Keefektifan Teknik Sosiodrama Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Verbal Kelas VIII di SMP Negeri 1 Glenmore
Isi Artikel Utama
Abstrak
Bullying merupakan isu yang kerap muncul di kalangan remaja, baik di lingkungan sekolah maupun dalam lingkungan masyarakat. Penurunan perilaku bullying dapat dilakukan dengan menggunakan sosiodrama. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi perilaku bullying verbal siswa dengan menggunakan teknik sosiodrama. Teknik sosiodrama ini berguna untuk mengurangi perilaku bullying dengan bermain peran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode rancangan pre-eksperimental dengan menggunakan one group pre-test design. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon yang dibantu oleh SPSS for Windows versi 22. Berdasarkan hasil uji analisis data menggunakan software SPSS 22, didapatkan hasil bahwa teknik sosiodrama efektif untuk mengurangi perilaku bullying verbal kelas VIII di SMPN 1 Glenmore.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Referensi
AGUSTINA, D. N. A. (2017). Penerapan Konseling Kelompok Teknik Sosiodrama untuk Mengurangi Rasa Rendah Diri pada Korban Bullying di Kelas VII-C SMPN 33 Surabaya (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).
Chrysan, E. M., Rohi, Y. M., & Apituley, D. S. F. (2020). Penerapan Sanksi Tindakan Anak Yang Melakukan Bullying Dalam Perspektif Sistem Peradilan Pidana Anak. Jurnal Hukum Magnum Opus, 3(4), 162-172.
Hadi Sarosa, R. (2010). IMPLEMENTASI PASAL 54 UNDANG-UNDANG NO. 23 TAHUN 2002 TENTANG PERLINDUNGAN ANAK TERHADAP KEKERASAN ANAK DALAM LINGKUNGAN SEKOLAH (Studi Di Sekolah Dasar Negeri Se Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan) (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).
Hasanah, H., Rahmawati, W. K., & Damayanti, N. E. (2019). Pengaruh layanan bimbingan karir terhadap perencanaan karir siswa kelas xi ips 2 sma negeri pasirian kabupaten lumajang tahun ajaran 2017/2018. SUCCESS: Jurnal bimbingan konseling dan pendidikan, 1(2), 70-90.
Hasanah, K. N. S. (2020). Efektifitas Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Sosiodrama Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Siswa (Penelitian Pre-Eksperimental di SMA Negeri 1 Kalijati Subang Tahun Pelajaran 2019/2020) (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Hidayati, S. R. S. N., Suharmawan, W., & Rahmawati, W. K. (2023). EFEKTIVITAS TEKNIK MODELING SIMBOLIS UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICCACY SISWA KELAS XII SMK MIN QOTHRTOTUL ULUM GUMUKMAS. Consilium: Education and Counseling Journal, 3(2), 150-160.
Jahriani, N. (2022). Penyuluhan Kesehatan Tentang Bullying Pada Remaja Di Smas Taman Siswa Sukadamai Tahun 2022. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), 4(3), 58-64.
Kellerman, P. F. (2007). Sociodrama and Collective Trauma. London: Jessica Kingsley Publishers.
Marela, G., Wahab, A., & Marchira, C. R. (2017). Bullying verbal menyebabkan depresi pada remaja SMA di Kota Yogyakarta. Berita Kedokteran Masyarakat, 33(1), 43-48.
Mulinda, R., & Conia, P. D. D. (2020). Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Empati Siswa. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 5(2).
Nursiani, N. (2022). Pengaruh Bullying Verbal Terhadap Keputusan Menjalin Hubungan Pertemanan Pada Siswa Di MTs. Negeri Palopo (Doctoral dissertation, Universitas Muhamadiyah Palopo).
Rahmawati, W. K. (2015). Keefektifan model experiential learning untuk meningkatkan kepedulian siswa SMK Jurusan Keperawatan. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 1(1), 54-60.
Rahmawati, W. K. (2016). Efektivitas teknik restrukturisasi kognitif untuk menangani stres akademik siswa. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 2(1), 15-21.
Rahmawati, W. K., Ahmad, A., & Azizah, D. N. (2020). Efektivitas Metode Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Jember. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 4(1), 47-56.
Ruliyatin, E., & Ridhowati, D. (2021). Dampak Cyber Bullying Pada Pribadi Siswa dan Penanganannya di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Bikotetik (Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik), 5(1), 1-5.
Sapitri, Y., Umari, T., & Yakub, E. (2023). Konseling Kelompok dengan Teknik Sosiodrama untuk Mengurangi Perilaku Bullying. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 20534-20540.
Sari, D. I., Wahyudi, A., & Kurniawan, S. J. (2022). Layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama untuk meningkatkan resiliensi diri siswa korban bullying. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(1), 135-145.