Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Kontrol Diri Terhadap Tingkat Agresif Pada Remaja

Isi Artikel Utama

Deni Ardiawan
Ratih Christiana
Salsabila Wahyu Hamidah
Baiq Mila Kamaria
Aida Nazhifatunnufus

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap tingkat agresif pada remaja, serta untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dan kontrol diri terhadap tingkat agresif pada remaja. Rancangan penelitian menggunakan penelitian kuantitatif eksplanatif. Subjek penelitian siswa SMK 1 Kuripan, SMA 5 Mataram dan SMA 1 Gerung di Kabupaten Lombok Barat, sejumlah 150 siswa terdiri dari 93 laki-laki dan 57 perempuan, dilakukan dengan teknik purposive sampling. Prosedur penelitian dilakukan 8 kali pertemuan menggunakan kolaborasi tahapan Konseling Kelompok REB dengan tahapan Teknik DIBS. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh pola asuh orang tua dan kontrol diri dapat memberikan pengaruh agresif dengan persentase 57,9%. Analisis data dilakukan dengan menggunakan path analysis, diperoleh pola asuh permisif berkorelasi positif dengan perilaku agresif (r =0,359, p = 0,000), pola asuh otoriter berkoralasi positif dengan perilaku agresif (r = 0,384, p = 0,000), dan pola asuh otoritatif berkorelasi negatif dengan perilaku agresif (r = -0,523, p = 0,000). Hal ini menunjukkan terdapat korelasi yang negatif antara pola asuh otoritatif dengan perilaku agresif.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Artikel

Referensi

Adawiah, Rabiatul. 2017. “Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 7(1):33–48.

Ambarsari, B. Tika, Raena Nur Fadhila, dan Ratih Christiana. 2017. “Peer-group Counseling untuk Mengurangi Intensitas Munculnya Perilaku Cyberstalking pada Remaja.” 1(1):118–25.

Andyastanti, Tisnalia Merdya, Oedojo Soedirham, dan Rika Subarniati. 2022. “Stres dan Strategi Coping Remaja Pengguna Narkoba yang Menjalani Program Pasca Rehabilitasi di Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Timur.” Preventia : The Indonesian Journal of Public Health 7(1):1. doi: 10.17977/um044v7i12022p1-7.

Anggaraino, Romualdus Doddy, Nur Syariful Amin, dan Amiruddin Amiruddin. 2021. “The Relationship Between Authoritarian Parenting With Students’ Aggressive Behavior.” ALTRUISTIK : Jurnal Konseling dan Psikologi Pendidikan 1(2):94–101. doi: 10.24114/altruistik.v1i2.28610.

Ashley, Logsdon. 2015. Parent Discovery Playbook the ultimate how-to guide to understanding your tiny humans.

Ayun, Qurrotu. 2017. “Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk Kepribadian Anak.” ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 5(1):102. doi: 10.21043/thufula.v5i1.2421.

Baker, Stanley B., dan James N. Butler. 1984. “Effects of preventive cognitive self-instruction training on adolescent attitudes, experiences, and state anxiety.” The Journal of Primary Prevention 5(1):17–26. doi: 10.1007/BF01332030.

Bandura, A & Walter, R. H. 1963. Social Learning and Personality Development. Harvard Book List.

Bandura, A. 1977. Social Learning Theory. New Jersey: Prentice Hall.

C. Sunstein. 1995. “Social Norms and Social Rules.” Social Psychology 36(January 1995).

Chandramohan, T., dan M. Suganthi. 2018. “INFLUENCE OF HOME ENVIRONMENT , CLASSROOM CLIMATE AND THE LEVEL INTELLIGENCE ON VIOLENT ATTITUDE AMONG THE ADOLESCENCE.” (1):8–9.

Charlton, Angela L., dan Angela L. Charlton. 2009. “School Counselors’ Perceived Self-Efficacy for Addressing Bullying in the Elementary School Setting.”

Christiana, R. 2018. “Studi Kasus Regulasi Diri Afeksi Moral pada Siswa yang Menyontek.” Jurnal Kependidikan LPPM IKIP Mataram 4(1):78–89. doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

Christiana, Ratih, I. Nyoman Sudana, dan Carolina Ligyah. 2020. “Developing an Academic Self- Efficacy Scale by Using the Rasch Model.” International Journal of Innovation, Creativity and Change 13(11):741–58.

Creswell, J. W. 2015. . . Riset Pendidikan (Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif & Kuantitatif) Edisi Kelima. diedit oleh Alih Bahasa Helly P. S & Sri M. S. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Crisna, Ghifaris Ramthunder, Ibnu Mahmudi, dan Ratih Christiana. 2020. “The Influence of Family Support and Locus Control On Resilience of Bullying Victims.” Nusantara of Research : Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri 7(2):64–71. doi: 10.29407/nor.v7i2.15000.

