Regulasi Diri Belajar Online Dimasa Pandemi Covid-19
Isi Artikel Utama
Abstrak
Self-regulation online learning (SRoL) merupakan proses proaktif secara internal dari mahasiswa untuk dapat mencapai perkuliahan yang dilakukan secara online dimasa pandemi covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan kondisi perkuliahan mahasiswa dimasa pandemi yang mengubah regulasi belajarnya, dan bagaimana capaian-capaiannya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan mengambil teknik random sampling pada mahasiswa yang aktif dalam perkuliahan online. Deskripsi hasil penelitian ini menerangkan capaian tertinggi dari respons self regulation online learning (SRoL) meliputi enam indikator yaitu pertama goal setting menunjukkan 57,1% mahasiswa dapat membuat strategi belajar dengan baik. Indikator kedua environment structuring yaitu bagaiamana mereka mengatur lingkungan secara kondusif direspons 35,7%. Indikator ketiga task management direspons 7,1%, indikator keempat time management menerangkan sebanyak 32,9% mahasiswa dapat mengelola waktunya. Kelima help seeking yaitu meminta bantuan teman 80,1% dalam mengerjakan tugas atau memerlukan pemahaman. Keenam self evaluation direspons 44,3% yaitu mahasiswa mengevaluasi hasil belajar dengan capaian pembelajarannya. Dari data ini menunjukkan pencapaian perkuliahan yang dilakukan dengan sistem online tidak menjamin adanya usaha yang maksimal meskipun dapat mengakses tugas-tugas perkuliahan lebih mudah dengan jaringan internet.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Referensi
Harris, B.R., Reinhard, W.L., & Anthony, A.P. 2011. Strategies to promote self regulated learning in online envorironments. In Dettori, G & persico, D (Eds) Fostering selfregulated learning throught ICT, pp.122-144, Hershey: Information Science Reference.
Meiza, A., Hanifah., dkk. 2020. Analisis Regresi Ordinal untuk melihat Pengaruh Media Pembelajaran Daring terhadap Antusiasme Mahasiswa Era Pandemi Covid. UIN Sunan Gunung Jati Bandung.
Ningsih Made rai. D,. 2020. Pengaruh Metode Kuliah Online Terhadap Tingkat Pemahaman Materi Kuliah Hukum Investasi Pada Mahasiswa Universitas Teknologi Indonesia. Jurnal Pendidikan, Volume 21, Nomor 2, September 2020, 104-110.
Rahardja. U., dkk,. 2019. Motivasi Belajar Mahasiswa Terhadap Metode Pembelajaran Online iLearning+ Pada Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA Vol. 9, No. 2, 2019.
Rachmah, D. N. 2015. Regulasi Diri dalam Belajar pada Mahasiswa yang Memiliki Peran Banyak. JURNAL PSIKOLOGI, 61-77.
RaZumbrunn, S. 2011. Encouraging Self-Regulated Learning in the Classroom : A Review of the Literature. VIRGINIA AS: Metropolitan Educational Research Consortium (MERC), Virginia Commonwealth University.
Schunk, D. H., & Zimmennon, B. J. Eds. 1998. Self·regulated learning: From teaching to reflective practice. New York: The Guilford Press.
Schunk, 0. Ri Pinirich, P. R. & Meece, J. L.2008. Motivation in education: Theory.research. and applications. {3rd ed.). New Jersey: Pearson Merril/Prentice Hall.
Sukardi. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi aksara.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.