Pengembangan Media Berbasis Power Point Interaktif Pada Materi Manajemen Waktu

Isi Artikel Utama

Dwi Nurul Hidayani
Venty
Chr. Argo Widiharto

Abstrak

Guru BK memiliki kedala dalam penyiapan bahan layanan maka perlu dikembangkan media yang mudah dioperasikan oleh guru BK. Salah satu strategi untuk meningkatkan efektivitas proses pembelajaran adalah melalui penggunaan media interaktif, seperti Power Point. Aplikasi ini sangat efektif untuk presentasi materi karena mampu mengintegrasikan teks, gambar, warna, layout, dan animasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media yang valid dan dapat diandalkan guna mendukung guru dalam penyampaian materi sesuai dengan hasil analisis kebutuhan. Penelitian ini menggunakan metode riset dan pengembangan (R&D) dengan mengikuti model ADDIE, yang mencakup lima fase: 1) Analisis, 2) Desain, 3) Pengembangan, 4) Implementasi, 5) Evaluasi. Data dikumpulkan melalui uji kelayakan oleh ahli media dan uji kepraktisan yang melibatkan guru dalam uji coba terbatas. Uji validitas oleh ahli media menunjukkan hasil 75%, sedangkan uji coba kepraktisan oleh enam guru menunjukkan efektivitas sebesar 91,6%. Berdasarkan hasil tersebut, media yang dikembangkan terbukti sangat efektif dan layak digunakan di sekolah.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Artikel

Referensi

Ariyani, N. K. A., & Ganing, N. N. (2021). Media Power Point Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Siklus Air Muatan IPA Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 263. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.33684

ASTUTIK, S. (2021). Penggunaan Media Video Pembelajaran Dan Power Point Dalam Mata Pelajaran Tik Kelas Vii Di Smp Negeri 1 Gurah. Science, Engineering, Education, and Development Studies (SEEDS): Conference Series, 4(2), 80–86. https://doi.org/10.20961/seeds.v4i2.56735

Atirah, N. F., & Pratama, S. (2022). Media Bimbingan dan Konseling dalam Pelaksanaan Need-Assessment. JBKPI: Jurnal Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, 2(01), 82-96.

Damitri, D. E. (2020). Keunggulan media powerpoint berbasis audio visual sebagai media presentasi terhadap hasil belajar siswa SMK teknik bangunan. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 6(2).

Fernandez, V., Tunnisa, L. F., Aulia, N. R., & Hidayati, N. (2021). Minat belajar siswa terhadap pembelajaran biologi dengan menggunakan media Powerpoint. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 5(1), 17-22.

Gulo, S., & Harefa, A. O. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 291–299. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.40

Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505

Haruna, N. H., & Fajar, M. (2021). Pengaruh Manajemen Waktu Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xii Ips Sma Perguruan Islam Makassar Di Masa Pendemi Covid-19. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 13–21. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1194

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.

Hasan, M. S., & Sari, K. T. (2021). Pengaruh Manajemen Waktu terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Fiqih Di Mts Al-As’ad Brambang Diwek Jombang. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 93–117. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v5i1.247

Pramesti, P. D., Dibia, I. K., & Ujianti, P. R. (2021). Media Pembelajaran Daring Interaktif Berbasis Power Point dengan Fungsi Hyperlink. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 258. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36524

Pratama, A. N., & Batubara, H. H. (2021). Pengembangan multimedia interaktif berbasis articulate storyline materi penerapan nilai-nilai pancasila. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 4(2), 157-168.

Rahmawati, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint Untuk Keterampilan Membaca Intensif. Jurnal Pancar (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 6(1), 187–192.

Sari, D. P., & Pratama, R. Y. (2024). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Media Powerpoint Dengan Video Muhasabah di SMP Negeri 16 OKU. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (J-Diteksi), 3(1), 5-10.

Suryantari, N. M. A., Pudjawan, K., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(3), 316. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19445

Tinambunan, A. P. (2023). “Time Management” Bagaimana Menggunakan Waktu dengan Baik. KAIZEN: JURNAL PENGABDIAN PADA MASYARAKAT, 29-35.

Trisniawati, T., Niswatul Muniroh, A. A., & Utaminingsih, R. (2021). Pengembangan Media Power Point Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 130–139. https://doi.org/10.21009/pip.352.5

Zebua, E. K., & Santosa, M. (2023). Pentingnya Manajemen Waktu Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2), 2060–2071.