E-MODUL ATTRIBUTIONAL RETRAINING UNTUK MENINGKATKAN OPTIMISME KARIR MAHASISWA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Optimisme karir merupakan faktor afeksi yang berpengaruh terhadap pencapaian karir, motivasi berpestasi, efikasi diri, self-esteem dan tingkat depresi seseorang. Rendahnya optimisme karir merupakan salah satu masalah yang banyak dialami mahasiswa tingkat akhir di perguruan tinggi. Teknik konseling yang dapat digunakan untuk meningkatkan optimisme belajar mahasiswa adalah teknik attributional retraining.
Kurangya pelayanan konseling kepada mahasiswa yang disebabkan rasio kosenlor dan mahasiswa yang tidak relevan, maka perlu adanya e-modul attributional retraining yang dapat membantu mahasiswa meningkatkan optimisme karir mereka secara mandiri dan dapat pula dibimbing oleh dosen penasehat akademik. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan e-Modul Attributional retraining dalam meningkatkan optimisme karir mahasiswa.
Metode pada penlitian ini adalah model penelitian dan pengembangan Borg & Gall (1983) yang terdiri dari tujuh tahapan yaitu: (1) Tahap persiapan, (2) Menyusun Produk Awal, (3) tahap uji ahli, (4) Revisi produk pertama, (5) Uji Lapangan, (6) Revisi produk akhir, (7) Deseminasi produk.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-Modul Attributional retraining menunjukkan validitas sangat tinggi berdasarkan hasil uji ahli BK dan perangkat lunak melalui intereter agreement. Hasil uji keberterimaan produk menunjukkan bahwa terdapat perbedan optimisme karir mahasiswa sebelum dan setelah diberikan e-Modul Attributional retraining.
Kata Kunci: e-Modul, Attributional Retraining, Optimisme Karir
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License