Analisis Pelaksanaan Bimbingan Karir Dalam Menumbuhkan Kemampuan Siswa Memilih Sekolah Lanjutan
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah pelaksanaan bimbingan karir sudah sesuai dan efektif sebagai upaya menumbuhkan kemampuan siswa dalam memilih sekolah lanjutan, baik ke SMA maupun ke SMK. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan desain one-group pretest-posttest. Populasi penelitian adalah 186 siswa SMP Negeri 33, dengan sampel acak sebanyak 38 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui angket yang terdiri dari 25 butir pertanyaan yang telah divalidasi dan diuji reliabilitasnya. Analisis data menggunakan statistik uji-t. Skor pretest menunjukkan kemampuan siswa dalam memilih sekolah lanjutan berada pada kategori cukup. Skor posttest menunjukkan peningkatan signifikan, dengan rata-rata berada pada kategori baik. Analisis statistik mengkonfirmasi bahwa bimbingan karir secara signifikan meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat keputusan pendidikan yang tepat, sebagaimana dibuktikan oleh hasil uji hipotesis (t_hitung > t_tabel). Pelaksanaan bimbingan karir terbukti efektif dalam menumbuhkan kemampuan siswa memilih sekolah lanjutan yang tepat, baik SMA maupun SMK.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Referensi
Armansyah. (2021). Faktor-faktor yang menghambat dalam memilih sekolah. Jubikops: Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi Lanjutan, 1(2), 87–98. https://media.neliti.com
Ayu, I. W., & Setyowani, N. (2016). Faktor-faktor penghambat pemilihan sekolah lanjutan siswa kelas IX SMP Negeri Cluwak. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 5(1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk
Daryanto, & Mohammad. (2015). Bimbingan dan konseling panduan guru BK dan guru umum (Cetakan 1). Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Lion, D., Yuline, & Wicaksono, L. (2019). Perencanaan pilihan karir peserta didik kelas VIII SMPN 6 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. https://jurnal.untan.ac.id
Dwi, P. (2018). Layanan bimbingan karir di sekolah kejuruan berbasis teaching factory. Konseling Komprehensif, 5(2). https://ejournal.unsri.ac.id
Mufidah, E. F., Wulansari, P. S. D., & Mudhar, M. (2022). Implementasi layanan bimbingan karier untuk mendukung kurikulum merdeka di SMPN 9 Blitar. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman. https://doi.org/10.31602/jbkr.v8i1.6916
Cahyono, F. T., & Navio, F. P. (2021). Pengembangan media informasi profesi bergambar untuk membantu siswa SMP menentukan pilihan karir. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 6(1). https://jurnaluntirta.ac.id
Handoko, H., Martin, & Maulana, R. (2022). Analisis pemahaman pemilihan studi lanjut pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Sanggau Ledo Kabupaten Bengkayang. BIKONS: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(2). ISSN: 2808-733X
International Labour Organization. (2011). Panduan pelayanan bimbingan karir bagi guru bimbingan konseling/konselor pada satuan pendidikan dasar dan menengah – Mendukung peningkatan ketersediaan antara pilihan pendidikan pemuda Indonesia dan pekerjaan yang tersedia di pasar. Jakarta: ILO.
Kemendikbud Dikdasmen. (2011). Pelayanan bimbingan karir: Panduan. Jakarta: Kemendikbud. ISBN 978-92-2-825367-2
Kemendikbud. (2022). Kurikulum prototipe utamakan pembelajaran berbasis proyek. https://www.kemdikbud.go.id
Levinson, D. L. (2012). Using Holland’s theory in employment counseling: Focus on service occupation. Journal of Employment Counseling.
Ghassani, M., Ni’matuzahroh, & Anwar, Z. (2020). Meningkatkan kematangan karir siswa SMP melalui pelatihan perencanaan karir. Jurnal Intervensi Psikologi, 12(2). https://doi.org/10.20885/intervensi.v12i2.20885
Maliki, M. G. (2016). Pengaruh pilihan sekolah umum dan kejuruan terhadap pendapatan tenaga kerja Indonesia. Artikel Jurusan Ilmu Ekonomi, FEB Universitas Brawijaya, Malang.
