ANALISIS SISTEM PEMBELIAN BAHAN BAKU TERHADAP PENGENDALIAN INTERN PERSEDIAAN BAHAN BAKU

Main Article Content

Linawati Linawati

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan sistem akuntansi pembelian bahan baku yang dilaksanakan oleh PT. Wono Jati Wijoyo dan mengetahui bagaimana hubungan sistem dan prosedur pembelian bahan baku terhadap pengendalian intern persediaan bahan bakunya. Objek kajian penelitian ini adalah sistem akuntansi pembelian bahan baku pada PT. Wono Jati Wijoyo Kediri. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan deskriptif kualitatif.


Hasil peneitian menunjukkan bahwa (1) Sistem akuntansi pembelian bahan baku pada PT. Wono Jati Wijoyo Kediri sudah cukup baik, dengan melibatkan berbagai fungsi dengan tugas dan tanggungjawab masing-masing. (2) Masih ada kelemahan terkait dengan adanya kegiatan yang masih dilakukan oleh satu fungsi, yaitu fungsi akuntansi yang merangkap kasir, dalam sistem ini melakukan pembayaran atas pembeian yang dilakukan. (3) pembelian bahan baku yang dilakukan satu kali dalam satu periode, dirasa kurang tepat, dapat saja perusahaan mengalami kekurangan bahan baku jika pesanan banyak, sehingga proses produksi terganggu.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Linawati, L. (2014). ANALISIS SISTEM PEMBELIAN BAHAN BAKU TERHADAP PENGENDALIAN INTERN PERSEDIAAN BAHAN BAKU. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 1(1). Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor/article/view/24
Section
Artikel
Bookmark and Share