7 PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI ENTREPRENEURSHIP (Penelitian Tindakan pada Anak Kelompok B3 TK Insan Cemerlang Pringsewu Lampung Tahun 2015)
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak melalui entrepreneurship (Market day). Menggunakan metode penelitian tindakan dengan model Kemmis & Taggart. Penelitian dilakukan dari bulan Maret sampai bulan Mei 2015 dan dilakukan selama 13 pertemuan yang dibagi menjadi 2 siklus. Subjek dalam penelitian adalah anak-anak kelompok B3 TK Insan Cemerlang Pringsewu, Lampung. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas pada anak setelah mengikuti kegiatan Market day. Data menunjukkan bahwa tingkat kreativitas anak pada pra siklus adalah 46,58%. Kreativitas anak kemudian meningkat menjadi 64,5% pada akhir siklus pertama dan kembali meningkat menjadi 82,25% pada akhir siklus kedua. Hasil tersebut didapat berdasarkan observasi selama penelitian, yaitu anak berperan aktif dalam menuangkan idenya baik saat membuat keputusan maupun saat membuat karya.
Kata kunci: Kreativitas, Entrepreneurship, Market Day, Penelitian Tindakan.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License