PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK (GROUP INVESTIGATION) DAN STRATEGI STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMK DI KOTA KEDIRI

Isi Artikel Utama

zainal - arifin
tjejep yusuf afandi

Abstrak

Penelitian ini merupakan salah satu upaya meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya akuntansi di SMK Kediri. Masih rendahnya  prestasi  belajar  siswa  dalam mata  pelajaran  Akuntansi,  yang  mana  hal tersebut   dapat   terjadi       mungkin   saja disebabkan  oleh  berbagai  faktor  seperti: pola  pembelajaran yang  masih  bersifat teacher  centered,  sistem  penilaian  yang hanya  berorientasi  pada  penilaian  produk saja   terlebih   pada   pengukuran   yang dilakukan  berorientasi  dari  hasil  Ujian Kompetensi  saja, sehingga hal ini berdampak pada diri siswa adanya kecendrungan bersikap apatis dan kurang  kreatif  dalam  mengikuti     proses pembelajaran. Secara khusus tujuan penelitian ini adalah 1) Bagaimana meningkatan ketrampilan proses dengan menerapkan pembelajaran Kooperatif Investigasi kelompok (GI) dan  Strategi  Student Team  Achievement  Division   (STAD) di SMK Kediri? 2)

Bagaimana meningkatan hasil belajar akuntansi dengan menerapkan pembelajaran Kooperatif Investigasi kelompok (GI) dan Strategi  Student Team  Achievement  Division   (STAD) di SMK Kediri ?

Jenis penelitian ini adalah Daerah penelitian ini meliputi SMK jurusan Akuntansi di kota Kediri.  Sampel penelitian ini terdiri dari empat SMK : yaitu SMK PGRI 3 Kediri, SMK PGRI 2 Kediri, SMK Pawyatan Daha Kediri, SMK Muhamaddiyah Kediri. Penelitian  ini  pada  dasarnya  adalah  penelitian  deskriptif  dan  kualitatif. Penelitian  deskriptif  digunakan  untuk  menjelaskan  bahwa  metode pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dan STAD.    Sedangkan  yang  kualitatif menjelaskan ketrampilan proses dan hasil belajar.

Kemampuan ketrampilan proses dan hasil belajar terhadap materi pembelajaran diukur melalui test. Test kemampuan berpikir kritis diberikan di akhir siklus 1 dan siklus 2. Peningkatan kemampuan ketrampilan proses dapat diketahui dengan membandingkan hasil test kemampuan ketrampilan proses siklus 1 dan siklus 2. Sedangkan peningkatan  belajar belajar siswa terhadap akuntansi diukur melalui nilai. Peningkatan hasil belajar siswa terhadap akuntansi dapat dilihat dengan membandingkan hasil nilai akuntansi siklus1 dan siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa pembelajaran pada siklus 1 masih terdapat siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM, tetapi setelah pembelajaran pada siklus 2 didapatkan bahwa semua siswa sudah mendapatkan nilai diatas KKM

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

##submission.howToCite##
arifin, zainal-, & afandi, tjejep yusuf. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK (GROUP INVESTIGATION) DAN STRATEGI STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMK DI KOTA KEDIRI. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2(1). Diambil dari https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor/article/view/73
Bagian
Artikel