Penerapan Konseling Cognitive Behaviour Therapy Menggunakan Personal Achievment Sheet Untuk Meningkatkan Self Confidence Pada Siswa SMP Plus Abdul Aziz

Isi Artikel Utama

Siti Mukarromah
Weni Kurnia Rahmawati
Nailul Fauziyah

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan konseling Cognitive Behavioral Therapy (CBT) dengan memanfaatkan media Personal Achievement Sheet (PAS) sebagai upaya untuk meningkatkan tingkat self-confidence siswa SMP Plus Abdul aziz Jember. Self-confidence memegang peran penting dalam pengembangan pribadi dan prestasi akademis siswa, sehingga strategi intervensi yang efektif menjadi krusial dalam konteks pendidikan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimental dengan desain pre-test dan post-test serta kelompok kontrol. Sampel sebanyak 14 siswa yang dibagi dalam 2 kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil Analisis uji Paired Sample T-Test didaptakan skor sig (2-tailed) menunjukkan 0.001 < 0.05 yang artinya terdapat peningkatan self-confidence karena terdapat perbedaan yang signifikan self-confidence siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Data akan memberikan pemahaman mendalam tentang sejauh mana penerapan konseling CBT dengan media PAS dapat memberikan kontribusi signifikan dalam peningkatan self-confidence siswa, dibandingkan dengan metode konseling konvensional.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Artikel
##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##

 

                                                                                                   

##submission.authorWithAffiliation##

 

                                                                                                                                                                                                       

##submission.authorWithAffiliation##

 

                                                                                                   

Referensi

Anita Lie. 2004. 101 Cara Menumbuhkan Percaya Diri Anak (Usia Balita Sampai Remaja). Jakarta: Elex Media Komputindo.

Bhatnagar, A., & Sillanpää, M. (2010). Utilization of agro-industrial and municipal waste materials as potential adsorbents for water treatment—a review. Chemical Engineering Journal, 157(2-3), 277-296. https://doi.org/10.1016/j.cej.2010.01.007

Corey, G. (2012). Theory and Practice of Group Counseling and Psychotherapy Eight Edition. By Nelson Education, Ltd. Eighth edition

Das Salirawati. 2012. Percaya Diri, Keingintahuan, dan Berjiwa Wirausaha: Tiga Karakter Penting Bagi Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Karakter, (Nomor II tahun 2). Hlm 218-219.

Drab, K. J. (2010). Application of cognitive Behavior Group Theory. Diambil kembali dari https://www.slideshare.net/kjdrab/applications-of-cbt-in-group-therapies

Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1-5.

Ifdil, I., Denich, A. U., & Ilyas, A. (2017). Hubungan Body Image dengan Kepercayaan Diri Remaja Putri. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(3), 107-113.

Inge Pudjiastuti A. 2010. Memperkuat Kepercayaan Diri Anak melalui Percakapan Referensial. Jurnal Pendidikan Penabur. No.15. Hlm. 37-49.

Jalaluddin Rakhmat. 2000. Psikologi Komunikasi. revved. Bandung : Remaja Rosdakarya

Kisac, I., & Budak, Y. (2014). Metacognitive Strategies of the University Students with Respect to their Perceived Self-confidence Levels about Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 3336–3339. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.759

Maknunah NJ, Uluwiyah imaratul, Rahmawati WK. 2023. Efektivitas Teknik Self Instruction Dalam Meningkatkan Percaya Diri Siswa Kelas Vii Mtsn 7 Jember. CONSILIUM Journal: Journal Education and Counseling

Ni Nyoman Janaki Priya Dewi Dasi, Cucu Ari Dharmayanti, & Dewi Arum WMP. (2023). Behavioral Counseling Guidebook with Discussion Techniques and Positive Reinforcement to Increase High School Students' Self-confidence. 114-121

Oney, E., & Oksuzoglu-Guven, G. (2015). Confidence: A critical review of the literature and an alternative perspective for general and specific self-confidence. Psychological reports, 116(1), 149-163.

Patmonodewo, S. (2000). Pendidikan anak prasekolah. Rineka Cipta bekerjasama dengan Departemen Pendidikan & Kebudayaan.

Peter Lauster. 1997. Test Kepribadian ( terjemahan Cecilia, G. Sumekto ). Yogyakarta. Kanisius

Peter Lauster. 2005. Tes Kepribadian. (Alih bahasa: D.H. Gulo). Jakarta: Bumi Aksara

Rahmawati WK. 2015. Keefektifan Peer Support untuk Meningkatkan Self Discipline Siswa SMP. Jurnal Konseling Indonesia

Rahmawati WK, A Ahmad, Azizah DN . 2020. Efektivitas Metode Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Jember. Journal Educational Reaserch and Development 4(1), 47-56.

Sa’adah Vina, Rahmawati WK, Uluwiyah imaratul, Ulfa NM. 2024. Efektivitas Teknik Reframing Untuk Meningkatkan Kemampuanberpikir Positif Siswa Kelas X Smk Minqothroul Ulum Gumukmas Jember. Pandalungan: Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling dan Mulitkultural

Safta, C. G. (2015). Career decisions–A test of courage, responsibility and self-confidence in teenagers. Procedia Social and Behavioral Sciences, 203, 341-347.

Saputra, W. N. (2017). Effectiveness of cognitive restructuring technique to reduce academic procrastination of vocational high school students. The International Journal of Counseling and Education, 18.

Singh, T., & Kaur, P. (2008). Effect of meditation on self confidence of student-teachers in relation to gender and religion. Journal of Exercise Science and Physiotherapy, 4(1), 35. Google Scholar

Syabaruddin Dalimunthe1, cucu Ari Dharmayanti2, & Kadek Ari Dwiarwati. (2023). Efforts to Increase the Self-Confidence of SMP Negeri 1 Tegaldlimo Students with Cognitive Behavior Counseling Guidebooks Modeling Techniques. 2598-3210

Thursan Hakim. 2005. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.