E-MODUL ATTRIBUTIONAL RETRAINING UNTUK MENINGKATKAN OPTIMISME KARIR MAHASISWA

Isi Artikel Utama

Nur Fadhilah Umar

Abstrak

Optimisme karir merupakan faktor afeksi yang berpengaruh terhadap pencapaian karir, motivasi berpestasi, efikasi diri, self-esteem dan tingkat depresi seseorang. Rendahnya optimisme karir merupakan salah satu masalah yang banyak dialami mahasiswa tingkat akhir di perguruan tinggi. Teknik konseling yang dapat digunakan untuk meningkatkan optimisme belajar mahasiswa adalah teknik attributional retraining.


 


Kurangya pelayanan konseling kepada mahasiswa yang disebabkan rasio kosenlor dan mahasiswa yang tidak relevan, maka perlu adanya e-modul attributional retraining yang dapat membantu mahasiswa meningkatkan optimisme karir mereka secara mandiri dan dapat pula dibimbing oleh dosen penasehat akademik. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan e-Modul Attributional retraining dalam meningkatkan optimisme karir mahasiswa.


 


Metode pada penlitian ini adalah model penelitian dan pengembangan Borg & Gall (1983) yang terdiri dari tujuh tahapan yaitu: (1) Tahap persiapan, (2) Menyusun Produk Awal, (3) tahap uji ahli, (4) Revisi produk pertama, (5) Uji Lapangan, (6) Revisi produk akhir, (7) Deseminasi produk.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-Modul Attributional retraining menunjukkan validitas sangat tinggi berdasarkan hasil uji ahli BK dan perangkat lunak melalui intereter agreement. Hasil uji keberterimaan produk menunjukkan bahwa terdapat perbedan optimisme karir mahasiswa sebelum dan setelah diberikan e-Modul Attributional retraining.


Kata Kunci: e-Modul, Attributional Retraining, Optimisme Karir

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Artikel