Permainan Roda Pelangi Untuk Penerapan Nilai 4B (Baiman, Bauntung, Batuah, Dan Baadab) Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Banjarmasin
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan nilai 4B (Baiman, Bauntung, Batuah, dan Baadab) pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Banjarmasin sebelum dilakukan bimbingan kelompok dengan permainan roda pelangi, setelah dilakukan layanan, dan menganalisis efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan permainan roda pelangi untuk penerapan nilai 4B (Baiman, Bauntung, Batuah, dan Baadab). Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group design. sampel sebanyak 8 siswa yang dibagi dalam 2 kelompok yaitu kelompok control dan kelompok treatment. Instrument pengumpulan data menggunakan skala penerapan 4B dan skala permainan roda pelangi. Teknik penarikan sampel menggunakan porpusive sampling. Analisis data menggunakan rumus T-hitung. Hasil analisi didapatkan T-hi>T-tab yaitu 3.92 > 1.94 artinya Permainan Roda Pelangi dalam layanan bimbingan kelompok efektif untuk penerapan nilai 4B (Baiman, Bauntung, Batuah, dan Baadab) pada siswa.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Referensi
Eka, Zulfa. 24 April, 2017. Budaya, Nilai, dan Norma Masyarakat. Kompasiana.com, 2.
Iskarim, Mochamad. 2017. Dekadensi Moral di Kalangan Pelajar (Revitalisasi Strategi PAI dalam Menumbukan Moralitas Generasi Bangsa). Jurnal Edukasia Islamika. 1 (1). 1-20. Dari: http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/
Kosim, Mohammad. 2011. Urgensi Pendidikan Karakter. Pamekasan: STAIN Pamekasan. 111(1). 86-92. Dari http://ejournal.stainpamakesan.ac.id/index.php/karsa/article/view/78
Kumar, Ranjit. 2011. Research Methodology. London: Sage Publication.
Larry, Nucci, & Narvaez, Darcia. 2008. Handbook of Moral and Character Education. Terjemahan oleh: Andi Taher. Lampung: Institut Agama Islam Negeri Raden Intan. 14(2). 545-558. Dari https://www.ejournal.radeintan.ac.id/index.php/analisis/article/download/705/600
Wibowo, Mungin Eddy. 2018. Profesi Konseling Abad 21. Semarang: Unnespress.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Perdana, Yunika. 2018. Nilai Bauntung, Batuah, Baiman, dan Baadab dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 25 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. 7 (2). 221-230. Dari https://ppip.ulm.ac.id/journal/index.php/JS/article/view/5423
Prayitno, dkk. 2017. Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok Bogor: Ghalia Indonesia.
Sarbaini. 2015. Dari Wasaka (waja sampai kaputing) Menuju Taluba (Baiman, Bauntung dan Batuah); Konseptualisasi Nilai-Nilai Luhur Suku Banjar Sebagai Sosok Karakter Harapan “Urang Banua” Perspektif Etnopedagogi. Makalah dalam Proceeding International Seminar on Character Education, May 24, 2014. Banjarmasin: Faculty Teacher Training and Education Lambung Mangkurat University. Dari https://eprints.ulm.ac.id/1258
Sarbaini. 2016. Rekronstruksi Nilai-Nilai Baiman, Bauntung dan Batuah Milik Urang Banjar Perspektif Etnopedagodi. Banjarmasin: Lembaga Penelitian ULM. Dari https://idr.uin-antasari.ac.id/6298/1/Sarbaini%20NILAINILAI%20BAIMAN.pdf
Setyaputri, Nora Yuniar dkk. 2015. Pengembangan Media Permainan “Roda Pelangi” untuk Meningkatkan Efikasi Diri (Self Eficacy) Siswa SMP dalam Menghadapi Ujian. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling. 28 (1). 38-46. Dari: https://journal2.um.ac.id/indez.php/jkbk/article/voew/5056
Setyaputri, Nora Yuniar dkk. 2018. Permainan Roda Pelangi Sebagai Media untuk Meningkatkan Karakter Fairness Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling. 3 (3). 108-118. Dari: https://doi.org/10.17977/um001v3i32018p108
Setyaputri, Nora Yuniar. 2019. Permainan Roda Pelangi (Sebuah Inovasi dalam Media Bimbingan dan Konseling). Malang: CV Azizah Publishing.
Sugianto, Akhmad. 2017. Teknik Permainan Balogo dalam Layanan Bimbingan Kelompok untuk meningkatkan Karakter Kerja Keras pada Siswa SMP. Proceeding seminar dan Lokakarya Nasional Revitalisasi Laboratorium dan jurnal Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan dan Konseling Berbasis KKNI. 20-27. Dari: https://journal2.um.ac.id/index.php/sembk/article/download/1446/763
Susanto, Ahmad. 2018. Bimbingan dan Konseling di Sekolah Konsep, Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Prenadamedia Group.
Tim Penyusun. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Dari https://akhmadsudrajat.files.wordpress.com/2017/03/3-panduan-bk-smp-2016ditjen-gtk-revisi-final.pdf
Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2015 tentang Standar Pendidikan Nasional.
Thohirin. 2013. Bimbingan dan Konseling di Sekolah Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Wibowo, Mungin Eddy. 2018. Profesi Konseling Abad 21. Semarang: Unnespress.