Pengembangan Panduan Teknik Coping Stress Untuk Mengurangi Kecemasan Akademik Siswa Pasca Era Pandemi
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pada tahun 2020 ini seluruh dunia mengalami wabah yaitu pandemi Covid- 19 yang berdampak pada berbagai bidang, salah satunya di pendidikan. Salah satu dampaknya adalah siswa banyak mengalami kecemasan akademik. Kecemasan akademik banyak dirasakan oleh siswa yang terdampak adanya sekolah secara online dan mengharuskan mereka untuk tetap dirumah dan membatasi ruang gerak mereka, salah satunya adalah tidak bisa bertatap muka dengan teman maupun guru. Salah satu bentuk hal yang direncanakan mampu untuk mengurangi kecamasan akademik adalah dengan teknik coping stress. Coping stress adalah tindakan atau usaha yang dilakukan untuk mengatasi stress, yang dapat dilakukan baik secara sadar maupun tidak sadar. Penelitian ini bertujuan menghasilkan buku panduan pemberian teknik coping stress untuk mengurangi kecemasan akademik siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan. yang dirangkum dalam tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan produk, dan tahap uji coba produk. Tahap perencanaan meliputi asesmen kebutuhan dan studi literatur. Tahap pengembangan menghasilkan draft panduan coping stress untuk mengurangi kecemasan akademik. Tahap uji coba produk dilakukan pada 3 ahli yaitu ahli BK, ahli media, dan calon pengguna untuk mengetahui akseptabilitas kesepakatan untuk menilai panduan yang telah dikembangkan.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Referensi
Arifin, Z. (2013). Teori Coping Stres. In Al-Muna.
Darmawanti, I., Nagata, K., Itoh, T., Ishikawa, H., Ohsawa, A., Setiawan, A. P., Masruri, L., Trastianingrum, S. A. P., Purwandari, E., Ismawaty, Q., Amelia, R., Priatmoko, S., Sugiri, W. A., Lase, D., Ndraha, A., Harefa, G. G., Fitrah, M., & Ruslan, R. (2020). Eksplorasi Sistem Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Di Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19 di Bima. Jurnal Psikologi Dan Terapan, 5(1), 178–187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.639
Darmawan, Mp. (2017). PEMAPARAN METODE PENELITIAN KUALITATIF.
Ismawaty, Q. (2020). Dampak Belajar Online Terhadap Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Adzkiya, 4(1), 1–17. http://www.jurnalstaiibnusina.ac.id/index.php/adz/article/view/1
Lase, D., Ndraha, A., & Harefa, G. G. (2020). Persepsi Orangtua Siswa Sekolah Dasar di Kota Gunungsitoli Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan, 13(2), 85–98. https://doi.org/10.36588/sundermann.v13i2.46
Maulana, R. (2023). Coping Stres Untuk Siswa Sekolah SMA. Jurnal Ilmu Keislaman, 6(1).
Munawir, U., Uin, A.-R., & Banda, A. (n.d.). Otentisitas dan penerapan Coping Stres. JOURNAL OF QUR’ᾹN AND HADῙTH STUDIES, 6(1), 1–14. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/journal-of-quran-and-hadith
Nagata, K., Itoh, T., Ishikawa, H., & Ohsawa, A. (2003). Synthesis of 2-substituted benzimidazoles by reaction of o-phenylenediamine with aldehydes in the presence of Sc(OTf)3. Heterocycles, 61, 93–96. https://doi.org/10.1002/chin.200418108
Setiawan, A. P., Masruri, L., Trastianingrum, S. A. P., & Purwandari, E. (2021). Metode Pembelajaran Daring Akibat Covid-19: Perspektif Pelajar Dan Mahasiswa. Proyeksi, 16(1), 83. https://doi.org/10.30659/jp.16.1.83-91
Kartika Sari Dewi. (2012). Kesehatan Mental. UPT UNDIP Press Semarang. Semarang
Lase, D., Ndraha, A., & Harefa, G. G. (2020). Persepsi Orangtua Siswa Sekolah Dasar di Kota Gunungsitoli Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan, 13(2), 85–98. https://doi.org/10.36588/sundermann.v13i2.46
Musradinur. (2016). Stress dan Cara Mengatasinya. Jurnal Edukasi, vol.2, No.2, 183-200.Nasution, I. K. (2007 ). Stres Pada Remaja. Universtas Sumatera Utara
Ningrum, D. W. (2011). Hubungan antara optimisme dan coping stres pada mahasiswa UEU yang sedang menyusun skripsi. Jurnal Psikologi Esa Unggul, 9(01), 126155.
Pragholapati, A., & Ulfitri, W. (2019). Gambaran Mekanisme Coping pada Mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan Tingkat IV yang Sedang Menghadapi Tugas Akhir di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan X Bandung. Humanitas (Jurnal Psikologi), 3(2), 115-126. https://doi.org/10.28932/humanitas.v3i2.2168
Purwanto Agus, Dkk. (2020). “Studi Explorative Dampak Pandemic Covid19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar” Jurnal Of Education, Psychology And Counseling Vol 2 Nomor 1 2020 (hal 1-2).
Setiawan, A. P., Masruri, L., Trastianingrum, S. A. P., & Purwandari, E. (2021). Metode Pembelajaran Daring Akibat Covid-19: Perspektif Pelajar Dan Mahasiswa. Proyeksi, 16(1), 83. https://doi.org/10.30659/jp.16.1.83-91
Sherly Atika, Laila Meiliyandrie Indah Wardani. (2021). Core Self Evaluation And Coping Stress. Penerbit NEM. Jakarta
Sitepu, J. M., & Nasution, M. (2017). Pengaruh konsep diri terhadap coping stress pada mahasiswa FAI UMSU. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(1), 68-83. https://doi.org/10.30596/intiqad.v9i1.1082
Tiwasing, W., Sahachaisaeree, N., & Hapeshi, K. (2014). Design Goals and Attention Differentiations among Target Groups: A Case of Toy Packaging Design Attracting Children and Parents’ Purchasing Decision. Design Principles and Practices, 7(1), 29–43.
Utaminingtias, W., Ishartono, I., & Hidayat, E. N. (2016). Coping Stres Karyawan Dalam Menghadapi Stres Kerja. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.24198/jppm.v3i2.13649
Wilder-Smith, A., & Freedman, D. O. (2020). Isolation, quarantine, social distancing and community containment: pivotal role for old-style public health measures in the novel coronavirus (2019-nCoV) outbreak. Journal of Travel Medicine, 1–4.