Upaya Mengurangi Perilaku Membolos Dengan Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Token Ekonomi
Isi Artikel Utama
Abstrak
Ketidak hadiran siswa pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung merupakan penyimpangan perilaku yang berasal dari dalam dan dari luar diri individu.Adapun pengaruh dari dalam didinya biasanya ditandai dengan rasa malas dan ketidaak mengertian akan akibat yang dilakukannya , sedangkan yang berasal daari luar dirinya adalah karena pengaruh dari keluarga dan teman sebayanya. Kekurang sadaran akan akibat perilaku tersebut membutuhkan bimbingan dari keluarga, guru mata pelajaran, wali kelas dan guru BK yang artinya bahwa perilaku ketidak hadiran siswa dalam mengikuti pembelajaran atau membolos tersebut perlu diperhatikan agar tidak memunculkan permasalahan yang baru.Dalam penelitian kali ini bertujuan untuk menurunkan perilaku membolos siwa di SMA N 1 Pasirian dengan konseling kelompok menggunakan teknik token ekonomi.Untuk ketegori tingkat membolos tinggi pada keadaan awal 40% setelah diberikan bimbingan konseling kelompoktahap pada siklus1 menjadi 20% kemudian dilanjutkan ke bimbingan konseling siklus II menjadi 0%, untuk kategori sedang pada keadaan awal 40% setelah siklus I tetap 20% dan setelah siklus II menjadi 0%, untuk kategori rendah awal 20% setelah siklus I menjadi 40% dan setelah siklus II tetap 40%, sedangkan untuk kategori paling rendah pada keadaan awal 0% setelah siklus I tetap 0% dan setelah siklus II menjadi 60%.Dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan menggunakan teknik token ekonomi bisa mengurangi perilaku membolos SMA Negeri 1 Pasirian.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Referensi
Gazda, 1984. Group Counseling A Developmental Approach. Third Edition.Toronto: Allyn and Bacon. Inc
Kemmis and Taggart. (1990). The Action Research Planner. Victorio. Deakin: Univ Press.
Komalasari, kokom. (2011). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Martin, G. & J. Pear. (2015). Modifikasi Perilaku Makna dan Penerapannya (10th ed.). Yogjakarta: Pustaka Pelajar
Nurhisan, Juntika. (2003), Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Bandung, Mutiara
Prayitno. (1997). Pelayanan Bimbingan dan Konseling (SLTP). Jakarta: PT. Bina Sumber Daya MIPA.
Purwanta, Edi. (2012). Modifikasi Perilaku Alternatif Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Pustaka Pelajar