PENGARUH BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN SELF REGULATED LEARNING (SRL) DAN COOPERATIVE LEARNING (CL) TERHADAP KOMPETENSI MATAKULIAH PRAKTEK KOMPUTER AKUNTANSI

Authors

  • Elis Irmayanti Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/e.v3i1.201

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripskan bagaimanakah penguasaan kompetensi mahasiswa sebelum diterapkannya bahan ajar matakuliah praktik komputer akuntansi yang memadukan pendekatan Self Regulated Learning (SRL) dan Cooperative Learning (CL). (2) Mendeskripsikan bagaimanakah penguasaan kompetensi mahasiswa setelah diterapkannya bahan ajar matakuliah praktik komputer akuntansi yang memadukan pendekatan Self Regulated Learning (SRL) dan Cooperative Learning (CL). (3) Membuktikan apakah penerapan bahan ajar matakuliah praktik komputer akuntansi yang memadukan pendekatan Self Regulated Learning (SRL) dan Cooperative Learning (CL) berpengaruh signifikan terhadap kompetensi mahasiswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen one group pre-test post-test. Sampelnya 75 mahasiswa yang dibagi dalam 3 krlmpok. Analisis datanya menggunakan teknik kuantitatif dengan ji-t amatan ulangan.

Kesimpulan pokok hasil penelitian ini adalah: (1) Penguasaan kompetensi mahasiswa sebelum diterapkannya model bahan ajar matakuliah praktik komputer akuntansi yang memadukan pendekatan Self Regulated Learning (SRL) dan Cooperative Learning (CL) sudah cukup baik, namun beberapa kompetensi masih perlu ditingkatkan. (2) Penguasaan kompetensi mahasiswa setelah diterapkannya bahan ajar matakuliah praktik komputer akuntansi yang memadukan pendekatan Self Regulated Learning (SRL) dan Cooperative Learning (CL) adalah baik, merata untuk seluruh kompetensi yang diharapkan, serta mahasiswa menunukkan minat dan antusiasme yang tinggi saat mengerjakan tugas-tugas. (3) Penerapan bahan ajar matakuliah praktik komputer akuntansi yang memadukan pendekatan Self Regulated Learning (SRL) dan Cooperative Learning (CL) berpengaruh signifikan terhadap kompetensi mahasiswa, dibuktikan dengan nilai-t-hitung dan signifikansi yang dibawah 0,05.

References

Arends, R., 1997.Classrom Instruction and Management.Mc.Grow Hill Books Companies. New York.Borg, W.R. & Gall, M.D. 1983.Educational Research: An Introduction (thirded,).New York: Longman.Corno, L. & Randi, J. 1999.A Design Theory for Classroom Instruction in Self-Regulated Learning?.In C. M. Reigeluth(Ed.)Instructional-Design Theories and Models Volume II: A new paradigm of instructional theory,NY:Lawrence Erlbaum Associates, Publisher.Creswell, John W. 1994.Qualitative Inquiry and Research Design.London-New Delhi: Sage PublicationsJoyce, B., & Weil, M., 2000,Model of Teaching, Boston: Allyn and Bacon.Nieveen, K. 1999.Prototyping to Reach ProductQuality.Dalam Plomp, T; Nieveen, N; Gustafson, K; Branch, R.M; danvan den Akker, J (eds).Design Approaches and Tools in Education and Training. London: Kluwer AcademicPublisherNotonagoro, 1975,Pancasila Secara Ilmiah Populer, Jakarta: Pantjoran Tujuh.Pintrich, P.R. 2000. The Role of Goal Orientation in Self-Regulated Learning. In. M.Boekaerts, P.R. Pintrich, & M.Zeidner (Eds.).Handbook of Self-Regulation(hlm. 451-502). San Diego, CA: Academic Press.Zimmerman, B. J & Bandura, A. 1994. Impact of self-regulation influence on writing course attainment. AmericanEducational Research Journal, 31, 845-862

PlumX Metrics

Published

2015-10-19

How to Cite

Irmayanti, E. (2015). PENGARUH BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN SELF REGULATED LEARNING (SRL) DAN COOPERATIVE LEARNING (CL) TERHADAP KOMPETENSI MATAKULIAH PRAKTEK KOMPUTER AKUNTANSI. Efektor, 3(1). https://doi.org/10.29407/e.v3i1.201