Upaya Meningkatkan Asertivitas Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Asertif Training Pada Siswa Asuh Kelas X DPIB 2 SMK Negeri 1 Sampang
Isi Artikel Utama
Abstrak
Perilaku asertif menjadi hal penting yang dimiliki individu. Perilaku asertif mencerminkan bagaimana individu mampu untuk mengenali diri sendiri dan jujur dalam berhubungan atau berinteraksi dengan orang lain. Perilaku asertif mengarahkan individu untuk mampu menghargai ekspresi dari perasaan positif dan negative diri sendiri maupun orang lain dan mampu untuk melakukan control diri tanpa rasa bersalah. Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Upaya peningkatkan Asertivitas Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Asertif Training Pada Siswa. Dalam Penelitian ini subjek penelitian adalah siswa yang memiliki tingkat asertivitas rendah di kelas X DPIB 2 SMK Negeri 1 Sampang. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan angket assetivitas siswa. Metode analisis data yang digunakan menganalisis tingkat keberhasilan atau persentase pemberian reinforcement terhadap Asertivitas siswa dilakukan dengan cara memberikan evaluasi angket. Dari hasil siklus I dan II terdapat peningkatan kriteria asertivitas dari “rendah” ke “sedang” dan “tinggi”. Konseling kelompok dengan teknik assertive training dapat meningkatkan assertivitas siswa.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Referensi
Deraishy Luo. 2012. Makalah Perilaku Asertif (Online), (http://deraishy-blogdedhe.blogspot.com/2012/05/makalah-perilaku-asertif.html) diakses 16/10/20 pukul 16:15
Faradita, Rizki Mutia, Yessy Elita, Rita Sinthia (2018) Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Teknik Assertive Training Terhadap Kemampuan Asertivitas Siswa Kelas Viii 8 Smp Negeri 18 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, Volume 1 Nomor 2 2018 FKIP Universitas Bengkul. 1(2):58-66
Mio Hilig. 2011. “ASERTIVITAS”, (online), ( http://ururureaoka.blogspot.com/2011/10/asertivitas.html) , diakses 16/10/20 pukul 16:15
Pratanti. 2007. “Tips bersikap asertif”, (online), (http://pratanti.wordpress.com/2007/10/26/tips-bersikap-asertif/) , diakses tanggal 16/10/20 pukul 10:00
Rahardjo, Susilo & Gudnanto. (2011). Pemahaman Individu Teknik Non Tes. Kudus: Nora Media Enterprise