PERILAKU, KARAKTERISTIK, PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP BANK SYARIAH DI EKS KARISIDENAN KEDIRI
Isi Artikel Utama
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini merupakan salah satu upaya meningkatkan pemahaman masyarakat tentang peran Bank
Syariah. Peran Bank Syariah dalam memacu pertumbuhan perekonomian daerah semakin strategis dalam
rangka mewujudkan perekonomian yang semakin berimbang. Pemahaman dan sosialisasi terhadap
masyarakat tentang produk dan sistem perbankan syariah di Indonesia masih sangat terbatas. Secara khusus
tujuan penelitian ini adalah : 1) Menguji pengaruh Perilaku masyarakat terhadap Bank Syariah; 2) Menguji
pengaruh karakteristik masyarakat terhadap Bank syariah; 3) Menguji pengaruh persepsi masyarakat
terhadap Bank Syariah.
Populasi penelitian ini meliputi 4 kabupaten/kota di wilayah Kediri, dengan kriteria bahwa pada masingmasing
daerah tersebut beroperasi kedua tipe bank (bank konvensional dan bakn syariah), yaitu : Kota
Nganjuk, Kota Blitar, Kota Tulungagung, Kota Kediri. Sampel penelitian ini terdiri dari empat cluster : yaitu
nasabah bank konvensional, nasabah bank syariah, nasabah bank syariah dan konvensional, dan non
nasabah. Jumlah kuesioner yang didistribusikan berjumlah 150 set yang disebarkan langsung oleh
surveyor pada lokasi yang terpilih.
Penelitian ini menganalisis data secara berganda yang meliputi analisis deskriptif dan
analisis kuantitatif.
Analisis deskriptif diperlukan guna untuk menjelaskan atau menjawab masalah yang pertama, bahwa
fenomena sosial dan ekonomi bisa dipakai
sebagai dasar atau landasan berpijak dalam rangka membuat
atau merumuskan suatu kebijakan yang berkaitan dengan upaya pengembangan perbankan syariah,
khususnya di daerah penelitian. Sedangkan metode kuantitatif, diperlukan untuk menjawab masalah
kedua,
ketiga, dan ke empat dalam studi ini. Analisis metode kuantitatif yang dimaksud adalah analisis
Faktor dan dilanjutkan ke analisis Logit/Probit.
Hasil penelitian menunjukkan :1) Perilaku, karakteristik dan persepsi masyarakat secara bersama-sama
(simultan) berpengaruh terhadap perkembangan Bank Syariah di Karesidenan Kediri, 2) Perilaku
masyarakat berpengaruh positif/didukung terhadap perkembangan Bank Syariah di Karesidenan Kediri, 3)
Karakteristik masyarakat berpengaruh positif/didukung terhadap perkembangan Bank Syariah di
Karesidenan Kediri, 4) Persepsi masyarakat tidak berpengaruh/tidak didukung terhadap perkembangan
Bank Syariah di Karesidenan Kediri.
Kata Kunci : Perilaku, Karakteristik, Persepsi, Bank Syariah
Penelitian ini merupakan salah satu upaya meningkatkan pemahaman masyarakat tentang peran Bank
Syariah. Peran Bank Syariah dalam memacu pertumbuhan perekonomian daerah semakin strategis dalam
rangka mewujudkan perekonomian yang semakin berimbang. Pemahaman dan sosialisasi terhadap
masyarakat tentang produk dan sistem perbankan syariah di Indonesia masih sangat terbatas. Secara khusus
tujuan penelitian ini adalah : 1) Menguji pengaruh Perilaku masyarakat terhadap Bank Syariah; 2) Menguji
pengaruh karakteristik masyarakat terhadap Bank syariah; 3) Menguji pengaruh persepsi masyarakat
terhadap Bank Syariah.
Populasi penelitian ini meliputi 4 kabupaten/kota di wilayah Kediri, dengan kriteria bahwa pada masingmasing
daerah tersebut beroperasi kedua tipe bank (bank konvensional dan bakn syariah), yaitu : Kota
Nganjuk, Kota Blitar, Kota Tulungagung, Kota Kediri. Sampel penelitian ini terdiri dari empat cluster : yaitu
nasabah bank konvensional, nasabah bank syariah, nasabah bank syariah dan konvensional, dan non
nasabah. Jumlah kuesioner yang didistribusikan berjumlah 150 set yang disebarkan langsung oleh
surveyor pada lokasi yang terpilih.
Penelitian ini menganalisis data secara berganda yang meliputi analisis deskriptif dan
analisis kuantitatif.
Analisis deskriptif diperlukan guna untuk menjelaskan atau menjawab masalah yang pertama, bahwa
fenomena sosial dan ekonomi bisa dipakai
sebagai dasar atau landasan berpijak dalam rangka membuat
atau merumuskan suatu kebijakan yang berkaitan dengan upaya pengembangan perbankan syariah,
khususnya di daerah penelitian. Sedangkan metode kuantitatif, diperlukan untuk menjawab masalah
kedua,
ketiga, dan ke empat dalam studi ini. Analisis metode kuantitatif yang dimaksud adalah analisis
Faktor dan dilanjutkan ke analisis Logit/Probit.
Hasil penelitian menunjukkan :1) Perilaku, karakteristik dan persepsi masyarakat secara bersama-sama
(simultan) berpengaruh terhadap perkembangan Bank Syariah di Karesidenan Kediri, 2) Perilaku
masyarakat berpengaruh positif/didukung terhadap perkembangan Bank Syariah di Karesidenan Kediri, 3)
Karakteristik masyarakat berpengaruh positif/didukung terhadap perkembangan Bank Syariah di
Karesidenan Kediri, 4) Persepsi masyarakat tidak berpengaruh/tidak didukung terhadap perkembangan
Bank Syariah di Karesidenan Kediri.
Kata Kunci : Perilaku, Karakteristik, Persepsi, Bank Syariah
##plugins.generic.usageStats.downloads##
##plugins.generic.usageStats.noStats##
Rincian Artikel
##submission.howToCite##
Deny, A. P. (2015). PERILAKU, KARAKTERISTIK, PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP BANK SYARIAH DI EKS KARISIDENAN KEDIRI. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2(2). Diambil dari https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor/article/view/172
Terbitan
Bagian
Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License