Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar bermain tonnis dalam pembelajaran tonnis pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Gedong Karanganyar tahun ajaran 2013 / 2014 melalui penerapan pendekatan Teaching Games for Undestanding (TGfU). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Gedong Karanganyar yang berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 10 siswa putra dan 12 siswa putri. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan penilaian kemampuan bermain tonnis dan hasil belajar bermain bola kecil tonnis. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, pada siklus I, hasil belajar bermain tonnis siswa mencapai 63,63% atau sebanyak 13 siswa dari 22 siswa telah masuk kriteria tuntas. Pada siklus II hasil belajar bermain tonnis siswa yang masuk kriteria tuntas juga meningkat menjadi 86,36% atau 18 siswa masuk pada kriteria tuntas dan 4 lainya belum tuntas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan pendekatan Teaching Games for Understanding (TGfU) dapat meningkatkan hasil belajar bermain tonnis siswa kelas IV SD Negeri 2 Gedong Karanganyar tahun ajaran 2013 / 2014.
References
Griffin, L.L. & Butler J.I. (2005). Teaching Game For Understanding (TGFU) (Theory, Research, and Practice).
Kristiyanto, A. (2010). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dalam Pendidikan Jasmani & Kepelatihan Olahraga. Surakarta: UNS Press
Memmert & Harvey. (2008). Journal of Teaching In Physical Education. Human kinetics, Inc.
Nuharsono, T. & Haryono, S. (2006). Permainan Tonnis. FIK: UNNES.
Sukintaka. (2001). Pembelajaran Teaching Game for Understanding (TGfU): UNY.
Thoriq. (2011). Teaching Game for Understanding (TGfU). Diperoleh 20 januari 2014, dari thoriqsiap55.blogsport.com/2011/10/tgfu.html
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License