Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di SD
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar. Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih banyak terjadi kesalahan dalam melaksanakan pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur (library research) melalui kajian kepustakaan untuk memperkuat analisis dari berbagai sumber yang digunakan. Penelitian ini diawali dengan merumuskan masalah penelitian dilanjutkan dengan menganalisis hasil penelitian yang relevan. Pengumpulan data dalam studi literatur ini dilakukan dengan menggunakan non tes yaitu dengan menelusuri jurnal elektronik melalui jurnal-jurnal bereputasi, buku, skripsi, dan jurnal online yang terbit tahun 2014 hingga 2019 yang relevan dengan penerapan pendekatan saintifik. Hasil yang diperoleh dari penulusuran tersebut akan dianalisis oleh penulis menggunakan metode analisis isi. Dari hasil analisis penelitian 11 jurnal online yang relevan menunjukkan bahwa pendekatan saintifik efektif diterapkan dalam pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Referensi
Aminati, Arfiani Yulia & Budi Purwoko. 2013. Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Resolusi Konflik Interpersonal . Volume 03, No 01. 222-235.
Arum, Tia Sekar & Wahyudi. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Integratif Subtema Hubungan Makhluk Hidup Dalam Ekosistem Pendekatan Saintifik Untuk Kelas 5 SD. Volume. 6, No. 3, 239-250.
Bermawi, Yoserizal & Tati Fauziah. 2016. Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Aceh Besar. Jurnal Pesona Dasar. Volume 2, No 4, 63-71.
Dahliana, Dina, Nike Sri Setiawati dan Taufina. 2019. Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran IPA di Kelas IV Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pesona Dasar. Volume 7, No 2, ISSN: 2337-9227, 10-17.
Dahliana, Dina, Nike Sri Setiawati dan Taufina. 2019. Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. Volume 2, No 2, P- ISSN: 2515-1723, EISSN: 2615-1766, 130-135.
Danandjaja, J. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Antropologi Indonesia.
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Evayanti, Daslina. 2016. Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Tema Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 14 Menggunakan Pendekatan Saintifik. Volume 1, No 1.
Fathurrohman. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta : Ar-rus Media.
Hosnan. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Iasha, Vina. 2018. Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Scientific Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. Volume 2, No 1, p ISSN: 2580-362X, e ISSN: 2580-3611, 18-36.
Khatibah, K. (2011). Penelitian kepustakaan. Iqra': Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 5(01) 36-39.
Laurianus, Tahmid Sabri & Abdussamad. 2014. Peningkatan Aktivitas Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Saintifik Di SD.
Lestari, Pratiwi Ayu, Usman Mulbar & Asdar. 2015. Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pencapaian Kompetensi Matematika Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas V SD Inpres Karurung Makassar. Jurnal Daya Matematis. Volume 3, No 3, 308327.
Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mardi, Indra. 2016. Peningkatan Kegiatan Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Pendekatan Scientific di Kelas IV SD. Jurnal Pelangi. Volume 8, No 1, ISSN: 2085-1057, E-ISSN: 2460-3740, 56-74.
Meliawati, Ni Wyn. Md Suarjana & Luh Pt Putrini Mahadewi. 2015. Analisis Penerapan Pendekatan Saintifik Terhadap Dalam Pembelajaran Berdasarkan Kurukulum 2013 TEMA 9 (Makananku Sahat Dan Bergizi). e- Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 3, No 1, 1-11.
Mizaqon, T. A. & Purwoko, B. (2017). Studi Kepustakaan mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Expressive Writing. Jurnal BK Unesa, Volume 8, No 1.
Murfiah, Uum. 2017. Model Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pesona Dasar. Volume 1, No 5, ISSN: 2337-9227, 57-69
Nirgaya, Bergita. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Pendekatan Saintifik Pada Peserta Didik Kelas I A SD Inpres Ende 7 Kecamatan Ende Timur Kabupaten Ende Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Ekonomi Volume 4, Nomor 1, April 2019 ISSN 2527600X, 33-37.
Nurfaidah, Siti Sholiha, Aziz Lukman Praja, Nurul Fazriyah, Akhmad Mamad. 2019. Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas VI SDN 033 Asmi Kota Bandung. Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang. Volume 5, No 2, 164-174.
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Rajawali Pers.
Sari, M & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Jurnal Penelitian Bidang IPA, dan Pendidikan IPA, Volume 6, No 1, 41-53.
Sari, Milyai & Asmendri. 2020. Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Volume 6, No 1, ISSN: 2715-470X(Online), 2477 – 6181(Cetak), 41-53.
Sari, Nila Runtika, I Nyoman Sudana Degeng & Fattah Hanurawan. 2017. Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas IV MI Islamiyah Malang. ISBN: 978602-71836-6-7, 845-852.
Sunhaji. 2014. Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan. Volume 2, No 2, 30-46.
Suprihatiningrum, Jamil. Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Taufik, Taufina. 2015. Studi Penerapan Pendekatan Tematik Terpadu Dalam Rangka Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Kabupaten Lima Puluh Kota. Journal Prosisding Seminar Nasional Jurusan PGSD FIP UNP. Volume 1, Issue 2.
Taufina & Chandra. 2017. The Implication Of Authentic Assessment In Thematic Integrated Learning Process At Lower Level Elementary School. Volume 169, 140-143.
Taufina & Maistika Ratih. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model Pembelajaran Paikem Gembrot Di Kelas IV Sekolah Dasar. 253-260.
Tunaffisa, Ririn Zauharoh, Afandi Muhammad dan Mas’ud Ali. 2019. Problematika Guru Dalam Menerapkan Pendekatan Saintifik Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Qomar Palembang. Jurnal Ilmiah PGMI, Volume 5, No. 1, E-ISSN: 2527-4589, P-ISSN: 2527-2764, 19-32.
Zulkarnardi. 2016. Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Pendekatan Scientific Di Sekolah Dasar. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD Volume 1, 1-22.