Mereduksi Stres Dalam Belajar Dengan Menggunakan Strategi Relaksasi

Isi Artikel Utama

Ita Dian Arvita Sari

Abstrak

Di masa pandemi Covid-19 ini di mana segala sesuatu harus dilakukan dari rumah, termasuk belajar. Banyak permasalahan yang dihadapi siswa selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), yang akhirnya membuat siswa mengalami stres dalam belajar. Mulai dari siswa merasa jenuh belajar di rumah, sulit berkonsentrasi, cemas, gelisah ketika mendapat tugas dari guru, sehingga menimbulkan pusing/sakit kepala dan nafsu makan berkurang. Permasalahan di atas jika tidak segera diselesaikan maka akan berdampak pada nilai hasil belajar siswa. Salah satu strategi untuk mengatasinya yaitu dengan strategi relaksasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui teknik relaksasi dapat mereduksi stres dalam siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Mantup Lamongan ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian single subject. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan angket skala pengukuran. Metode analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Kondisi awal skor stres mencapai 87,5, siklus I 75 sedangkan siklus II 47,5. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan tingkat stres belajar siswa sebelum dan sesudah tindakan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi relaksasi dapat mereduksi stres dalam belajar siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Mantup tahun ajaran 2020/2021.

Downloads

Download data is not yet available.

Rincian Artikel

How to Cite
Sari, I. D. A. (2020). Mereduksi Stres Dalam Belajar Dengan Menggunakan Strategi Relaksasi. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 7(2), 79-85. https://doi.org/10.29407/nor.v7i2.15057
Bagian
Artikel
Bookmark and Share

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Aryani. Farida. 2016. Stres Belajar. Makasar: Edukasi Mitra Grafika

Nurdini, 2009. Stress Pada Siswa Akselerasi. Jurnal Keberbakatan dan Kreativitas. 02.01 Februari. 20-30

Pramunto, Agus Bambang. 2016. Strategi Relaksasi Untuk Membantu Siswa Yang Mengalami Stres Belajar Di Kelas 9D SMP Negeri 1 Mejayan Kabupaten Madiun, http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JBK/article/download/266/238.

Suyono, Triyono, Dany M. Handarini,. Keefektifan Teknik Relaksasi Untuk Menurunkan Stress Akademik Siswa SMA, Vol. 4 No. 2 Juni 2016 h.117

Subandi. 2003. Psikoterapi Pendekatan Konvensional dan Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar offset