Research and Reviews, 12, 212–219. https://doi.org/10.5897/ERR2016.3072

Green, K. (2004). Physical education, lifelong participation and ‘the couch potato society’1. Physical Education & Sport Pedagogy, 9(1), 73–86. https://doi.org/10.1080/1740898042000208133

Iswanto, & Nanang, I. (2015). ( StudiPadaSiswaKelas X SMA Al-Islam Krian Sidoarjo ) Achmad Beny Iswanto Nanang Indriarsa. 03, 308–312.

Lundvall, S. (2015). Physical literacy in the field of physical education– A challenge and a possibility. Journal of Sport and Health Science, pp. 4, 113–118.

Mandigo, J., Lodewyk, K., & Tredway, J. (2018). Examining the impact of a teaching games for understanding approach on the development of physical literacy using the Passport for Life assessment tool. Journal of Teaching in Physical Education, 38(2), 136–145. https://doi.org/10.1123/ jtpe.2018-0028.

NSW Department of Education. (2016). How schools can improve literacy and numeracy performance and why it (still) matters. NSW Government Education: Centre for Education Statistics & Evaluation, 7814. https://www.det.nsw.edu.au/media/downloads/about-us/literacy-numeracy/literacy-and-numeracy-strategy-report.pdf

Purwaningsih, N. M. D., & Widana, I. W. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Mengontrol Bakat Numerik Siswa. Emasains, 6(2), 153–159.

Rahayu, E., & Fahmi, S. (2018). Efektivitas Penggunaan Model Problem based Learning (PBL) dan Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP N 1 Kasihan Kabupaten Bantul Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 147. https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.5671

Rihatno, T., & Nuraini, S. (2021). Children’s physical literacy development needs using mobile learning. Journal of Physical Education and Sport, 21(4), 2395–2401. https://doi.org/10.7752/jpes.2021.s4321

Sibley, B. A., & Etnier, J. (2009). Review article. International Journal of the Sociology of Language, 143(1). https://doi.org/10.1515/ijsl.2000.143.183

Society of Health and Physical Education. (2014). National standards and grade-level outcomes for K–12 physical education. http://www.shapeamerica.org/standards/upload/National-Standards-Flyer-rev.pdf

Sukarini, N. N. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Materi Permainan Bola Basket melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Journal of Education Action Research, 4(3), 371–377.

Sumandya, I Wayan dan Widana, I. W. (2019). Pengembangan skenario pembelajaran matematika berbasis vokasional untuk siswa kelas XI SMK. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 244–253.

Sumarni, W., & Kadarwati, S. (2020). Ethno-stem project-based learning: Its impact to critical and creative thinking skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(1), 11–21. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i1.21754

Swanson, E., Edmonds, M. S., Hairrell, A., Vaughn, S., & Simmons, D. C. (2011). Applying a cohesive set of comprehension strategies to content-area instruction. Intervention in School and Clinic, 46(5), 266–272. https://doi.org/10.1177/1053451210395385

Utami, N. M. S., & Astawan, I. G. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jp2, 3(3), 416–427.

Widana, I. W., & Septiari, K. L. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Project-Based Learning Berbasis Pendekatan STEM. Jurnal Elemen, 7(1), 209–220. https://doi.org/10.29408/jel.v7i1.3031

Wigfi, A. (2016). Handbook of Motivation at School. In Handbook of Motivation at School. https://doi.org/10.4324/9781315773384

Whitehead, M. E. (Eds) (2010). Physical Literacy: Throughout the Lifecourse. London: Routledge.

Zheng, A., & Zhou, Y. (2011). An inductive interactive and adaptive hybrid problem-based learning methodology: Application to statistics. Journal of Engineering Science and Technology, 6(5), 643–654.

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

##submission.copyrightStatement##

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##