PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN NETWORKED TERINTEGRASI SCIENTIFIC APPROACH DI SD KELAS IV

  • Kharisma Eka Putri Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 258 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 1164

Abstract

 

Penelitian pengembangan perangkat pembelajaran networked terintegrasi scientific approach di SD kelas IV ditujukan untuk mengetahui kelayakan perangkat yang dikembangkan. Untuk mencapai tujuan tersebut telah dilakukan penelitian yang diawali dengan penyusunan buku siswa, buku guru yang terdiri dari silabus, RPP, dan tes hasil belajar yang selanjutnya dilakukan uji coba perangkat tersebut dalam pembelajaran. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas IV SD Negeri Ngampel 1 Kediri sebanyak 32 siswa pada tahun pelajaran 2014-2015. Model pengembangan perangkat yang digunakan adalah model 4D, tetapi dalam penelitian ini hanya dibatasi sampai tahap pengembangan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode angket dan metode validasi. Data penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan layak untuk digunakan sesuai dengan validasi perangkat oleh pakar dan validasi keterbacaan buku siswa. Hasil yang diperoleh dari validasi buku siswa sebesar 3,62 dengan kriteria sangat baik, buku guru sebesar 3,60 dengan kriteria sangat baik, tes hasil belajar sebesar 3,00 dengan kriteria baik. Sementara itu keterbacaan buku siswa mendapatkan persentase 83,75 % dengan kriteria sangat kuat.

References

Arikunto,S. 2009.Dasar-dasar EvaluasiPendidikan.Jakarta:BumiAksara.Bungin,B. 2009.PenelitianKualitatif.Jakarta:PrenadaMediaGrup.Fogarty, R. 1991.How toIntegratethe Curricula.Palatine:IRI/SkylightPublishing,Inc.Ibrahim,M.2002.PelatihanTerintegrasiBerbasisKompetensiGuruMataPelajaran BiologiPengembanganPerangkatPembelajaran.Jakarta:DepartemenPendidikanNasional.Kemendikbud. (2013).Permendikbud No. 65tentang StandarProses Pendidikan Dasar danMenengah.Jakarta:Kementrian Pendidikandan KebudayanNieveen,Nienke. 1999.”PrototypingTOReachProductQuality”.Incollaboration withInteruniversitairCentrumvoorOnderwijskunding Onderzoek(ICO)(Ed).DesignApproacesAndToolsInEducation AndTraining,125-135.Springer-Science+BusinessMedia,B. V.PemerintahRepublikIndonesia.(2003).Undang-undangRepublikIndonesia.No.20Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.JakartaPemerintahRepublikIndonesia.(2013).PeraturanPemerintahRepublikIndonesiaNo.32Tahun 2013 tentang StandarNaionalPendidikan.Jakarta.Ridwan. 2010.Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian.Bandung:Alfabeta.Sugiono. 2008.MetodePenelitian Kuantitatif danR&D.Bandung: Alfabeta

PlumX Metrics

Published
2016-11-21
How to Cite
Putri, K. E. (2016). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN NETWORKED TERINTEGRASI SCIENTIFIC APPROACH DI SD KELAS IV. Efektor, 3(2), 25-34. https://doi.org/10.29407/e.v3i2.488

Most read articles by the same author(s)