Penerapan “SI GADIR” Untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Trenggalek
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan “si gadir” (permainan simulasi harga diri) untuk meningkatkan self-esteem siswa SMK. Metode penelitian adalah eksperimen menggunakan desain one group pretest–post test dengan melibatkan 10 siswa yang mempunyai self-esteem rendah sebagai anggota kelompok. Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan self-esteem siswa sebelum diberikan “si gadir” sebesar 1.028 (SD 6.12), menjadi 1.308 (SD 5.90; t (10) = 8.89, p<0,01). Penelitian ini menegaskan bahwa si gadir (simulasi harga diri) dapat diaplikasikan untuk meningkatkan self-esteem siswa
##plugins.generic.usageStats.downloads##
##plugins.generic.usageStats.noStats##
Rincian Artikel
##submission.howToCite##
Fitriani, V. Y., & Isnari, I. (2020). Penerapan “SI GADIR” Untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Trenggalek. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 7(2), 72-78. https://doi.org/10.29407/nor.v7i2.15056
Terbitan
Bagian
Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Referensi
Jannah, Roichatul., Zen,E.F., Muslihati. 2016. Pengembangan Permainan Simulasi Keterbukaan Diri Untuk Siswa SMP. Vol 1, No. 2, 2016, hlm. 74—78 eISSN: 2503-3417. (diunduh tanggal 20 Oktober 2019)
Januarty, S., Mamesah, M., Hanim, W. 2014 Pengaruh Teknik Permainan ‘Pass The Compliment’ Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Self esteem Siswa Sekolah Dasar (Studi Kuasi Eksperimen Di Kelas III Sdn Jatinegara 10 Pagi Jakarta Timur). Insight: Jurnal Bimbingan dan Konseling : Vol 3 No 1 (2014). (Diunduh tanggal 23 Oktober 2019)
Khotimah, Rahmawati, H., Radjah, C.R., Handarini, D.M. 2016. Hubungan Antara Konsep Diri Akademik, Efikasi Diri Akademik, Harga Diri danProkrastinasi Akademik Pada Siswa SMP Negeri di Kota Malang. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling Vol 1, No. 2, 2016, hlm. 60—67. (Diunduh tanggal 10 Oktober 2019)
Muryanto, H., Kadafi, A., Trisnani, R,P., Fitriani, V,Y. 2013. Aplikasi Game Simulation untuk Mereduksi Kecemasan Siswa dalam Menghadapi UN Kelas IX SMP Negeri I Dagangan. Vol 3, No 2. (diunduh tanggal 25 Oktober 2019)
Oktaviani,M.O. 2019. Hubungan Penerimaan Diri dengan Harga Diri pada Remaja Pengguna Instagram di Kota Samarinda. jurnal Psikoborneo, Vol. 7 No.4. (diunduh tanggal 26 Oktober 2019)
Putro, Eko Adi., Sugiharto, DYP., Sugiyo. 2013. Keefektifan BK Kelompok dengan Menggunakan Permainan untuk Mengurangi Communication Apprehension Siswa SMA Kelas X. JBK 2 (1) (2013)
Romlah Tatik.2006. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: ` Universitas Negeri Malang
Santrock, John W. 2007. Adolescene. Boston: Mc.Graw-Hill
Susanti, D., Istirahayu, I. (2016). Identifikasi Self Esteem Siswa Kelas X TN3 SMK Mudita Singkawang. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia, Volume 1 Nomer 2 bulan September hal.29-30, p-ISSN:2477-5916 e-ISSN: 2477-8370 (diakses tanggal 26 Februari 2020)
Srivastava, Rekha , and Shobhna Joshi. 2014. Relationship between Self-concept and Self-esteem in adolescents. International Journal of Advanced Research, Volume 2, Issue 2,36-43. ISSN 2320-5407. Journal homepage: http://www.journalijar.com. (diakses tanggal 21 Januari 2020)
Stanley Coopersmith. (1967). The Antecedents of Self Esteem. Freeman Company: San Francisco
Januarty, S., Mamesah, M., Hanim, W. 2014 Pengaruh Teknik Permainan ‘Pass The Compliment’ Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Self esteem Siswa Sekolah Dasar (Studi Kuasi Eksperimen Di Kelas III Sdn Jatinegara 10 Pagi Jakarta Timur). Insight: Jurnal Bimbingan dan Konseling : Vol 3 No 1 (2014). (Diunduh tanggal 23 Oktober 2019)
Khotimah, Rahmawati, H., Radjah, C.R., Handarini, D.M. 2016. Hubungan Antara Konsep Diri Akademik, Efikasi Diri Akademik, Harga Diri danProkrastinasi Akademik Pada Siswa SMP Negeri di Kota Malang. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling Vol 1, No. 2, 2016, hlm. 60—67. (Diunduh tanggal 10 Oktober 2019)
Muryanto, H., Kadafi, A., Trisnani, R,P., Fitriani, V,Y. 2013. Aplikasi Game Simulation untuk Mereduksi Kecemasan Siswa dalam Menghadapi UN Kelas IX SMP Negeri I Dagangan. Vol 3, No 2. (diunduh tanggal 25 Oktober 2019)
Oktaviani,M.O. 2019. Hubungan Penerimaan Diri dengan Harga Diri pada Remaja Pengguna Instagram di Kota Samarinda. jurnal Psikoborneo, Vol. 7 No.4. (diunduh tanggal 26 Oktober 2019)
Putro, Eko Adi., Sugiharto, DYP., Sugiyo. 2013. Keefektifan BK Kelompok dengan Menggunakan Permainan untuk Mengurangi Communication Apprehension Siswa SMA Kelas X. JBK 2 (1) (2013)
Romlah Tatik.2006. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: ` Universitas Negeri Malang
Santrock, John W. 2007. Adolescene. Boston: Mc.Graw-Hill
Susanti, D., Istirahayu, I. (2016). Identifikasi Self Esteem Siswa Kelas X TN3 SMK Mudita Singkawang. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia, Volume 1 Nomer 2 bulan September hal.29-30, p-ISSN:2477-5916 e-ISSN: 2477-8370 (diakses tanggal 26 Februari 2020)
Srivastava, Rekha , and Shobhna Joshi. 2014. Relationship between Self-concept and Self-esteem in adolescents. International Journal of Advanced Research, Volume 2, Issue 2,36-43. ISSN 2320-5407. Journal homepage: http://www.journalijar.com. (diakses tanggal 21 Januari 2020)
Stanley Coopersmith. (1967). The Antecedents of Self Esteem. Freeman Company: San Francisco