Efikasi Diri Dan Manajemen Diri: Konseling Kelompok Sebagai Upaya Penyelesaian Masalah Siswa

Isi Artikel Utama

Tria Harvia Ningsih
Evia Darmawani
Endang Surtiyoni

Abstrak

Self-efficacy meruapakan salah satu hal yang harus dimiliki oleh setiap orang dimana self-efficacy merupakan keyakinan yang dimiliki seseorang untuk menentukan keputusan dalam sebuah tindakan. Self efficacy sangat berkaitan dengan manajemen diri dimana manajemen diri merupakan kemampuan seseorang untuk memantau pikiran, perasan, dan perilaku sendiri untuk mencapai tujuan. Siswa bahkan orang dewasa saja terkadang keyakinannya masih rendah sehingga sulit untuk memanajemen dirinya dikarenakan masih ada diantara mereka yang malas ditandai dengan masih ada siswa yang sulit merespon. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok terhadap self-efficacy dan manajemen diri siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen yang nantinya analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Sempel penelitian ini adalah 10 orang siswa yang berada di kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan ahwa adanya pengaruh yang signifikan terhadap self-efficacy dan manajemen diri setelah pemberian konseling kelompok dan adanya pengubahan perilaku dengan nilai Zhitung > Ztabel yaitu -2.818b ≤ 0,005 dikatakan Ha diterima. Dengan demikinan self-efficacy dan manajemen diri siswa dapat ditingkatkan melalui konseling kelompok.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Artikel

Referensi

Agustin. (2018). Self-Efficacy Guru Kelas Dalam Membimbing Siswa Slow Learner. JPK(Jurnal Pendidikan Khusus), 14(1), 1-8.

Ahriana. (2016). Studi Analisis Hubungan Self Efficacy dengan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Takalar. 4(2), 224.

Amir. (2016). Korelasi Pengaruh Faktor Efikasi Diri dan Manajemen Diri Terhadap Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Bengkulu. Manajer Pendidikan, 10(4), 336-342.

Apriyeni. (2021). Hubungan Self-Efficacy Dengan Communication Apprehension Pada Mahasiswa di Jakarta. JCA Psikologi, 2(3), 264-273.

Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arizona. (2016). Teknik Relaksasi Berbasis Musik Instrumental Meningkatkan Self Efficacy Siswa SMP Melalui Pengembangan Model Konseling Kelompok. Jurnal Bimbingan Konseling, 5(2), 86-92.

Citra. (2018, April). Hubungan Self-Management dan Self-Efficacy pada Pasien Diabetes Melitus di Kota Bandung. Jurnal Keperawatan BSI, 6(1), 64-68.

Darmawani. (2021). Meningkatkan Self Efficacy Melalui Konseling Kelompok di Kelas VIII SMP Negeri 47 Palembang. JUANG : Jurnal Wahana Konseling, 4(1), 81-98.

Eka. (2022). Pengaruh kecerdasan emosional, self-efficacy, dan lingkungan kerja. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, 6(1), 47-66.

Fitriani. (2021). Validasi Skala Self Efikasi Akademik Pada Siswa SMA. Jurnal Mitra Pendidikan, 5(12), 961-970.

Fransiska. (2022). Hubungan Self Efficacy dengan Self Management Pada Pasien Post Stroke. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 11(1), 182-191.

Ghufron. (2016). Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Howard. (2015). Kepribadian : Teori Klasik dan Riset Modern. Jakarta: Erlangga.

Imran. (2020). Penerapan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Kecanduan Media Sosial pada Siswa di SMA Negeri 1 Sinjai. 1-16.

Islamiati. (2021). Implementasi Teknik Self Management Untuk Menguatkan Efikasi Diri Santri Kelas VIII MTs An-Najah Desa Sesela Kecamatan Gunung Sari Lombok Barat. Mataram: Universitas Islam Negeri Mataram.

Kusumaardhani. (2018). Self-Management Untuk Mengurangi Kecenderungan Misbehavior Pada Siswa Sekolah Dasar. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Maghfirah. (2022). Strategi Restructuring Kognitif Dalam Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Self Efficacy Siswa. Teraputik : Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(3), 326-332.

Noor. (2019). Manajemen Diri Guru Raudhatul Athfal (RA) Berprestasi di Yogyakarta. QUALITY, 7(1), 167-190.

Oka. (2020, April). Hubungan Self-Efficacy dengan Self-Management Behaviour pada Pasien Hipertensi. Community Of Publishing In Nursing (COPING), 8(1), 65-72.

Pratama. (2020). Konseling Kelompok Strategi Manajemen Diri Efektif Untuk Menurunkan Perilaku Agresif non Verbal Siswa. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(2), 146-153.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.