Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Membentuk Karakter Mandiri Siswa Dalam Adegan Pendidikan
Isi Artikel Utama
Abstrak
Artikel ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang peran pendidikan dalam membentuk kemandirian siswa. Pendidikan sebagai ujung tombak dalam pengembangan mutu Sumber daya Manusia memiliki peran yang penting dalam pengembangan dan peningkatan mutu sebuah negara. Mutu pendidikan tidak hanya di ukur pada komponen akademik saja, namun bagaimana dapat menjamin tugas perkembangan siswa sesuai dengan tahapan perkembanganya yang salah satu komponen utamanya adalah karakter mandiri siswa. Artikel ini menggunakan pendekatan literature review yakni memilih sumber yang spesifik sesuai tema, mengidentifikasi artikel dan selnjutnya dilakukan penyusunan artikel. Sedangkan dalam teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui jurnal, buku dan artikel baik nasional maupun interasional yang berhubungan dangan pokok yang menjadi tema dalam artikel ini. Guna mendukung kajian yang maka dilakukan survei kecil ke sekolah yakni SMA I Lembang Bandung. Pendidikan dijalankan dengan tujuan membentuk siswa yang tidak saja hanya pada komponen akademik namun menghantarkan siswa untuk dapat mandiri secara keseluruhan. Dalam membentuk karakter mandiri siswa diperlukan pihak-pihak yang memiliki tanggungjawab dan kewenangan seperti Guru, orang tua dan masyarakat. Disisi lain faktor budaya yang menjadi komponen tidak terpisahkan dalam tananan masyarakat tidak dapat lepas dalam mempengaruhi faktor perkembangan karakter mandiri siswa. Dengan demikian maka perlu adanya sinergitas dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang bermutu.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Referensi
Baharun, H., & Mahmudah, M. (2018). Konstruksi Pendidikan karakter di Madrasah Bebasis Pesantren. Jurnal mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam.8 (1)
Deni Damayanti, (2014) Padnuan Implementasi Pendidikan Karakter di sekolah. Yogyakarta: Araska.
Didit Nantara. 2022. Pembnetukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan di Sekolah dan Peran Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol. 6 No 1.
Didih m Sudi, Ahmad Hidayat, Uun Kurniasih, (2023). Penanaman nilai Agama dalam membentuk Siswa Mandiri di SMP Riyadul Mubtadin MAN Dalawangi. Jurnal TA’dibiaya. Vol 3 No 1.
Fadillah Rahmayani (2019) Hubungan antara karakter mandir belajar dengan hasil belajar siswa. Jurnal. JPE (junral pendidikan edutama) Vol 6 No 2.
Facthul, (2012). Pendidikan Karakter, Jogjakarta: Ar_Ruzz Media.
Fitri hajar Punama & Santo Tri Raharjo. 2018. Peran Sekolah dan Perilaku remaja. Prosiding penelitian dan Pengabdian Kepada masyarakat. Vol. 5. No 3.
Hasnadi, (2019). Penerapan Nilai Karakter Melalui Budaya Sekolah. Jurnal Idarah. Vol. 3 No.2.
Hermawan Aksan (2014) Pendidikan karakter. Bandung : Nuansa Cendekia
Jason Metcalfe & Daniel Moulin-Stożek. Religious education teachers’ perspectives on character education, 2020. DOI: 10.1080/01416200.2020.1713049
Johnson, L. M. (2010) Autonomy And Self-Regulation: Enhancing Student Success Through Engagement In The Learning Process. Journal of college rading and learning. 41 (1)
Khansa, dkk. (2020). Analisis Pembentukan Karakter Siswa di SDN Tangerang 5. Jurnal Pendidikan Dasar. 4, (1). 158-179. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia
Maryono, Hendra Budiono, Resty Okha (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Mandiri di Sekolah Dasar. Jurnal GENTALA Pendidikan Dasar. Vol 3 No. 1. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6750
Mohammad Mustari, (2014) Nilai Karakter Relfeksi Untuk Pendidikan. Jakarta. Raja Grafiindo Persada.
Mujiburrahman (2022). Pendidikan Karakter siswa Berbasis Kearifan Lokal di Aceh. Proceedngs ICIS. Vol 1, No 1. ISSN: 978-623-6114-957
Mochammad Irfan Aziz, Ria Fajrin Rizqy Ana (2022). Peran Budaya Sekolah dalam Membangun Karakter Religius Siswa Kelas 5 SDIT Surya Melati Bandung Tulungagung. Jurnal Tanggap. Vol (2) 2. DOI:10.55933/tjripd.v2i2.408.
Muchlas Samawidan Hariyanto, (2012) Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muh. Hasyim RosyadiHidayatul Mufidah, Nisa’ul Mufaridoh (2022) Manajemen Kurikulum Anak Usia Dini Dalam Menumbuhkan Karakter Mandiri Siswa. JCE. journal of childhood edication. Vol 6 no 1.
https://doi.org/10.30736/jce.v6i1.910
Musfah Jejen (2015) Manajemen Pendidikan, Teori, Kebijakan dan Praktik. Jakarta: Prenada Media Group.
Oktaviani, C. (2015). Peran Budaya Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Manajer Pendidikan. 9, (4). 613-617.
R. Syamsul Hadori, (2022). Ekplorasi Karakter Kemandirian Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler: Studi Dalam Konteks Pendidikan. P-SEMART Journal. 10(10)
Perry L. Glanzer, 2010. Did The Moral Education Establishment Kill Character? An Autopsy Of The Death Of Character. Journal moral education. DOI: 10.1080/0305724032000136716
Sari & Kadri, (2018) Pengaruh Model Group Investigaation Terhadap Pengetahuan Konseptual Pada Materi Pokok Suhu Dan Kalor Di Kelas XI SMK Muhammadiyah 8 Medan. Jurnal pendidikan Fisika, 7 (2).
Seyyed Kazem Banihashem, Omid Noroozi & Perry den Brok, Harm JA Biemans Nafiseh (2023) Gramodeling Teachers’ And Student Attiudes, Emotions And Perpeptions In Blended Eduction: Twowards Post Pandemic Education. Elsevier. Journal homepage: www.elsevier.com/locate/ijme
Susanto, A. (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru: Konsep, Strategi, dan Implementasinya. Jakarta: Kencana.
Yusutria, (2018). Analisis Mutu Lembaga Pendidikan Berdasarkan manajemen di pondok pesantren Thawalib Padang Sumatra Barat. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam. 8(2).
Yusrtria, (2019) Aktualisasi Nilai-Nilai Kemandirian Dalam Membentuk Karakter Mandiri Siswa. Jurnal Ta’dib: Junral Pendidikan agama islam. 8(1).
Wibowo, Agus (2012) Manajemen Pendidikan Krakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Belajar.