7 PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI ENTREPRENEURSHIP (Penelitian Tindakan pada Anak Kelompok B3 TK Insan Cemerlang Pringsewu Lampung Tahun 2015)

Isi Artikel Utama

Yulistyas Dwi Asmira

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak melalui entrepreneurship (Market day). Menggunakan metode penelitian tindakan dengan model Kemmis & Taggart. Penelitian dilakukan dari bulan Maret sampai bulan Mei 2015 dan dilakukan selama 13 pertemuan yang dibagi menjadi 2 siklus. Subjek dalam penelitian adalah anak-anak kelompok B3 TK Insan Cemerlang Pringsewu, Lampung. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas pada anak setelah mengikuti kegiatan Market day. Data menunjukkan bahwa tingkat kreativitas anak pada pra siklus adalah 46,58%. Kreativitas anak kemudian meningkat menjadi 64,5% pada akhir siklus pertama dan kembali meningkat menjadi 82,25% pada akhir siklus kedua. Hasil tersebut didapat berdasarkan observasi selama penelitian, yaitu anak berperan aktif dalam menuangkan idenya baik saat membuat keputusan maupun saat membuat karya.


 


Kata kunci: Kreativitas, Entrepreneurship, Market Day, Penelitian Tindakan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Artikel