Mofokeng, M. (2015). Career guidance for primary school pupils. http://www.socdev.gpg.gov.za/Media/NewsArticles/Pages/Career-Guidance-for-Primary-School-Pupils-.aspx
Wardhani, N. A., I, F. N., & Arumsari, C. (2020). Efektivitas layanan informasi dengan menggunakan teori karier John Lewis Holland terhadap pengambilan keputusan karier siswa SMP. Jurnal Quanta, 4(2). https://doi.org/10.22460/q.v4i2p58-68.1760
Noviyanti, N. I. (2020). Instagram social media as guidance and counseling media based on technology. International Journal of Applied Guidance and Counseling, 1(1), 16–19. https://doi.org/10.26486/ijagc.v1i1.1045
Palupi, N., Dwikurnaningsih, Y., & Soesilo, T. D. (2019). Efektivitas penggunaan media bimbingan dan konseling dalam layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan percaya diri siswa kelas VIII SMP Stella Matutina Salatiga tahun ajaran 2018/2019. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 3(2), 75. https://doi.org/10.30598/jbkt.v3i2.977
Perpustakaan Nasional. (2003). Undang-Undang SISDIKNAS (UU RI No.20 Th.2003). Jakarta: Perpustakaan Nasional. https://opac.perpusnas.go.id
Dewi, R. S. (2023). Analisis penggunaan media bimbingan dan konseling pada pemberian layanan informasi. Jurnal AN-NADWAH, 29(1), 34–38. https://doi.org/10.37064/nadwah.v29i1.15532
Amthauer, R. (1953). Intelligenz Struktur Test: Handanweisung für die Durchführung und Auswertung. Verlag für Psychologie, C.J. Hogrefe. https://books.google.co.id
Rumita, M. (2019). Pengaruh bimbingan karir terhadap pemilihan sekolah lanjutan di SMP Negeri 17 Banda Aceh. UIN Ar-Raniry. https://repository.ar-raniry.ac.id
Rusdiansyah. (2017). Analisis keputusan menentukan jurusan pada sekolah menengah kejuruan dengan metode simple additive weighting. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 14(1).
Ellis, R., & Sampe, P. D. (2022). Pedagogika: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 10(1). https://doi.org
Sukardi, D. K. (2010). Pengantar pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah (Cet.2). Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Saputra, J., Anwar, C., & Hermawan, H. (2017). Sistem pemilihan program studi berdasarkan bakat, minat dan kecerdasan calon mahasiswa berbasis online. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaste
Septya, S., Neviyarni, S., & Mudjiran. (2015). Upaya guru bimbingan dan konseling mempersiapkan peserta didik dalam memilih sekolah lanjutan di SMP Negeri Kota Padang. Konselor, 4(2). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor
Suwidagdho, D., Kurniawan, L., & Ningsih, R. (2021). Peningkatan keterampilan guru BK dalam mengembangkan media bimbingan dan konseling berbasis aplikasi online Canva. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(4), 1653–1662.
Tampasera, D., & Ahmad. (2019). The effect of career information service on improving students’ career understanding. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 5(2). https://doi.org/10.26858/jppk.v5i2.7107
Fauzi, T. (2018). Pelayanan bimbingan kelompok. Jakarta: Tirasmart. https://www.gramedia.com/products/pelayanan-konseling-kelompok
Yuliastini, N. K. S., Tari, I. D. A. E. P. D., Giri, P. A. S., & Dartiningsih, M. W. (2020). Penerapan media bimbingan konseling untuk meningkatkan keterampilan guru BK dalam memberikan layanan pendidikan seks terhadap peserta didik. International Journal of Community Service Learning, 4(2), 117–124. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i2.25055
Zakaria, A. F. (2018). Media layanan informasi karir sekolah lanjutan bagi siswa (melankolis) untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam memilih studi lanjut setelah SMP. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice & Research, 2(2), 32–43. Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya. https://journal.umtas.ac.id
Zamroni, E. (2014). Pengembangan multimedia interaktif bimbingan karir untuk meningkatkan keterampilan membuat keputusan karir pada program peminatan siswa SMP. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2). Universitas Negeri Semarang.