Efektifitas Konseling Eklektif dengan Perilaku Attending untuk Mengurangi Masalah Belajar Siswa Kelas IX di SMP Bilingual Terpadu Krian Sidoarjo
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini adalah jenis penelitian Tindakan Bimbingan Konseling. Penelitian ini mengangkat tentang konseling eklektif dengan attending dan permasalahan belajara siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas konseling eklektif dengan perilaku attending untuk mengurangi masalah belajar siswa kelas IX SMP Bilingual Terpadu Krian Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan dalam menganalisis data dalam penelitian ini adalah kualitatif. Proses penelitian ini berlangsung dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Siklus I merupakan tahapan dimana pemberian treatmen pertama kali dilakukan setelah melakukan assesmen dan penyusunan rencana tindakan. Siklus II merupakan tindakan lanjutan yang dilakukan setelah siklus I dirasa kurang maksimal, maka dari itu peneliti merancang dan melaksanakan siklus II. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX tahun pelajaran 2020/2021 yang setelah dilakukan observasi awal diambil 3 orang yang memiliki tingkat permasalahan belajar yang dianggap paling tinggi dari siswa lainnya. Teknik pengambilan data memakai wawancara dan observasi melalui konseling kelompok. Dalam riset ini ditemukan bahwa terjadi perubahan yang signifikan pada masalah siswa yang dihadapi cenderung membaik. Dengan hasil siklus I sebesar 46 (rendah) dan hasil pada siklus II sebesar 68,33 (sedang) Berdasarkan penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa efektifitas konseling eklektif dengan perilaku attending untuk mengurangi masalah belajar siswa kelas IX SMP Bilingual Terpadu.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Referensi
Abin Syamsudin, M. 2012. Psikologi Pendidikan Perangkat Sistem Pengajaran Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Aunurrahman. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Depdiknas. 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003. Jakarta : Depdiknas
Ini tentang Psikologi Pendekatan Konseling Eklektif. 2020. (online).
(https://www.initentangpsikologi.com/2020/01/pendekatan-konseling-eklektik.html). Diakses pada 19 September 2020.
KBBI. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia. (Online). Tersedia di
(https://kbbi.web.id/masalah). Di akses pada 19 September 2020
Konseling, Siska. 2015. Teknik Konseling Perilaku Attending. (online).
(https://siskacounseling.wordpress.com/teknik-konseling/2-perilaku-attending/). Diakses pada 19 September 2020.
Sayono. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Subini, N. dkk. 2013. Psikologi Pembelajaran. Yogyakarta: Mentari Pustaka
Tuwuh, Trisnayadi. 2013. Bimbingan Karier untuk Pelajar Muslim. Jakarta: Erlangga