Penerapan “SI GADIR” Untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Trenggalek

Isi Artikel Utama

Vivi Yuniar Fitriani
Isnari

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan “si gadir” (permainan simulasi harga diri) untuk meningkatkan self-esteem siswa SMK. Metode penelitian adalah eksperimen menggunakan desain one group pretest–post test dengan melibatkan 10 siswa yang mempunyai self-esteem rendah sebagai anggota kelompok. Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan self-esteem siswa sebelum diberikan “si gadir” sebesar 1.028 (SD 6.12), menjadi 1.308 (SD 5.90; t (10) = 8.89, p<0,01). Penelitian ini menegaskan bahwa si gadir (simulasi harga diri) dapat diaplikasikan untuk meningkatkan self-esteem siswa

Downloads

Download data is not yet available.

Rincian Artikel

How to Cite
Fitriani, V. Y., & Isnari, I. (2020). Penerapan “SI GADIR” Untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Trenggalek. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 7(2), 72-78. https://doi.org/10.29407/nor.v7i2.15056
Bagian
Artikel
Bookmark and Share

Referensi

Jannah, Roichatul., Zen,E.F., Muslihati. 2016. Pengembangan Permainan Simulasi Keterbukaan Diri Untuk Siswa SMP. Vol 1, No. 2, 2016, hlm. 74—78 eISSN: 2503-3417. (diunduh tanggal 20 Oktober 2019)

Januarty, S., Mamesah, M., Hanim, W. 2014 Pengaruh Teknik Permainan ‘Pass The Compliment’ Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Self esteem Siswa Sekolah Dasar (Studi Kuasi Eksperimen Di Kelas III Sdn Jatinegara 10 Pagi Jakarta Timur). Insight: Jurnal Bimbingan dan Konseling : Vol 3 No 1 (2014). (Diunduh tanggal 23 Oktober 2019)

Khotimah, Rahmawati, H., Radjah, C.R., Handarini, D.M. 2016. Hubungan Antara Konsep Diri Akademik, Efikasi Diri Akademik, Harga Diri danProkrastinasi Akademik Pada Siswa SMP Negeri di Kota Malang. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling Vol 1, No. 2, 2016, hlm. 60—67. (Diunduh tanggal 10 Oktober 2019)

Muryanto, H., Kadafi, A., Trisnani, R,P., Fitriani, V,Y. 2013. Aplikasi Game Simulation untuk Mereduksi Kecemasan Siswa dalam Menghadapi UN Kelas IX SMP Negeri I Dagangan. Vol 3, No 2. (diunduh tanggal 25 Oktober 2019)

Oktaviani,M.O. 2019. Hubungan Penerimaan Diri dengan Harga Diri pada Remaja Pengguna Instagram di Kota Samarinda. jurnal Psikoborneo, Vol. 7 No.4. (diunduh tanggal 26 Oktober 2019)

Putro, Eko Adi., Sugiharto, DYP., Sugiyo. 2013. Keefektifan BK Kelompok dengan Menggunakan Permainan untuk Mengurangi Communication Apprehension Siswa SMA Kelas X. JBK 2 (1) (2013)

Romlah Tatik.2006. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: ` Universitas Negeri Malang

Santrock, John W. 2007. Adolescene. Boston: Mc.Graw-Hill

Susanti, D., Istirahayu, I. (2016). Identifikasi Self Esteem Siswa Kelas X TN3 SMK Mudita Singkawang. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia, Volume 1 Nomer 2 bulan September hal.29-30, p-ISSN:2477-5916 e-ISSN: 2477-8370 (diakses tanggal 26 Februari 2020)

Srivastava, Rekha , and Shobhna Joshi. 2014. Relationship between Self-concept and Self-esteem in adolescents. International Journal of Advanced Research, Volume 2, Issue 2,36-43. ISSN 2320-5407. Journal homepage: http://www.journalijar.com. (diakses tanggal 21 Januari 2020)

Stanley Coopersmith. (1967). The Antecedents of Self Esteem. Freeman Company: San Francisco