Konseling Kelompok Untuk Peningkatan Motivasi Belajar Dengan Pendekatan SFBC (Teknik Miracle Question)
Isi Artikel Utama
Abstrak
Motivasi belajar adalah sesuatu hal untuk merangsang peserta didik dalam melakukan aktifitas belajar untuk mendapatkan suatu tujuan yaitu prestasi dalam belajar. Dalam kegiatan belajar akan terjadi interaksi aktif yang mengarah pada perkembangan fisik dan mental peserta didik. Maka penulis bersemangat untuk melakukan penelitian tentang “Konseling Kelompok Untuk Peningkatan Motivasi Belajar Dengan Pendekatan SFBC (Teknik Miracle Question) Pada Peserta Didik Kelas XI IPA 2 SMA Hang Tuah 1 Surabaya”. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah pendekatan SFBC teknik miracle question berpengaruh untuk peningkatan motivasi belajar. Pengambilan subyek penelitian dilakukan dengan metode pengumpulan data berupa skala pengukuran motivasi belajar, data hasil wawancara dengan guru mata pelajaran tentang kondisi keaktifan peserta didik selama mengikuti kegiatan belajar, keaktifan mengerjakan tugas dan ketepatan pengumpulan tugas. Berdasarkan analisis deskriptif persentase diperoleh besarnya motivasi belajar di kelas XI IPA 2 adalah 5,56% memiliki motivasi belajar sangat tinggi, 30,56% memiliki motivasi belajar yang tinggi, 47,22% memiliki motivasi belajar yang sedang, dan 16,67% memiliki motivasi belajar yang rendah. Penulis berupaya membantu meningkatkan motivasi belajar dengan teknik miracle question karena hakikat setiap manusia mampu membangun solusi untuk memperbaiki kehidupannya. Penulis berupaya membantu peserta didik untuk menemukan solusi dengan mengenali hambatan, kekuatan dan kelemahan diri. Karena faktor motivasi belajar bukanlah faktor yang dominan, maka disarankan untuk penelitian selanjutnya mencoba meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar, misalnya lingkungan belajar, sumber belajar dan media belajar.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Referensi
Bertolino, Bob A., & O’ Hanlon, Bill. 2002. Collaborative, Competency-Based Counseling and Therapy. Boston: Allyn and Bacon
Corey, G. 2016. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy (9thed). Belmont: Brooks/Cole
Daki, J. 2008. Solution Focused Brief Therapy: Addresing Academic, Motivational, Social and Emotional Difficulties of Older Children with Reading Deficits McGill University, Montreal.
Daki, J., & Savage, R. S. 2010. Solution Focused Brief Therapy: Impacts on Academic and Emotional Difficulties. The Journal of Educational Research, 103, 309-326. https://doi.org/10.1080/00220670903383127
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Hopkins, David. 2011. Panduan Guru Desain Penelitian Tindakan Kelas. Yogjakarta: Pustaka Belajar
Mckergow, M., & Korman, H. 2009. Inbetween-Neither Inside Nor Outside: The Radical Simplicity of Solution-Focused Brief Therapy. Journal of Systematic Therapies, 28 (2), 34-49
Mulawarman. 2014. Brief Counseling in Schools: A Solution-Focused Brief Counseling (SFBC) Approach for School Counselor in Indonesia. Journal of Education and Practice, 5(21): 68-72
Omrood, Jeanne Ellis. 2010. Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jakarta: Erlangga
Prayitno. 2013. Seri Panduan Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: BK FIP UNP
Prayitno dan Erman Anti, 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling: Rineka Cipta, Jakarta
Prochaska. J. O., & Norcross, J. C. 2007. System of psychotherapy: A transtheoretical analysis (6th ed). Belmont, CA: Wardsworth.
Rahmadian, A.A. 2011. Kreativitas dalam Konseling. Makalah Disajikan Pada Seminar Internasional Impact Counseling. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
Supriatna, Mamat. 2018. Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi. Jakarta: Raja Grafindo Persada