Abstract
Tujuan Penelitian adalah mendapatkan data yang empiris tentang kontribusi kecepatan dan kelentukan terhadap hasil menggiring bola di SMK Pemuda Papar. Sasaran dalam penelitian ini adalah siswa Putra ekstrakurikuler sepakbola SMK Pemuda Papar. jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa.
Dalam pengolahan data didapatkan hasil penelitian bahwa terdapat kontribusi yang signifikan antara kecepatan terhadap hasil menggiring bola dalam permainan sepakbola, dengan hasil perhitungan data statistik r-hitung : - 0.86 pada taraf signifikan 5%. Terdapat kontribusi yang signifikan antara kelentukan terhadap hasil menggiring bola dalam permainan sepakbola, dengan hasil perhitungan data statistik r-hitung : - 0.38 pada taraf signifikan 5%. Terdapat kontribusi yang signifikan antara kecepatan dan kelentukan terhadap hasil menggiring bola dalam permainan sepakbola, dengan hasil perhitungan data statistik r-hitung : 0.985 pada taraf signifikan 5%.
Dengan melihat analisa hasil dalam penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada kontribusi antara kecepatan dan kelentukan terhadap hasil menggiring bola dalam permainan sepakbola. Maka pemain atau atlet sepakbola, agar bisa mencapai prestasi yang maksimal maka harus memperhatikan kecepatan dan kelentukan.
References
Maksum A. 2008. Metodologi Penelitian. Surabaya: University Perss.
Muhajir. 2006. Pendidikan jasmani olahraga & kesehatan, Jakarta: Pionir Jaya
Munawar. 2006. Buku pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Yogyakarta: Andi
Nurhasan. 2001. Tes dan Pengukuran Pengantar, Kegunaan Tes dan Pengukuran Kriteria Tes. Jakarta: kurnia.
Rifai, S. 1993. Buku jurnal sepakbola. . Jakarta: Rineka Cipta.
Sajoto, M. 1988. Pembinaan kondisi fisik dalam olah raga. FPOK-IKIP Semarang.
Sucipto dkk, 2000. Sepak Bola. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright (c) 2015 Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran