Status Gizi dan Hubungannya dengan Tingkat Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X di SMKN 2 Indramayu
PDF

Keywords

Status gizi
prestasi belajar

How to Cite

Effendy, F. (2017). Status Gizi dan Hubungannya dengan Tingkat Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X di SMKN 2 Indramayu. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 3(2), 115–127. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v3i2.11887

Abstract

Riset ini bertujuan untuk mengetahui relasi antara status gizi dengan tingkat prestasi belajar peserta didik kelas X SMK N 2 Indramayu. Riset ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis analitik survei menggunakancrossectional approach. Teknik sampel menggunakan teknik simple random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 102 peserta didik kelas X di SMK N2 Indramayu. Hasil riset menunjukkan tidak ada relasi yang kuat  antara status gizi dengan tingkat prestasi belajar peserta didik di kelas X SMK N 2 Indramayu. Dengan hasil perhitungan didapat nilai koefisien korelasi (  dengan besaran 0,125 < r tabel (0,195).

https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v3i2.11887
PDF

References

Almatsier, S. (2001). Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Berg A. 1986. Peranan Gizi dalam Pembangunan Nasional. Zahara DN, Penerjemah. Jakarta: CV Rajawali.

Hardinsyah. 2007. Inovasi Dan Pengembangan Modal Sosial Bagi Peningkatan Kualitas Hidup Manusia Dan Pengentasan Kemiskinan. Orasi Ilmiah, Fakultas Ekologi Manusia: Institut Pertanian Bogor.

Jumirah, Lubis, Z., Aritonang, E. 2003. Kecukupan dan Status Gizi Siswa SMU Dharma Pancasila Medan serta Kaitannya Dengan Indeks Prestasi. Departemen Gizi Kesehatan Masyarakat. FKM USU: Medan.

Siti, Maryam. 2001. Status Gizi, Peer Group, dan Aktivitas Harian serta Kaitannya dengan Prestasi Belajar Remaja (Studi Kasus Pada Dua SMA di kota Bogor). Tesis Pascasarjana yang tidak dipublikasi. IPB: Fateta IPB.

Soekirman.2002. Ilmu Gizi dan Aplikasinya. Jakarta: Dirjen Perguruan Tinggi Depdiknas.

Syah, M. 2008. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.

Downloads

Download data is not yet available.