Pemetaan Media Inovatif Layanan Bimbingan dan Konseling Secara Online
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pelaksanaan pembelajaran daring sering kali mengalami hambatan, terutama pada minat belajar siswa yang rendah. Salah satu penyebab rendahnya minat belajar disebabkan karena media yang digunakan oleh guru tidak menarik. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan jenis-jenis media inovatif yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling (BK) di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed method. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan survey dan wawancara kepada guru BK. Jumlah subjek pada penelitian ini adalah 94 guru BK pada jenjang SMA. Hasil penelitian ini memetakan jenis media yang selama ini telah digunakan oleh guru BK dan jenis-jenis media yang mereka harapkan tersedia di sekolah. Penelitian ini juga mengungkapkan kendala yang paling sering dialami dalam menggunakan media yaitu kendala ketersediaan sarana dan prasarana terutama computer dan internet, dan kendala keterampilan yang dimiliki guru BK dalam menggunakan teknologi yang masih rendah. Penelitian ini merekomendasikan kegiatan pengembangan keterampilan menggunakan computer dan internet bagi guru BK, serta penyediaan computer dan internet yang layak untuk guru BK di sekolah.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Referensi
Abidin, Z. (2017). Penerapan pemilihan media pembelajaran. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 9–20.
Ahmed, A., & Firdous, H. (2020). The Transformational Effects of COVID-19 Pandemic on Guidance and Counseling. International Journal of Advance Research and Innovative Ideas in Education, 6(6), 172–179.
Amal, B. K. (2019). Pembelajaran Blended Learning Melalui Whatsapp Group (Wag).
Anisah, N. (2016). Pengembangan Media Bimbingan Etika Bergaul Berbasis Video Animasi Adobe Flash Dalam Layanan Informasi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal BK UNESA, 6(3).
Ariati, P. (2021). Peranan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Pelayanan kepada Peserta Didik pada Masa Pendemi Covid-19 di SMP N 7 Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 11(1), 128–136.
Bakhtiar, M. I. (2015). Pengembangan Video Ice Breaking Sebagai Media Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 1(2), 150–162.
Basri, A. S. H. (2018). Urgensi Penggunaan Teknologi Media dalam Implementasi Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Al-Isyraq: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Dan Konseling Islam, 1(1), 83–107.
Dewanti, S. R., Ramli, M., & Rahmawati, N. R. (2018). Pengembangan Paket Bimbingan Rasa Hormat untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(3), 365–370.
Dewanti, S. R., & Sujarwo, S. (2021). Development of Instagram and YouTube Content Videos’ for Online Learning. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(2), 181–188.
Fitri, E., Ifdil, I., & Neviyarni, S. (2016). Efektivitas layanan informasi dengan menggunakan metode blended learning untuk meningkatkan motivasi belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 2(2), 84–92.
Foon, L. W., Zainudin, Z. N., Yusop, Y. M., & Wan Othman, W. N. (2020). E-counselling: The intention, motivation and deterrent among school counsellors. Universal Journal of Educational Research, 8(3), 44–51.
Gysbers, N. C., & Henderson, P. (2014). Developing and Managing Your School Guidance and Counseling Program. John Wiley & Sons.
Habibah, B. M., & Bella, D. (2020). Konsep Layanan Responsif bagi Siswa yang Mengalami Kesulitan Belajar secara Daring Dimasa Pandemi Covid-19. Konseling Edukasi: Journal Of Guidance And Counseling.
Haryadi, R., & Rosina, I. (2020). Pengaruh Sistem Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi dan Kualitas Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 11(2).
Hikmawati, F. (2016). Bimbingan dan Konseling. Rajawali Press.
Kustijono, R., Sunarti, T., & Budiningarti, H. (2018). Penggunaan Facebook Sebagai Media Inovatif dalam Pembelajaran SMP dan SMA Di Perguruan Muhammadiyah Wiyung Surabaya. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 68–75.
