Pengembangan Panduan Teknik Coping Stress Untuk Mengurangi Kecemasan Akademik Siswa Pasca Era Pandemi

Isi Artikel Utama

Vesti Dwi Cahyaningrum
Mohamad Da’i

Abstrak

Pada tahun 2020 ini seluruh dunia mengalami wabah yaitu pandemi Covid- 19 yang berdampak pada berbagai bidang, salah satunya di pendidikan. Salah satu dampaknya adalah siswa banyak mengalami kecemasan akademik. Kecemasan akademik banyak dirasakan oleh siswa yang terdampak adanya sekolah secara online dan mengharuskan mereka untuk tetap dirumah dan membatasi ruang gerak mereka, salah satunya adalah tidak bisa bertatap muka dengan teman maupun guru. Salah satu bentuk hal yang direncanakan mampu untuk mengurangi kecamasan akademik adalah dengan teknik coping stress. Coping stress adalah tindakan atau usaha yang dilakukan untuk mengatasi stress, yang dapat dilakukan baik secara sadar maupun tidak sadar. Penelitian ini bertujuan menghasilkan buku panduan pemberian teknik coping stress untuk mengurangi kecemasan akademik siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan. yang dirangkum dalam tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan produk, dan tahap uji coba produk. Tahap perencanaan meliputi asesmen kebutuhan dan studi literatur. Tahap pengembangan menghasilkan draft panduan coping stress untuk mengurangi kecemasan akademik. Tahap uji coba produk dilakukan pada 3 ahli yaitu ahli BK, ahli media, dan calon pengguna untuk mengetahui akseptabilitas kesepakatan untuk menilai panduan yang telah dikembangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Rincian Artikel

How to Cite
Cahyaningrum, V. D., & Da’i, M. (2023). Pengembangan Panduan Teknik Coping Stress Untuk Mengurangi Kecemasan Akademik Siswa Pasca Era Pandemi. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 10(3), 322-330. https://doi.org/10.29407/nor.v10i3.19294
Bagian
Artikel
Bookmark and Share

Referensi

Amelia, R., Priatmoko, S., & Sugiri, W. A. (2021). Kesulitan Guru Sekolah Dasar Dalam Mengembangkan Desain Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 198. https://doi.org/10.30651/else.v5i2.8652

Arifin, Z. (2013). Teori Coping Stres. In Al-Muna.

Darmawanti, I., Nagata, K., Itoh, T., Ishikawa, H., Ohsawa, A., Setiawan, A. P., Masruri, L., Trastianingrum, S. A. P., Purwandari, E., Ismawaty, Q., Amelia, R., Priatmoko, S., Sugiri, W. A., Lase, D., Ndraha, A., Harefa, G. G., Fitrah, M., & Ruslan, R. (2020). Eksplorasi Sistem Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Di Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19 di Bima. Jurnal Psikologi Dan Terapan, 5(1), 178–187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.639

Darmawan, Mp. (2017). PEMAPARAN METODE PENELITIAN KUALITATIF.

Ismawaty, Q. (2020). Dampak Belajar Online Terhadap Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Adzkiya, 4(1), 1–17. http://www.jurnalstaiibnusina.ac.id/index.php/adz/article/view/1

Lase, D., Ndraha, A., & Harefa, G. G. (2020). Persepsi Orangtua Siswa Sekolah Dasar di Kota Gunungsitoli Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan, 13(2), 85–98. https://doi.org/10.36588/sundermann.v13i2.46

Maulana, R. (2023). Coping Stres Untuk Siswa Sekolah SMA. Jurnal Ilmu Keislaman, 6(1).

Munawir, U., Uin, A.-R., & Banda, A. (n.d.). Otentisitas dan penerapan Coping Stres. JOURNAL OF QUR’ᾹN AND HADῙTH STUDIES, 6(1), 1–14. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/journal-of-quran-and-hadith

Nagata, K., Itoh, T., Ishikawa, H., & Ohsawa, A. (2003). Synthesis of 2-substituted benzimidazoles by reaction of o-phenylenediamine with aldehydes in the presence of Sc(OTf)3. Heterocycles, 61, 93–96. https://doi.org/10.1002/chin.200418108

Setiawan, A. P., Masruri, L., Trastianingrum, S. A. P., & Purwandari, E. (2021). Metode Pembelajaran Daring Akibat Covid-19: Perspektif Pelajar Dan Mahasiswa. Proyeksi, 16(1), 83. https://doi.org/10.30659/jp.16.1.83-91

Kartika Sari Dewi. (2012). Kesehatan Mental. UPT UNDIP Press Semarang. Semarang

Lase, D., Ndraha, A., & Harefa, G. G. (2020). Persepsi Orangtua Siswa Sekolah Dasar di Kota Gunungsitoli Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan, 13(2), 85–98. https://doi.org/10.36588/sundermann.v13i2.46

Musradinur. (2016). Stress dan Cara Mengatasinya. Jurnal Edukasi, vol.2, No.2, 183-200.Nasution, I. K. (2007 ). Stres Pada Remaja. Universtas Sumatera Utara

Ningrum, D. W. (2011). Hubungan antara optimisme dan coping stres pada mahasiswa UEU yang sedang menyusun skripsi. Jurnal Psikologi Esa Unggul, 9(01), 126155.

Pragholapati, A., & Ulfitri, W. (2019). Gambaran Mekanisme Coping pada Mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan Tingkat IV yang Sedang Menghadapi Tugas Akhir di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan X Bandung. Humanitas (Jurnal Psikologi), 3(2), 115-126. https://doi.org/10.28932/humanitas.v3i2.2168

Purwanto Agus, Dkk. (2020). “Studi Explorative Dampak Pandemic Covid19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar” Jurnal Of Education, Psychology And Counseling Vol 2 Nomor 1 2020 (hal 1-2).

Setiawan, A. P., Masruri, L., Trastianingrum, S. A. P., & Purwandari, E. (2021). Metode Pembelajaran Daring Akibat Covid-19: Perspektif Pelajar Dan Mahasiswa. Proyeksi, 16(1), 83. https://doi.org/10.30659/jp.16.1.83-91

Sherly Atika, Laila Meiliyandrie Indah Wardani. (2021). Core Self Evaluation And Coping Stress. Penerbit NEM. Jakarta

Sitepu, J. M., & Nasution, M. (2017). Pengaruh konsep diri terhadap coping stress pada mahasiswa FAI UMSU. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(1), 68-83. https://doi.org/10.30596/intiqad.v9i1.1082

Tiwasing, W., Sahachaisaeree, N., & Hapeshi, K. (2014). Design Goals and Attention Differentiations among Target Groups: A Case of Toy Packaging Design Attracting Children and Parents’ Purchasing Decision. Design Principles and Practices, 7(1), 29–43.

Utaminingtias, W., Ishartono, I., & Hidayat, E. N. (2016). Coping Stres Karyawan Dalam Menghadapi Stres Kerja. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.24198/jppm.v3i2.13649

Wilder-Smith, A., & Freedman, D. O. (2020). Isolation, quarantine, social distancing and community containment: pivotal role for old-style public health measures in the novel coronavirus (2019-nCoV) outbreak. Journal of Travel Medicine, 1–4.