Status Gizi dan Hubungannya dengan Tingkat Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X di SMKN 2 Indramayu
PDF

Keywords

Status gizi
prestasi belajar

How to Cite

Status Gizi dan Hubungannya dengan Tingkat Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X di SMKN 2 Indramayu. (2017). Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 3(2), 115-127. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v3i2.11887

Abstract

Riset ini bertujuan untuk mengetahui relasi antara status gizi dengan tingkat prestasi belajar peserta didik kelas X SMK N 2 Indramayu. Riset ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis analitik survei menggunakancrossectional approach. Teknik sampel menggunakan teknik simple random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 102 peserta didik kelas X di SMK N2 Indramayu. Hasil riset menunjukkan tidak ada relasi yang kuat  antara status gizi dengan tingkat prestasi belajar peserta didik di kelas X SMK N 2 Indramayu. Dengan hasil perhitungan didapat nilai koefisien korelasi (  dengan besaran 0,125 < r tabel (0,195).

PDF

References

Almatsier, S. (2001). Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Berg A. 1986. Peranan Gizi dalam Pembangunan Nasional. Zahara DN, Penerjemah. Jakarta: CV Rajawali.

Hardinsyah. 2007. Inovasi Dan Pengembangan Modal Sosial Bagi Peningkatan Kualitas Hidup Manusia Dan Pengentasan Kemiskinan. Orasi Ilmiah, Fakultas Ekologi Manusia: Institut Pertanian Bogor.

Jumirah, Lubis, Z., Aritonang, E. 2003. Kecukupan dan Status Gizi Siswa SMU Dharma Pancasila Medan serta Kaitannya Dengan Indeks Prestasi. Departemen Gizi Kesehatan Masyarakat. FKM USU: Medan.

Siti, Maryam. 2001. Status Gizi, Peer Group, dan Aktivitas Harian serta Kaitannya dengan Prestasi Belajar Remaja (Studi Kasus Pada Dua SMA di kota Bogor). Tesis Pascasarjana yang tidak dipublikasi. IPB: Fateta IPB.

Soekirman.2002. Ilmu Gizi dan Aplikasinya. Jakarta: Dirjen Perguruan Tinggi Depdiknas.

Syah, M. 2008. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Authors who publish with this journal agree to the following terms:

  1. Copyright on any article is retained by the author(s).
  2. The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
  3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
  4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
  5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License