Dewi, Ni Putu Ayu Resitha, dan Luh Kadek Pande Ary Susilawati. 2016. “Hubungan Antara Kecenderungan Pola Asuh Otoriter (Authoritarian Parenting Style) dengan Gejala Perilaku Agresif Pada Remaja.” Jurnal Psikologi Udayana 3(1):108–16. doi: 10.24843/jpu.2016.v03.i01.p11.

Dwitantyanov, A., F. Hidayati, dan D. .. Sawitri. 2010. “Pengaruh Pelatihan Berpikir Positif pada Efikasi Diri Akademik Mahasiswa (Studi Eksperimen pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UNDIP Semarang.” Jurnal Psikologi Undip 8(2):135–44. doi: 10.1136/bmj.1.5078.1038.

Estévez López, Estefanía, Sergio Murgui Pérez, Gonzalo Musitu Ochoa, dan David Moreno Ruiz. 2008. “Adolescent aggression: Effects of gender and family and school environments.” Journal of Adolescence 31(4):433–50. doi: 10.1016/j.adolescence.2007.09.007.

Febrianty, Tri Asmi Bunga. 2016. “HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU AGRESIF SISWA.”

Hantono, Dedi, dan Diananta Pramitasari. 2018. “Aspek Perilaku Manusia Sebagai Makhluk Individu Dan Sosial Pada Ruang Terbuka Publik.” Nature: National Academic Journal of Architecture 5(2):85. doi: 10.24252/nature.v5i2a1.

Hastuti, Lita Widyo. 2018. “Kontrol Diri dan Agresi : Tinjauan Meta-Analisis.” Buletin Psikologi 26(1):42–53. doi: 10.22146/buletinpsikologi.32805.

Heiseler, Till Nikolaus Von. 2020. “The Social Origin of the Concept of Truth - How Statements Are Built on Disagreements.” (April). doi: 10.3389/fpsyg.2020.00733.

Hutabarat, Silvia Sepriyanti. 2022. “Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter Orangtua Dengan Perilaku Agresif Pada Remaja Di Kota Pekanbaru.”

Khotimah, Rahmawati, Carolina Radjah, dan Dany Handarini. 2016. “Hubungan Antara Konsep Diri Akademik, Efikasi Diri Akademik, Harga Diri Dan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Smp Negeri Di Kota Malang.” Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling 1(2):60–67. doi: 10.17977/um001v1i22016p060.

Lenz, Georg, dan Gilles Salles. 2010. Agressive Lymphomas. Vol. 362.

Masud, Hamid, Muhammad Shakil Ahmad, Ki Woong Co, dan Zainab Fakr. 2019. “Parenting Styles and Aggression Among Young Adolescents: A Systematic Review of Literature.” Community Mental Health Journal.

Nashori, Fuad. 2017. Psikologi Prasangka dan Agresi. Vol. 7.

Papalia, Diane E., dan Gabriela Martorell. 2021. Experience Human Development, Fourteenth Edition. Vol. 14.

Purwadi, et al. 2018. Self Regulated of Emotion untuk Mereduksi Perilaku Agresi.

Rajkumar, B. 2022. “AGGRESSIVE BEHAVIOR PHENOMENON AMONG TEENAGERS IN SCHOOLS: PREVENTION AND TREATMENT.” 11(2007):1578–85.

Retno Handasah. 2022. “Pengaruh Kematangan Emosi Terhadap Agresivitas Dimediasi Oleh Kontrol Diri Pada Siswa Sma Negeri Di Kota Malang.” Happiness, Journal of Psychology and Islamic Science 2(2):121–33. doi: 10.30762/happiness.v2i2.345.

Santrock, John W. 2018. Educational psychology: Theory and application to fitness and performance.

Satya Eka Putri, Siriuk, Linda Fitria, dan Popi Radyuli. 2022. “Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Agresif Siswa SMK Negeri 1 Sumatera Barat.” Jurnal Pti (Pendidikan Dan Teknologi Informasi) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universita Putra Indonesia “Yptk” Padang 9:19–24. doi: 10.35134/jpti.v9i1.91.

Smith, Calli, dan Catherine Stamoulis. 2023. Effects of multidomain environmental and mental health factors on the development of empathetic behaviors and emotions in adolescence. Vol. 18.

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.

Susantyo, Badrun. 2011. “MEMAHAMI PERILAKU AGRESIF: Sebuah Tinjauan Konseptual.” Sosio Informa 16(3). doi: 10.33007/inf.v16i3.48.

Syofian Siregar. 2023. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Bumi Aksara.

W.Santrock, John. 2010. Life-Span Development Thirteenth Edition.

Warouw, Inggrid, Jimmy Posangi, dan Yolanda Bataha. 2019. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perilaku Agresif Pada Anak Usia Remaja Di Sma N 1 Kakas.” Jurnal Keperawatan 7(1). doi: 10.35790/jkp.v7i1.24333.