Upaya Mengurangi Perilaku Membolos Dengan Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Token Ekonomi

Isi Artikel Utama

Sri Utami

Abstrak

Ketidak hadiran siswa pada saat  kegiatan pembelajaran berlangsung merupakan penyimpangan perilaku yang berasal dari dalam dan dari luar diri individu.Adapun pengaruh dari dalam didinya biasanya ditandai dengan rasa malas dan ketidaak mengertian akan akibat yang dilakukannya , sedangkan yang berasal daari luar dirinya adalah karena pengaruh dari keluarga dan teman sebayanya. Kekurang sadaran akan akibat perilaku tersebut membutuhkan bimbingan dari keluarga, guru mata pelajaran, wali kelas dan guru BK yang artinya bahwa perilaku ketidak hadiran siswa dalam mengikuti pembelajaran atau membolos tersebut perlu diperhatikan agar tidak memunculkan permasalahan yang baru.Dalam penelitian kali ini bertujuan untuk menurunkan perilaku membolos siwa di SMA N 1 Pasirian dengan konseling kelompok menggunakan teknik token ekonomi.Untuk ketegori tingkat membolos tinggi pada keadaan awal 40%  setelah diberikan bimbingan konseling kelompoktahap pada siklus1 menjadi 20% kemudian dilanjutkan ke bimbingan konseling siklus II  menjadi 0%, untuk kategori sedang pada keadaan awal 40% setelah siklus I tetap 20% dan setelah siklus II menjadi 0%, untuk kategori rendah awal 20%  setelah siklus I menjadi 40% dan setelah siklus II tetap 40%, sedangkan untuk kategori paling rendah pada keadaan awal 0%  setelah siklus I tetap 0% dan setelah siklus II menjadi 60%.Dapat disimpulkan bahwa  konseling kelompok dengan menggunakan teknik token ekonomi bisa mengurangi perilaku membolos SMA Negeri 1 Pasirian.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Artikel

Referensi

Adhiputra, AA., Ngurah. 2015. Konseling Kelompok dalam Perspektif Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Media Akademik.

Gazda, 1984. Group Counseling A Developmental Approach. Third Edition.Toronto: Allyn and Bacon. Inc

Kemmis and Taggart. (1990). The Action Research Planner. Victorio. Deakin: Univ Press.

Komalasari, kokom. (2011). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Martin, G. & J. Pear. (2015). Modifikasi Perilaku Makna dan Penerapannya (10th ed.). Yogjakarta: Pustaka Pelajar

Nurhisan, Juntika. (2003), Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Bandung, Mutiara

Prayitno. (1997). Pelayanan Bimbingan dan Konseling (SLTP). Jakarta: PT. Bina Sumber Daya MIPA.

Purwanta, Edi. (2012). Modifikasi Perilaku Alternatif Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Pustaka Pelajar