ANALISIS KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI SEGI EMPAT

Isi Artikel Utama

Risa Sapta Dilla
Nuraeni Adriati
Chandra Novtiar

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan pencapaian komunikasi matematis siswa dengan observasi dan wawancara. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dengan subjek 30 siswa SMPN 2 Ngamprah kelas VII. Instrumen berupa 4 soal tes  uraian. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu persentase indicator kemampuan menghubungkan benda nyata dan gambar ke dalam bentuk ide matematika adalah 41,67%, menyusun konjektur, menyusun argumen, dan generalisasi persentase kemampuannya sebesar 49,17 %, menjelaskan ide, situasi matematika secara tertulis dengan menggunakan gambar yaitu mencapai 57,78%, menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa atau simbol matematika, persentase kemampuannya adalah 24,67 %.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Rincian Artikel

How to Cite
Dilla, R. S., Adriati, N., & Novtiar, C. (2018). ANALISIS KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI SEGI EMPAT. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 5(1), 33-37. https://doi.org/10.29407/nor.v5i1.12095
Bagian
Artikel
Bookmark and Share

Referensi

Aini, N. N., Sukestiyarno, & Waluya, B. (2015). Analisis Komunikasi Matematis Dan Tanggung Jawab
Pada Pembelajaran Formulate Share Listen Create Materi Segiempat. Unnes Journal of
Mathematics Education Research, 4(2), 115–121.
Hendriana, H., Sumarmo, U., & Rohaeti, E. E. (2013). Kemampuan Komunikasi Matematik Serta
Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kritis Matematik. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan
Pendidikan Matematika, 2(1), 35–45.
Kurnia, A. (2017). Mengembangkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematik Serta
Kemandirian Belajar Siswa SMP Melalui Reciprocal Teaching. STKIP SILIWANGI BANDUNG.
Pratiwi, D. D. (2015). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pemecahan Masalah
Matematika Sesuai Dengan Gaya Kognitif Dan Gender. Al-Jabar, 6(2), 40–52.
Senjayawati, E. (2015). Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan
Komunikasi Matematik Siswa SMK di Kota Cimahi. Didaktik, 9(1), 33–39.