Pengembangan Media Berbasis Power Point Interaktif Pada Materi Manajemen Waktu
Isi Artikel Utama
Abstrak
Guru BK memiliki kedala dalam penyiapan bahan layanan maka perlu dikembangkan media yang mudah dioperasikan oleh guru BK. Salah satu strategi untuk meningkatkan efektivitas proses pembelajaran adalah melalui penggunaan media interaktif, seperti Power Point. Aplikasi ini sangat efektif untuk presentasi materi karena mampu mengintegrasikan teks, gambar, warna, layout, dan animasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media yang valid dan dapat diandalkan guna mendukung guru dalam penyampaian materi sesuai dengan hasil analisis kebutuhan. Penelitian ini menggunakan metode riset dan pengembangan (R&D) dengan mengikuti model ADDIE, yang mencakup lima fase: 1) Analisis, 2) Desain, 3) Pengembangan, 4) Implementasi, 5) Evaluasi. Data dikumpulkan melalui uji kelayakan oleh ahli media dan uji kepraktisan yang melibatkan guru dalam uji coba terbatas. Uji validitas oleh ahli media menunjukkan hasil 75%, sedangkan uji coba kepraktisan oleh enam guru menunjukkan efektivitas sebesar 91,6%. Berdasarkan hasil tersebut, media yang dikembangkan terbukti sangat efektif dan layak digunakan di sekolah.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Referensi
ASTUTIK, S. (2021). Penggunaan Media Video Pembelajaran Dan Power Point Dalam Mata Pelajaran Tik Kelas Vii Di Smp Negeri 1 Gurah. Science, Engineering, Education, and Development Studies (SEEDS): Conference Series, 4(2), 80–86. https://doi.org/10.20961/seeds.v4i2.56735
Atirah, N. F., & Pratama, S. (2022). Media Bimbingan dan Konseling dalam Pelaksanaan Need-Assessment. JBKPI: Jurnal Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, 2(01), 82-96.
Damitri, D. E. (2020). Keunggulan media powerpoint berbasis audio visual sebagai media presentasi terhadap hasil belajar siswa SMK teknik bangunan. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 6(2).
Fernandez, V., Tunnisa, L. F., Aulia, N. R., & Hidayati, N. (2021). Minat belajar siswa terhadap pembelajaran biologi dengan menggunakan media Powerpoint. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 5(1), 17-22.
Gulo, S., & Harefa, A. O. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 291–299. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.40
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505
Haruna, N. H., & Fajar, M. (2021). Pengaruh Manajemen Waktu Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xii Ips Sma Perguruan Islam Makassar Di Masa Pendemi Covid-19. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 13–21. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1194
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.
Hasan, M. S., & Sari, K. T. (2021). Pengaruh Manajemen Waktu terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Fiqih Di Mts Al-As’ad Brambang Diwek Jombang. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 93–117. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v5i1.247
Pramesti, P. D., Dibia, I. K., & Ujianti, P. R. (2021). Media Pembelajaran Daring Interaktif Berbasis Power Point dengan Fungsi Hyperlink. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 258. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36524
Pratama, A. N., & Batubara, H. H. (2021). Pengembangan multimedia interaktif berbasis articulate storyline materi penerapan nilai-nilai pancasila. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 4(2), 157-168.
Rahmawati, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint Untuk Keterampilan Membaca Intensif. Jurnal Pancar (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 6(1), 187–192.
Sari, D. P., & Pratama, R. Y. (2024). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Media Powerpoint Dengan Video Muhasabah di SMP Negeri 16 OKU. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (J-Diteksi), 3(1), 5-10.
Suryantari, N. M. A., Pudjawan, K., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(3), 316. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19445
Tinambunan, A. P. (2023). “Time Management” Bagaimana Menggunakan Waktu dengan Baik. KAIZEN: JURNAL PENGABDIAN PADA MASYARAKAT, 29-35.
Trisniawati, T., Niswatul Muniroh, A. A., & Utaminingsih, R. (2021). Pengembangan Media Power Point Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 130–139. https://doi.org/10.21009/pip.352.5
Zebua, E. K., & Santosa, M. (2023). Pentingnya Manajemen Waktu Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2), 2060–2071.