LAYANAN KONSELING BEHAVIORAL TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA DI SEKOLAH
Isi Artikel Utama
Abstrak
Abstrak tujuan dari studi literatur ini adalah menguraikan konseling behavioral dan teknik self management untuk meningkatkan perilaku disiplin dan tanggung jawab belajar siswa di sekolah. Sifat dari layanan konseling behavioral dan teknik self management ini bisa mengurangi dan meningkatkan. Hal yang akan ditingkatkan melalui layanan dan teknik tersebut adalah masalah perilaku disiplin dan tanggung jawab belajar siswa yang rendah. Di sekolah ditemukan banyak siswa yang sering melanggar peraturan sekolah, tidak mengumpulkan tugas tepat pada waktunya, dan kurangnya pemahaman belajar siswa terhadap peraturan yang berlaku di sekolah. Rendahnya perilaku disiplin dan tanggung jawab siswa dalam belajar menjadi faktor terhambatnya proses belajar. Oleh sebab itu untuk mengatasi masalah perilaku disiplin dan tanggung jawab belajar siswa di sekolah, perlu diberikannya layanan konseling behavioral melalui teknik self management.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Referensi
Learning Siswa. Jurnal Psikologi, 13(1), 1-12. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/psikologi
Akatdianto, A., Sutama, &Subadi, T. (2012).Penerapan Strategi Course Review Hooray Dalam
Pembelajaran Matematika Pada Bangun Datar Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Dan
Prestasi Belajar. http://eprints.ums.ac.id/19444/15/10.
Comier, L. J., & Comier, L. S. (1985).Interviewing Strategies for Helpers(2nded). California: Brocks Cole
Publishing Company.
Dewi, N. W. S. W., & Arum, N. K. S. D. (2014). Penerapan Konseling Behavioral Dengan Teknik
Penguatan Positif Untuk Meningkatkan Perilaku Disiplin Siswa Kelas Xi Akomodasi
Perhotelan 3 Smk Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. e-journal Undiksa Jurusan
Bimbingan Konseling, 2(1), 1-10.
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJBK/article/download/3954/3157.
Fauzi, F. R. (2016). Penggunaan Metode Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab
Belajar Dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(5), 209-216.
http://journal.student.uny.ac.id.
George, R. L., & Cristiani, T. S. (1990). Counseling Theory and Practice (3rded). Boston: Allyn and
Bacon.
Gharaibeh, B., Smadi, A. M. A., & Boyle, D. (2017).Psychometric Properties and Characteristics Of
Diabetes Self Management Scale. International Journal of Nursing Sciences, 4(1), 1-8.
http://dx.doi.org/10.1016/j.ijnss.
Gie, T. L. (2000). Cara Belajar yang Baik Bagi Mahasiswa (2nded). Yogyakarta: Gadjah Mada University
Press.
Gorbunovsa, A., Kapenieksb, A., & Cakulac, S. (2016). Self-discipline as a key indicator to improve
learning outcomes in elearning environment.Procedia Social and Behavioral Sciences, 231,
256–262. http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/.
Gunarsa.(2004). Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: Gunung Mulia.
Indayani, A., Sedanayasa, G., & Antari, N. N. M. (2013).Penerapan Konseling Behavioral Dengan
Teknik Penguatan Positif Sebagai Upaya Untuk Meminimalisasi Perilaku Membolos Pada
Siswa Kelas X.1 Sma Negeri 1 Sawan. e-journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling,
2(1),https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJBK/article/download/3916/3129.
Jung, K. R., Zhou, A. Q., & Lee, R. M. (2017). Self-efficacy, self-discipline and academic performance:
Testing a contextspecific mediation model. Learning and Individual Differences, 60, 33–39.
http://dx.doi.org/10.1016/j.lindif.2017.10.004.
Kanfer, F. H. (1980). Self Management Method in Helping People Change (2nded). New York:
Pergamon Press.
