Menurunkan Prilaku Membolos Dengan Layanan Konseling Individu Melalui Teknik Latihan Asertif Pada Siswa Kelas XI TKJ 2 SMK Raden Paku Wringinanom

Isi Artikel Utama

Ida Trisnawati

Abstrak

Kegiatan pembelajaran dapat terlaksana bila semua komponen terpenuhi, yaitu guru dan siswa. Di era modern seperti ini prilaku membolos masih terjadi, apalagi siswa yang tidak mempunyai pendirian hanya ikut-ikut teman untuk membolos masih saja terjadi. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah sejauh mana perilaku membolos dapat diturunkan dengan konseling individu melalui teknik latihan asertif untuk menolak ajakan teman membolos. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI TKJ 2 SMK Raden Paku Wringinanom tahun ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah angket, wawancara dan observasi. Hasil perilaku membolos yang diperoleh pada siklus I masih sedang yaitu 55% dari indikator keberhasilan sedangkan disiklus II tingkat membolos menurun menjadi 32%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan latihan asertif siswa bersikap tegas menolak ajakan teman membolos.

Downloads

Download data is not yet available.

Rincian Artikel

How to Cite
Trisnawati, I. (2020). Menurunkan Prilaku Membolos Dengan Layanan Konseling Individu Melalui Teknik Latihan Asertif Pada Siswa Kelas XI TKJ 2 SMK Raden Paku Wringinanom. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 7(2), 86-91. https://doi.org/10.29407/nor.v7i2.15059
Bagian
Artikel
Bookmark and Share

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi 2004. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Erman Amti, Prayitno. 2013. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunarsa, Singgih. D. 2012. Psikologi Untuk Membimbing. Jakarta: Gunung Mulia.

Hartono, dkk. 2018. Psikologi Konseling, Jakarta: Kencana.

Kartono, Kartini. 1995. Psikologi Umum. Bandung: Mandar Maju.

Latipun. (2008). Psikologi Konseling. Malang: UPT UMM.

Marwati, Devi. 2019. Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Latihan Asertif Terhadap Prilaku Membolos Peserta Didik SMK 4 Bandar Lampung. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.

Nyoman Yoga Aruna,Ni Ketut Suarni,Ni Nengah Madri Antari. 2014. Efektivitas Konseling Behavioral Teknik Assertive Training Untuk Meminimalisasi Perilaku Menyimpang Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. E-Journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling,Volume: 2 No 1.

Prayitno. (2004). Layanan Konseling Perorangan. Padang : Universitas Negeri Padang Press.

Selfi. 2017. Penerapan Teknik Assertive Training dalam Mereduksi Konformitas Negatif Terhadap Kelompok Sebaya di SM. Journal of EST, Volume 3 Nomor 2.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Supriyo. 2008. Studi Kasus Bimbingan Konseling. Semarang : CV.Nieuw Setapak

Susilo, H., dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Bayumedia.