Mayangsari, D., & Tiara, D. R. (2019). Podcast Sebagai Media Pembelajaran Di Era Milenial. Jurnal Golden Age, 3(02), 126–135.
McKenney, S., & Reeves, T. C. (2018). Conducting Educational Design Research. Routledge.
Murniasih, S. (2021). Bimbingan Teman Sebaya dalam Layanan Bimbingan Konseling Untuk Memotivasi Pembelajaran Jarak Jauh Siswa Berbasis Whatsapp Grup. G-COUNS: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 184–191.
Muslimah, F. (2021). Upaya Pelayanan Bimbingan Karir terhadap Siswa MAN 2 Lamongan Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 7(2), 12–17.
Muti, F. (2021). Pelaksanaan Layanan Bimbingan Belajar Menggunakan Media Daring dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII di SMP NEGERI 7 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2020/2021. UIN Raden Intan Lampung.
Ningsih, S. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 124–132.
Prahesti, Y. (2017). Pengembangan Website Konseling Online Untuk Siswa Di Sma Negeri 1 Gresik. Jurnal BK UNESA, 7(3).
Prasetiawan, H., & Alhadi, S. (2018). Pemanfaatan Media Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah se-Kota Yogyakarta. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 87–98.
Rahayu, Y. P. (2013). Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Media Video untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Bahaya Narkoba pada Siswa Kelas VIII-D SMP Negeri 2 Ngoro. Jurnal BK UNESA, 4(1).
Rahman, A., Aryani, F., & Sinring, A. (2019). Pengembangan Media Video Bimbingan Konseling untuk Mengurangi Perilaku Bullying. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 4(2), 129–136.
Rhepon, S. (2021). Peran Guru BK/Konselor Dalam Pelaksanaan Konseling Untuk Siswa Di Era New Normal. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Universitas Pattimura, 1(1).
Sari, I. F., Widiana, D., Hartatik, S., & Mariati, P. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3607–3617.
Sari, K., & Suryahadikusumah, A. R. (2020). Identifikasi Kendala Guru BK Kelompok Millenials dalam Menggunakan ICT di Kota Palembang. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 49–56.
Septyani, S., Fauzi, Z., & Haryadi, R. (2021). Pengembangan Media Permainan Kartu UNO untuk Mmeningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa SMA. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 7(1), 6–14.
Simanjuntak, M. (2021). Studi tentang Faktor Penyebab Siswa Berperilaku Indisipliner dalam Pembelajaran Daring di SMPN 29 Banjaramasin. Universitas Islam kalimantan MAB.
Situmorang, D. D. B., Damayanti, K. K. H., & Ns, H. R. H. (2020). Efektivitas Videography dengan Menggunakan Powtoon untuk Meningkatkan Pemahaman Mengenai Bullying. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 2(2), 148–162.
Storsul, T., & Krumsvik, A. H. (2013). Media innovations: A multidisciplinary study of change. Nordicom, University of Gothenburg.
Sudarmoyo, S. (2020). Podcast sebagai Alternatif Media Pembelajaran Jarak Jauh. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 65–73.
Sudarti, T. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh Solusi di Masa Pandemi. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 119–122.
Susilowati, R. D., Sutama, S., & Faiziyah, N. (2020). Penerapan Podcast pada Aplikasi Spotify Sebagai Media Pembelajaran Matematika di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 4(1), 68–78.
Triyanto, A., Dewanti, S. R., & Sari, W. J. (2021). Developing specialization model applications for high school students. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 6(3).
Triyono, T., & Febriani, R. D. (2018). Pentingnya Pemanfaatan Teknologi Informasi oleh Guru Bimbingan dan Konseling. Jurnal Wahana Konseling, 1(2), 74–83.
Widiana, W., & Aviani, Y. I. (2021). Kendala-Kendala yang Dihadapi Siswa Menengah Atas (SMA) Selama Melakukan Proses Pembelajaran Berbasis Online (Daring) Saat Pandemi COVID-19 di Kabupaten Tanah Datar. PSYCHE: Jurnal Psikologi, 3(2), 145–152.