Kessler, D., & Liddy, C. (2017). Self Management Support Programs For Persons With Parkingson’s
disease: An Integrative Riview. Patient Education and Counseling, 1-9.
http://dx.doi.org/10.1016/j.pec.2017.04.011.
Komalasari, G., Wahyuni, E., & karsih.(2016). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT. Indeks.
Latipun. (2015). Psikologi Konseling (4thed). Malang: UMM Press
Makhfud.(2011). Hubungan Antara Menejemen Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa
Aktivis Bem IAIN Sunnan Ampel Surabaya.Skripsi, tidak diterbitkan, IAIN Sunnan Ampel
Surabaya, Surabaya.
Marijan.(2012). Metode Pendidikan Anak. Yogyakarta: Sabda Media.
Monica, M. A., &Gani, R. A. (2016).Efektivitas Layanan Konseling Behavioral Dengan Teknik SelfManagement Untuk Mengembangkan Tanggung Jawab Belajar Pada Peserta Didik Kelas Xi Sma Al-Azhar 3 Bandar Lampung.Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(1), 171-
186.https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/konseli
Ovalia, I. & Hartono.(2011). Pengaruh Penggunaan Strategi Self-Management Dalam Konseling
Kelompok Terhadap Intensitas Minat Belajar Siswa Kelas X Smk Al-Islah Surabaya.Jurnal
Bimbingan Dan Konseling FKIP UNIPA, 59-70.
http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/helper/article/download/605/438.
Pietrofesa, J. J., Leonard, G. E., & Hoose, W. V. (1978).The Authentic Counselor (2nded). Chicago:
Rand McNally College Publishing Company.
Rachman, S. (1963).Introduction to Behaviour Therapy.Behav.Res Ther.
Rianto, J. (2012). Peningkatan Keberanian dan Tanggung Jawab Siswa Dalam Pembelajaran
Matematika Melalui Strategi Cooperative Script (PTK Siswa Kelas VII di MTs PPMI Assalaam).
Naskah Publikasi. http://eprints.ums.ac.id/19712/21/.
Setyawan, T. (2013).Peningkatan Tanggung Jawab Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi
Problem Based Learning Pada Siswa SMP. Naskah
Publikasi.http://eprints.ums.ac.id/23199/12.
Sholihah. N., Hariastuti. R. T., Setiawati. D.. et al. (2013). Penerapan Strategi Self Management Untuk
Meningkatkan Disiplin Belajar Pada Siswa Tunadaksa Cerebral Palcy Kelas IV SDLB-DYPAC
Surabaya. Jurnal BK Unesa, 3(1), 1-13.
http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/article/5256/13/article.
Ugurlu, C. T., Beycioglu, K., Kondakcı, Y., Sincar, M., Yıldırım, M. C., Ozerf, N., & Oncel, A. (2015).
The Views Of Teachers Towards Perception Of Discipline In Schools. Procedia - Social and
Behavioral Sciences, 197, 120 – 125. http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/.
Vallis, M. (2013). Behavior change counseling-How Do l know lf l Am Doing lt Well? The Development
Of The Behaviour Change Counseling Scale (BCCS).Canadian Journal Of Diabetes, 13, 18-26.
http://dx.doi.org/10.1016/j.jcjd.2013.01.005.
Walker, J., & Shea, T. M. (1984).Behavior Management a Practical Approach for Education.Columbus:
Merrill Publishing.
Westri, P. (2016). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Diskusi Melalui Pendekatan Konseling
Behavioristik Untuk Mengatasi Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2
Tasikmadu.Jurnal Ilmiah Bimbingan dan
Konseling,http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIK/article/viewFile/507/487.
Wolpe, J. (1963). Psychotherapy: The Nonscientific heritage and the new science. Behav.Res.
Yang, H. K. H. (2016).An Online Self-Adaptive System Management Technique for Multi-Core
Systems.Procedia Computer Science,83, 417 – 424. http://creativecommons.org/licenses/bync-nd/4.0/.