Kontribusi Self-Regulation dan Konformitas Teman Sebaya terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 25 Banjarmasin

Isi Artikel Utama

Muhammad Agus Sulaiman
Sulistiyana
Eklys Cheseda Makaria

Abstrak

Fenomena yang terjadi saat ini, siswa cenderung menghabiskan waktunya untuk urusan hiburan semata dibandingkan dengan urusan akademik, hal ini sebuah masalah bagi siswa yang senang menunda mengerjakan tugas sekolah. Prokrastinasi akademik mungkin akan terus meningkat setiap tahunnya maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran self regulation, konformitas teman sebaya, dan prokrastinasi akademik, serta mengetahui kontribusi antara self regulation dan konformitas teman sebaya terhadap prokrastinasi akademik dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kontribusi. Alat pengumpulan data menggunakan angket dan teknik penarikan sampel dengan cara simple random sampling. Maka ada 98 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Banjarmasin yang menjadi sampel penelitian. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, regresi liniear sederhana, dan regresi liniear berganda.


Hasil penelitian menyatakan, siswa kelas VIII memiliki self regulation dan prokrastinasi akademik dalam kategori sedang, sedangkan pada konformitas teman sebaya dalam kategori tinggi. Kemudian hasil penelitian menyatakan bahwa ada kontribusi antara self regulation dan konformitas teman sebaya terhadap prokrastinasi akademik dengan nilai dengan sig 0.000 < 0,05. Dengan kata lain, siswa memiliki self regulation yang sedang dan konformitas teman sebaya pada siswa yang tinggi maka akan cenderung untuk melakukan prokrastinasi akademik.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Artikel

Referensi

Aditiantoro, Muhammad & Ni Made Swasti Wulanyani. 2019. Pengaruh problematic internet use dan regulasi diri terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana Edisi Khusus Psikologi Pendidikan: 205-215. https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/52547

Azzahra, Annisa. 2019. Hubungan Antara Konformitas dan Regulasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa SMA Negeri 2 Samarinda. Jurnal Psikoborneo 7(1): 1-15. https://doi.org/10.33369/consilia.v3i1.8288

Cinthia, Rindita Ratu & Erin Ratna Kustanti. 2017. Hubungan Antara Konformitas Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa. Jurnal Empati, 6(2): 31-37. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/19727

Clara, Cindy, dkk. 2017. Peran Self-Efficacy dan Self-Control Terhadap Prokrastinasi Akademik pada SiswaaSMAa(Studiapada Siswa SMA X Tanggerang). Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 1(2): 159-169. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i2.802

Desmita. 2016. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fatimatuzzahro. 2017. Studi Komparasi Regulasi Diri Dalam Mengerjakan Skripsi Ditinjau Dari Jenis Kelamin Pada Mahasiswa Fakultas Ushuluddin Dan Humaniora Angkatan 2012 UIN Walisongo Semarang. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang : UIN Walisongo

Fitriya & Lukmawati. 2016. Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Mitra Adiguna Palembang. Jurnal Psikologi Islam, 2(1): 63-74. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/psikis/article/view/1058

Ghufron, M. Nur & Rini Risnawita S. 2012. Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hafiz, Subhan El dkk. 2018. Psikologi Sosial Pengantar dalam Teori dan Penelitian. Jakarta Selatan: Salemba Humanika.

Imansyah, Yunaldy & Imam Setyawan. 2018. Peran Konformitas Teman Sebaya Terhadap Prokrastinasi Akademik pada Siswa Laki-laki MA Boarding School Al-Irsyad. Jurnal Empati, 7(4): 233-237. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/23455

Nafeesa. 2018. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Siswa yang Menjadi Anggota Organisasi Siswa Intra Sekolah. Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya, 1(4): 53-67. https://doi.org/10.24114/antro.v4i1.9884

Pervin, Lawrence A,dkk. 2012. Psikologi Kepribadian Teori & Penelitian Edisi Kesembilan. Jakarta: Kencana.

Rachmah, Dwi Nur. 2015. Regulasi Diri dalam Belajar pada Mahasiswa yang Memiliki Peran Banyak. Jurnal Psikologi, 42(1): 61-77. https://doi.org/10.22146/jpsi.6943

Setyosari, Punaji. 2016. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Suryabrata, Sumadi. 2016. Metodologi Penelitian. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Umayah, Kiftiyatul. 2017. Pengaruh Konformitas Teman Sebaya dan Konsep Diri Terhadap Pembelian Impulsif Pada Mahasiswa. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.