PERBEDAAN MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA PROGRAM STUDI PG-PAUD UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI DITINJAU DARI STATUS PEKERJAAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Salah satu faktor penting dalam keberhasilan akademik dan pekerjaan adalah motivasi berprestasi. Oleh karena itu faktor ini hendaknya dikembangkan secara optimal berdasarkan pada kebutuhan dan data yang valid. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengungkap seberapa besar motivasi berprestasi mahasiswa Semester V 2014/2015 Prodi PG-PAUD UNP Kediri dan perbedaan motivasi berprestasi antara mahasiswa yang berstatus sebagai guru dengan mahasiswa yang bersastus sebagai guru. Data dikumpulkan dengan teknik kuesioner dan skala motivasi berprestasi serta dianalisis statistik deskriptif dan Independent Samples T Test. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagain besar mahasiswa (64%), faktor pendorong terbesar untuk berprestasi adalah adanya keinginan untuk bisa mewujudkan keinginanannya menjadi guru TK/RA (49%) dan yang menjadi penghambat terbesar keinginan untuk berprestasi adalah terbatasnya waktu dan tenaga karena kuliah sambil bekerja (84%) dan mahasiswa yang belum berstatus sebagai guru memiliki motivasi berprestasi yang lebih tinggi dibanding mahasiswa yang sudah berstatus sebagai guru.
Keywords : motivasi berprestasi, status pekerjaan
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License